Business Tips

14 06 2024

Solusi Kelola Berbagai Toko Online, Pakai Aplikasi Integrasi Marketplace

Untuk kamu yang punya toko online!

123 Views

Solusi Kelola Berbagai Toko Online, Pakai Aplikasi Integrasi Marketplace

Punya banyak toko online tapi kadang suka kesulitan untuk mengelola pesanan, atur stok barang, sampai perihal pengiriman barang.  Belum lagi, kalau mesti menambahkan produk ke dalam marketplace ataupun website toko online yang bisa menguras waktu dan tenaga.

 

Eitsss… tenang aja, sekarang udah ada kok solusi buat atasi masalah pengelolaan operasional bisnis kamu.

 

Caranya, kamu bisa menggunakan aplikasi integrasi marketplace.

 

Dimana, semua toko online ataupun offline kamu udah bisa terhubung satu sama lain ke dalam satu sistem. Bukan cuma itu aja, masih ada banyak sekali manfaat dan keuntungan dari penggunaan sistem integrasi toko online. Tapi kita bahas dulu yuk mengenai apa itu integrasi marketplace dan rekomendasi aplikasi terbaik nya.

Manfaat Integrasi Marketplace

Penggunaan platform integrasi marketplace tentunya memiliki banyak manfaat yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari integrasi marketplace:

 

1. Pengelolaan Data yang Efisien

Dengan sistem integrasi marketplace dapat mengotomatisasi penginputan data transaksi dari berbagai channel penjualan online dan offline ke dalam satu dashboard sehingga dapat meminimalisir terjadinya human error.

 

Selain itu, pengelolaan data produk, inventory, dan pesanan yang masuk dari banyak marketplace bisa kamu proses di dalam satu sistem terpusat. Platform integrasi marketplace juga memudahkan kamu dalam monitoring dan pengambilan keputusan bisnis.

 

2. Meningkatkan Akurasi

Manfaat aplikasi integrasi marketplace selanjutnya bisa mengurangi kesalahan yang terjadi diakibatkan input manual dan memastikan data yang lebih akurat untuk pelaporan keuangan dan inventaris.

 

Rekonsiliasi Otomatis dapat memudahkan rekonsiliasi transaksi antara marketplace dan catatan internal sehinggamemastikan kesesuaian data keuangan.

 

3. Penghematan Waktu

Pemanfaatan sistem ini bisa menghemat waktu dengan mengotomatiskan semua proses pembaruan inventaris, sinkronisasi pesanan, sinkronisasi stok barang, dan pembaruan status pengiriman.

 

Karena data yang kamu dapatkan real-time maka memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan tepat berdasarkan informasi atau data terbaru.

 

4. Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Karena operasional bisnis kamu bisa dilakukan secara efisien, maka kamu bisa fokus terhadap strategi bisnis. Integrasi yang baik mendukung kolaborasi antar departemen dengan akses ke data yang konsisten dan up-to-date.

 

5. Pengelolaan Stok yang Lebih Baik

Aplikasi integrasi marketplace memastikan inventaris yang tercatat di berbagai marketplace selalu up-to-date dan pastinya real-time sehingga mengurangi risiko overselling atau underselling.

 

Selain itu, platform integrasi juga membantumu mengoptimasi stok barang  dalam perencanaan kebutuhan stok berdasarkan data penjualan dari berbagai saluran.

 

6. Peningkatan Layanan Pelanggan

Penggunaan software integrasi marketplace dapat mempercepat proses pemenuhan pesanan dan pengiriman dengan data pesanan yang terintegrasi.

 

Tersedianya  informasi status pesanan yang akurat dan real-time kepada pelanggan yang secara tidak langsung bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

7. Skalabilitas Bisnis

Memudahkan ekspansi ke marketplace baru atau channel penjualan lainnya tanpa harus menambahkan banyak beban kerja. Dibandingkan jika kamu melakukannya secara manual yang bisa menghabiskan waktu dan tenaga.

 

Dikarenakan semuanya sudah saling terintegrasi, maka mampu menangani volume transaksi yang lebih tinggi dengan efisiensi yang tetap terjaga.

 

8. Pelaporan dan Analisis yang Lebih Baik

Umumnya, platform integrasi marketplace juga menyediakan laporan penjualan, inventory, dan kinerja lainnya secara lebih komprehensif dan detail dari berbagai marketplace.

 

Dari data tersebut, kamu bisa mendapatkan wawasan bisnis yang lebih mendalam melalui analisis data dari berbagai sumber, membantu dalam strategi pemasaran dan penjualan.

 

9. Kelola Semua Channel Penjualan dari Satu Sistem

Keuntungan yang pertama, kamu bisa mengelola seluruh produk dan penjualan di semua channel marketplace kamu dalam satu platform aja.

 

Mulai dari, laporan penjualan, upload produk ke toko online, pengelolaan manajemen stok barang, proses pesanan, sampai pengiriman barang.Jadi, kamu nggak perlu harus login ke setiap marketplace, seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, Lazada, dan lainnya. 

 

10. Meningkatkan Penjualan di Marketplace

Tanpa kamu sadari dengan memproses pesanan sampai pengiriman barang ke konsumen secara cepat, ternyata bisa membangun loyalitas pelanggan lho!

 

Selain kamu memiliki banyak channel penjualan yang terhubung , maka semakin banyak pula pelanggan yang bisa kamu dapatkan sehingga potensi bisnismu semakin besar. Terlebih lagi, strategi berjualan di marketplace kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas. 

Aplikasi Integrasi Marketplace Terbaik

undefined

Buat kamu yang mencari aplikasi integrasi marketplace, kamu bisa nih menggunakan Jubelio Omnichannel untuk membantu dalam operasional bisnismu. Tidak hanya menghubungkan marketplace saja, tapi kamu juga bisa integrasikan website toko online dan social commerce

 

Selain integrasi,  tersedia fitur-fitur yang lebih lengkap, kamu bisa balas chat customer, membuat website toko online hingga terhubung ke toko offline (fisik) pakai software POS dan semua itu bisa didapatkan hanya dengan penggunaan sistem omnichannel Jubelio.

 

Kalau kamu punya toko fisik di Jubelio bisa sinkron stok offline tanpa perlu manual update 

 

Jika kamu memiliki gudang pun juga bisa dikelola melalui Jubelio, karena sudah tersedia fitur sistem manajemen gudang (WMS). 

 

Dengan sistem Jubelio WMS, kamu udah bisa mendapatkan visibilitas penuh terhadap kontrol gudang, meminimalisir kerugian yang diakibatkan double kirim pesanan, kemudahan dalam proses pesanan dari picking, packing, sampai shipping di dalam satu sistem, dan paling penting bisa diakses melalui mobile apps.

 

Yuk! Cari tahu lebih lanjut mengenai Jubelio <<<cek selengkapnya disini

 

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Higo

 

Baca Juga

Mengenal Software Stok Barang, Keuntungan, dan Rekomendasi di Indonesia

Tentang Brand Storytelling yang Perlu Kamu Ketahui

Topik Terkait

loading