Business Tips

18 09 2022

Cara Menjalankan Affiliate Marketing Agar Bisa Untung

Jadi affiliate marketing yang sukses!

43 Views

Cara Menjalankan Affiliate Marketing Agar Bisa Untung

Affiliate marketing atau afilisia jadi pembahasan yang menarik dan banyak dilirik anak muda sejak keberadaan ecommerce di Indonesia semakin populer. Banyak perusahaan besar yang ternyata membuat program afiliasi untuk meningkatkan kunjungan hingga konversi pembelian.

 

Mengutip dari yang Truelist, lebih dari 80% perusahaan memiliki program affiliate marketing, dimana 16% di antaranya bertanggung jawab untuk menciptakan penjualan. Sehingga peluang untuk mengikuti affiliate marketing sangatlah besar, tapi apa sebenarnya penjelasan dari affiliate marketing? 

Apa itu affiliate marketing?

Secara sederhana prinsip kerja dari affiliate adalah layaknya penjualan berbasis komisi. Dimana kamu akan mendapatkan uang saat berhasil menjual produk atau jasa yang ditawarkan. 

 

Kamu di sini bukanlah sang pemilik barang atau jasa, kamu hanya menawarkan produk agar menarik orang lain untuk membelinya. Semakin banyak konsumen yang membeli barang atau menggunakan jasa, semakin banyak komisi yang akan kamu dapatkan.

Cara kerja affiliate marketing

Sederhanya cara kerja dari affiliate marketing sangatlah mudah. Langkah pertama yang perlu dilakukan tentu mendaftarkan dirimu ke dalam program affiliate marketing. 

 

Kamu bisa mendaftar di berbagai brand yang memiliki program affiliate marketing, melalui website yang tersedia dari perusahaan yang kamu pilih. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan ID affiliate yang akan mencatat setiap transaksi yang dilakukan. 

 

Setelah memiliki link, kamu bisa membagikan link tersebut di media sosial yang kamu miliki. Media sosial yang paling mudah untuk membagikan link affiliate adalah TikTok. 

 

Kamu bisa buat konten menarik tentang  produk yang dipasarkan dan pastikan sertakan link affiliate agar bisa di klik oleh setiap orang yang tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

 

Kemudian setiap konsumen yang melakukan pembelian melalui link yang kamu berikan, maka kamu berhak mendapatkan komisi. Perihal nominal komisi yang didapatkan tergantung dari perusahaan masing-masing.

5 affiliate marketing terbaik Indonesia

Di Indonesia sendiri ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa affiliate marketing. Agar memudahkan kamu dalam memilih affiliate marketing terbaik di Indonesia, berikut rekomendasinya dari akun YouTube Jefferly Helian.       jkn

1. Accesstrade

undefined

Website pertama yang bisa kamu coba untuk mendaftarkan diri sebagai affiliate marketer adalah Accesstrade. Perusahaan ini berasal dari Jepang yang sudah melebarkan sayapnya ke Asia Tenggara.

Di sini kamu bisa menemukan banyak perusahaan yang membuat program affiliate marketing dengan komisi yang beraneka ragam. Bahkan banyak diantaranya adalah perusahaan besar, seperti Zalora, Blibli, Adidas, Erigo, hingga Shopee. 

2. Sociabuzz

undefined

Berbeda dengan Accesstrade, Sociabuzz adalah platform yang mempertemukan antara klien dengan pengguna jasa atau talent. Selain itu, Sociabuzz juga memiliki produk yang diberinama Sociabuzz Shop yang di dalamnya terdiri dari produk-produk kreatif, seperti ebook, webinar, cerpen, musik, dan lain sebagainya.

 

Lewat Sociabuzz Shop ini, kamu bisa bergabung menjadi affiliate marketer untuk membagikan share link dari berbagai produk Sociabuzz dan mendapatkan komisi. Sebanyak produk yang dibeli oleh kosumen lewat link yang di share, akan semakin banyak komisi yang didapatkan. 

3. Canva

undefined

Sebagai aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu kamu membuat konten visual seperti kartu nama, banner, power point, dan lainnya yang bisa digunakan secara gratis, Canva juga menyediakan fitur pro yang membantu setiap pengguna dapat mengakses template design tanpa batas. 

 

Canva pro ini dapat digunakan dengan cara membayar 10$ setiap bulannya. Sehingga agar menarik banyak orang untuk menggunakan Canva pro, pihak Canva membuat affiliate marketing yang bisa diikuti oleh setiap orang. 

4. Affiliate Ecommerce (Blibli, Shopee, Lazada)

undefined

Beberapa ecommerce besar di Indonesia juga membuat program affiliate marketing. Misalnya Shopee yang memiliki program Shopee Affiliate, dimana ada banyak produk yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan konten yang ingin dibuat. 

 

Semakin banyak ketersediaan sebuah produk, akan semakin memudahkan para affiliate marketer dalam memasarkan produk, karena kamu bisa memilih sesuai dengan produk yang kamu sukai dan sering digunakan. 

5. Affiliate Hosting dan Produk Digital

undefined

Affiliate hosting memang memiliki pasar yang tidak besar, karena penggunanya yang telah tersegmentasi, sehingga kamu bisa lebih fokus dala menyasar calon konsumen. Salah satu produk yang memberikan program affiliate adalah Niaga Hoster.

 

Niaga Hoster memberikan komisi yang cukup tinggi, yaitu 70% bagi para affiliate marketer yang berhasil menjualkan produk mereka. Tentu angka ini sangat menarik untuk dicoba!

Tips Memilih Produk atau Platfrom Afiliasi

Agar kamu dimudahkan dalam melakukan promosi sebaiknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar program afiliasi yang kamu diikuti mendapatkan keuntungan. 

1. Cari vendor atau platform yang berkualitas

undefined

Vendor atau platform yang berkualitas biasanya memiliki banyak produk yang berkualitas dan sudah memiliki kepercayaan di pasar. Vendor atau platform yang terkenal dengan review positif akan lebih mudah menarik perhatian calon konsumen. 

2. Cobalah rekomendasikan produk yang sudah dipakai

undefined

Agar dapat meyakinkan orang lain bahwa produk yang kamu tawarkan memiliki kualitas yang baik, mulailah dengan menggunakan produk tersebut. Semakin kamu memiliki pengalaman saat menggunakan produk tersebut, semakin mudah untuk kamu untuk membuat konten yang menarik dan meyakinkan orang lain. 

3. Pelajari terus track record dari platform yang dipilih

undefined

Hal ini penting agar kamu mengenal seperti apa platform yang kamu pilih sebelum memutuskan untuk bergabung. Jangan sampai kamu hanya menghabiskan waktu untuk memasarkan produk tersebut, padahal di image platform tersebut tidak baik di masyarakat. 

Setelah mengetahui tentang affiliate marketing, cara kerja, rekomendasi platform yang membuat program affiliate marketing, dan tips memilih produk atau platform affiliasi, sekarang kamu sudah bisa menentukan ingin bergabung ke platform yang mana. 

 

Baca Juga
Cara WhatsApp Terlihat Offline Padahal Online
Cara Mudah Mengamankan Data Diri dari Serangan Hacker
                   

Topik Terkait

loading