Tech & Social Media

06 09 2022

Cara WhatsApp Terlihat Offline Padahal Online, Cuti Jadi Tenang

Cuti kamu akan jauh lebih tenang!

38 Views

Cara WhatsApp Terlihat Offline Padahal Online, Cuti Jadi Tenang

Mengambil cuti dan rehat sejenak dari pekerjaan tentu jadi aktivitas yang menyenangkan ya. Biasanya saat sedang cuti, kamu tidak ingin diganggu dengan chat tentang pekerjaan yang sering ditanyakan oleh atasan atau klien.

 

Namun pada kenyataannya, tidak semua cuti berjalan dengan mulus. Pasti ada saja notifikasi tentang pekerjaan yang masuk ke chat WhatsApp kamu dan membuatmu penasaran ingin membukanya. Tapi jika dibuka dan melihat kamu online, biasanya klien akan membombardir kamu dengan berbagai pertanyaan lain, sehingga membuat kamu tidak fokus dengan liburan karena khawatir dengan pekerjaan. 

 

Agar cuti kali ini terasa lebih tenang dan tidak kepikiran dengan pekerjaan karena chat yang masuk, ada 10 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat WhatsApp terlihat offline padahal sedang online.

1. Mulailah dengan menonaktifkan centang biru

undefined

Kamu pasti pernah merasa terpaksa membalas pesan seseorang karena tidak sengaja membukanyakan. WhatsApp memang menandakan pesan sudah terbaca lewat centang biru. Agar menghindari kejadin seperti ini, kamu perlu untuk menonaktifkan centang biru. 

 

Caranya cukup mudah untuk dilakukan ya. Kamu hanya perlu ke bagian setting untuk menonaktifkan centang biru. 

1. Kamu bisa pergi ke menu Setting
2. Lalu pilih Account
3. Selanjutnya pilih Privacy
4. Kemudian geser toggle Read Receipts ke kiri 
5. Kamu sudah berhasil menonaktifkan centang biru 

2. Menonaktifkan last seen

undefined

Status last seen membuat kamu mengetahui kapan terakhir seseorang online. Sehingga saat sedang cuti dan tidak ingin diganggu, penting rasanya bagi kamu untuk menonaktifkan fitur last seen. Tujuan tentu agar tidak diganggu oleh rentetan chat dari klien yang membuat kamu tidak menikmati liburan. 

 

Cara menonaktifkan last seen di WhatsApp sangat mudah, lho. Kamu hanya perlu mengikuti tutorial di bawah ini atau melihatnya di gambar. 

1. Pergi ke menu Setting 
2. Kemudian pilih Account 
3. Selanjutnya kamu bisa pilih Privacy
4. Lalu pilih Last Seen

Di fitur last seen kamu bisa memilih siapa saja yang bisa melihat status online terakhir , bahkan kamu juga bisa membuat semua orang tidak bisa melihat status online kamu. Jadi kamu bisa mengaturnya sendiri sesuai dengan keinginan. 

3. Segera ubah status WhatsApp menjadi offline

undefined

Kamu pasti tahu kalau WhatsApp menyediakan kolom deskripsi yang bisa digunakan untuk mengetahui status info kamu. Jika kamu sedang tidak ingin diganggu, kamu bisa isi status info kamu menjadi offline

 

Saat klien membaca status info kamu, mereka akan paham bahwa kamu tidak akan fast response dan ingin menikmati cuti dengan tenang. Jadi, mereka akan berpikir dua kali untuk menanyakan tentang pekerjaan. 

 

Cara mengubah status info menjadi offline:

1. Pergi ke menu Setting
2. Klik bagian Profile  
3. Ketik Offline untuk mengganti status info
4. Proses selesai

4. Cobalah balas pesan melalui fitur Pop-Up

undefined

Cara selanjutnya agar kamu bisa membalas pesan tanpa terlihat sedang online adalah melalui fitur Pop-Up. Jadi kamu tidak perlu khawatir klien kamu akan langsung mengirimkan pesan, saat kamu membalas pesan dari pasangan atau keluarga. 

 

Agar kamu bisa membalas pesan melalui fitur Pop-Up, kamu perlu mengaktifkan fitur tersebut. 

1. Pergi ke Setting 
2. Klik bagian Notification
3. Lalu geser toggle Show Notifications ke sebelah kanan
4. Secara otomatis fitur Pop-Up sudah aktif

5. Menonaktifkan background data

undefined

Agar membuat WhatsApp kamu terlihat offline, cara selanjutnya dengan menonaktifkan Background Data. Secara otomatis aplikasi WhatsApp akan tertutup dan orang melihat bahwa kamu sedang offline. Cara mengaktifkan background data cukup mudah.

 

1. Pergi ke menu Setting 
2. Selanjutnya klik Cellular
3. Lalu pergi ke aplikasi WhatsApp
4. Kemudian geser toggle ke kiri untuk menonaktifkan

6. Jangan update status di WhatsApp

undefined

Jika kamu tipe yang suka membagian aktivitas keseharian di status WhatsApp, maka cobalah untuk tidak melakukannya agar tidak diganggu oleh klien. Status WhatsApp yang tidak aktif membuat klien berpikir bahwa kamu sibuk dengan liburan dan akan sungkan untuk menayakan informasi seputar pekerjaan. 

7. Pilih orang yang bisa melihat status WhatsApp kamu

undefined

Fitur WhatsApp selanjutnya yang sangat berguna adalah kamu bisa mengatur siapa saja teman yang bisa melihat status terbaru yang di update. Sehingga orang yang tidak kamu inginkan, tidak akan melihat status terbaru kamu dan mereka menganggap bahwa kamu sedang offline. Cara mengaktifkan fitur ini juga sangat mudah.

1. Kamu bisa pergi ke menu Setting
2. Pergi ke menu Account
3. Lalu pilih Privacy
4. Kemudian klik Status, lalu klik Only Share With dan pilih kontak yang kamu ijinkan untuk melihat statusmu di WhatsApp. 

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa download aplikasi WhatsApp DB. Keberadaan WhatsApp DB sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan WhatsApp biasa, hanya saja fiturnya lebih lengkap dan kamu bisa menyembunyikan tanda bahwa pesan sudah terbaca. 

 

Semoga dengan beberapa tips di atas, liburan kamu akan lebih tenang dan nyaman tanpa gangguan dari chat klien setiap saat. Selamat mencoba. 

Topik Terkait

loading