Business Tips

20 07 2022

Cara Bangun Touchpoint untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Pahami touchpoint untuk tingkatkan loyalitas pelanggan!

48 Views

Cara Bangun Touchpoint untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan

Memberikan pelayanan terbaik dengan selalu ramah dan responsif nyatanya tidak cukup untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Butuh hubungan yang lebih sering untuk dikenal dan diingat agar mampu meninggalkan kesan di hati pelanggan. 

 

Membiarkan pelanggan pergi begitu saja setelah membeli tanpa bisa saling terhubung adalah sebuah kerugian besar. Agar bisa terus saling terhubung dengan para pelanggan kamu memerlukan touchpoint yang tepat sesuai dengan media yang digunakan. 

Apa itu touchpoint?

Mengutip dari Survey Monkey, touchpoint adalah ketika pelanggan atau calon pelanggan melakukan interaksi dengan brand sebelum, selama, atau setelah membeli barang atau menggunakan layanan yang ditawarkan.

 

Menurut Marketing Craft, touchpoint menjadi interaksi yang penting dalam perjalanan konsumen untuk membangun kepercayaan pelanggan terhadap brand. Touchpoint dengan pelanggan dapat terjadi melalui interaksi personal lewat berbagai marketing channel.

 

Cara terbaik untuk bisa mengelola interaksi dengan pelanggan dan memastikan setiap interaksi bisa berjalan dengan lancar dengan, kamu perlu melakukan touchpoint mapping. 

 

Baca Juga
Perbedaan Brand Awareness dan Brand Recognation di Dunia Marketing

Menemukan touchpoint pelanggan dengan mapping

Mengutip dari Spectrio, touchpoint mapping adalah tindakan menguraikan setiap interaksi yang mungkin dimiliki pelanggan dengan brand milikmu. Proses ini dapat melihat setiap journey pelanggan dan mengidentifikasi berbagai tempat atau channel di mana pelanggan bisa saling terhubung.

 
 
Touchpoint mapping dapat dimulai dengan membaginya menjadi tiga kategori. Setiap kategori ini akan membantu kamu dalam memvisualisasi dan mengidentifikasi setiap interaksi. Contoh touchpoint mapping dari Survey Monkey bisa membantu kamu.
undefined

Contoh di atas bisa menjadi template untuk membuat touchpoint mapping. Setiap satu kolom dapat diisi sesuai dengan tahapan dari siklus pembelian dan kamu bisa buat baris baru untuk setiap segmen pelanggan yang kamu miliki. Buat kamu yang ingin membuat touchpoint mapping bisa menggunakan beberapa template gratis di sini

 

Membangun touchpoint di berbagai channel akan membuka interaksi yang lebih besar dengan para pelanggan. Semakin sering kamu membalas komentar dan DM yang masuk di media sosial atau sigap menanggapi review hingga memberikan mereka email secara personal, maka hasilnya akan berbanding lurus dengan meningkatkan loyalitas pelanggan. 

 

Bagi kamu yang membutuhkan channel baru untuk membangun loyalitas pelanggan, WiFi advertising akan membantu kamu dalam membuat survei bagi para pelanggan sesuai dengan target audiens yang tepat. Info selengkapnya tentang survei digital, kamu bisa email ke info@higo.id.

 

Baca Juga
5 Strategi Brand Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Topik Terkait

loading