Business Tips

13 02 2019

Strategi Sukses Menghadapi Konsumen yang Banyak Menuntut

Jangan bikin kamu jadi down dong!

443 Views

Strategi Sukses Menghadapi Konsumen yang Banyak Menuntut
Konsumen atau pelanggan menjadi penentu yang paling penting untuk keberlangsungan sebuah usaha. Tanpa konsumen atau pelanggan yang loyal rasanya sangat sulit membuat usaha berkembang. Konsumen memiliki kepribadian yang beraneka ragam, ada yang sabar, pengertian, hingga yang banyak menuntut. Kepribadian yang terakhir rasa-rasanya harus memiliki strategi ekstra untuk menanganinya.
 
Sebagai pemiliki usaha kepribadian konsumen yang banyak menuntut memang menjadi tantangannya sendiri, di satu sisi kamu merasa bahwa konsumen adalah raja, namun di sisi lain hal yang wajar kalau kamu merasa jengkel. Untuk menghadapi konsumen yang banyak menuntut, kamu memerlukan strategi yang tepat untuk memenangkan hati mereka.

1. Dengarkanlah dengan sabar

undefined
Mendengarkan menjadi strategi yang paling tepat untuk menghadapi konsumen yang banyak menuntut. Mulailah dengan mendengarkan dengan sabar dan tunjukkan sikap dari gestur dan ucapan bahwa kamu antusias untuk mendengar keluh kesahnya. Meski akan sedikit menyebalkan, tapi dengan mendengarkan secara sabar, kamu memiliki kesempatan untuk mengenal mereka secara lebih dekat.
 
Hubungan yang sudah terjalin dengan konsumen akan lebih memudahkan kamu untuk mengambil hati mereka dan menjadikannya sebagai konsumen yang loyal nantinya. Bukan tidak mungkinkan hal tersebut bisa terjadi, jika kamu berusaha dengan keras.

2. Rendahkan suara kamu saat menjawab

undefined
Bertemu dan bercakap menjadi strategi yang bijak untuk menangani konsumen yang banyak menuntut. Sebenarnya saat banyak konsumen yang menuntut, itu artinya usaha kamu sudah mulai selalu berada diingatan mereka, bahkan bisa dikatakan lebih menarik perhatian. 
 
Saat menghadapi konsumen yang banyak menuntut, rendahkanlah intonasi suara kamu agar mampu melembutkan hati konsumen. Membalasnya dengan nada yang kasar dan amarah hanya akan membuat citra usaha kamu menjadi buruk.

3. Tunjukanlah rasa empati yang nyata

undefined
Ikut merasakan apa yang konsumenmu rasakan menjadi strategi selanjutnya untuk menghadapi konsumen yang banyak menuntut. Lewat cara seperti itu, kamu akan merasa lebih mudah dan tidak merasa terbebani dalam menghadapi semua tuntutan yang konsumen kamu ajukan. Bahkan kamu jadi lebih semangat untuk memberikan pelayanan terbaik yang bisa kamu berikan.

4. Jangan memutuskan hubungan tapi jalinlah hubungan

undefined
Dalam menghadapi konsumen yang banyak menuntut cobalah untuk membangun hubungan yang lebih akrab. Memilih untuk menjalin hubungan dengan konsumen yang banyak menuntut akan memberikan dampak yang positif dalam jangka panjang untuk perkembangan usahamu. 
 
Konsumen yang banyak menuntut biasanya mereka yang memiliki perbandingan atau pengalaman dengan usaha yang sejenis dengan usaha milikmu. Dengan menjalin hubungan yang lebih dekat mereka, kamu sudah memiliki target market yang tepat.
 
Jika dirasa masukkan yang mereka berikan memiliki dampak positif untuk usaha yang kamu jalankan, kamu bisa mulai terapkan secara bertahap dan ini sangat menguntungkan untuk usaha yang kamu jalankan agar lebih meningkatkan kualitas dan pelayanan.

5. Tunjukan antusias ingin berubah

undefined
Strategi selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan menunjukkan antusias bahwa kamu ingin berubah menjadi lebih baik, entah itu dari kualitas produk hingga pelayanan. Antusias kamu bisa terlihat dari bagaimana cara kamu menghadapi semua keluhan dari konsumen yang banyak menuntut.
 
Tunjukan sikap ramah dan terbuka dengan pendapat, buatlah seolah-olah pendapat konsumen kamu sangat kamu butuhkan dan kamu sedang di tahap belajar untuk menjadi lebih baik lagi. 
 
Strategi di atas bisa mulai kamu terapkan untuk menangani konsumen yang banyak menuntut. Meski tidak mudah, ingatlah bahwa kamu memang perlu terus belajar dari siapapun termasuk dari konsumen untuk membuat bisnis semakin berkembang. 
 
Buat kamu yang memiliki usaha dan memiliki fasilitas internet gratis di sana, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengenal konsumen atau pengunjung kamu layaknya seorang teman dengan metode survei yang menyenangkan. Untuk kamu para advertiser dan membutuhkan bantuan untuk memilih spot yang cocok dengan target market, HIGOspot hadir untuk memberikan solusi yang tepat. 

Topik Terkait

loading