Business Tips

06 06 2022

Pentingnya Segmentasi Audiens Untuk Iklan Yang Efektif

Buat iklanmu terasa dibutuhkan

1.786 Views

Pentingnya Segmentasi Audiens Untuk Iklan Yang Efektif
Meski di dunia ini hanya dipenuhi oleh dua gender, laki-laki dan perempuan, namun setiap dari mereka memiliki usia, karakter, gaya hidup, dan kesukaan yang tentunya berbeda-beda. Sebagai brand kamu tidak akan mungkin bisa menjangkau semuanya, karena itu hanya akan membuka peluang kegagalan yang lebih besar dalam memasarkan produk.
 
Menentukan segmentasi pasar yang tepat untuk beriklan menjadi wajib untuk dilakukan. Selain akan membuat konten iklan yang pas, baik dari segi pemilihan kalimat, desain, tapi juga media yang digunakan untuk menyalurkan iklan tersebut.
 
Perlu diperhatikan, memberikan iklan di tempat yang tepat dengan segmentasi yang jelas tentunya membuka peluang yang besar untuk sukses. Lantas hal apa saja yang akan didapatkan brand saat iklan yang dibuat dilihat oleh segmentasi yang tepat.
 

1. Iklan akan terasa dibutuhkan

undefined
Keberadaan iklan nyatanya sering dianggap mengganggu oleh banyak orang, hal itu terjadi bukan tanpa alasan, karena hampir di setiap jalan yang dilewati, channel televisi yang ditonton, hingga beranjak ke platform berita atau hiburan yang dinikmati, semuanya selalu menyertakan kehadiran iklan.
 
Namun, rasa terganggu tersebut akan hilang jika iklan yang ditampilkan memang yang audiens butuhkan? Lho, kok bisa tahu dari mana? Itulah pentingnya peran segmentasi pasar. 
 
Iklan yang ditayangkan ditempat yang audiens-nya sudah tersegmen, misalnya gender, perempuannya lebih banyak dengan rata-rata usia yang telah ditentukan, pasti hasil iklannya akan lebih baik dan sukses.

2. Mendapat lebih banyak perhatian

undefined
Jika ditanya berapa banyak iklan sudah berhasil mencuri perhatianmu? Totally, pasti jawabannya sedikit dan realita seperti ini yang harus dihadapi semua marketers, di mana tugas mereka membuat iklan dari sebuh brand.
 
Butuh kreativitas yang ekstra namun tidak berlebihan untuk mampu mencuri perhatian audiens. Menentukan segmentasi audiens iklan yang jelas dari awal tentunya akan sangat membantu kamu untuk mencuri perhatian. 
 
Sebagai contoh, iklan promo kopi yang diberikan dengan audiens urban yang suka nongkrong di coffee shop, atau sering memesan kopi di jam-jam suntuk, tentunya memiliki peluang yang sangat besar untuk dilirik.

3. Mudah untuk diterima

undefined
Saking seringnya iklan muncul di platfrom berita yang digunakan, keberadaannya sudah ditahap mengganggu, sehingga tak jarang jalan satu-satunya hanya melakukan block. Jika sudah begitu harapan iklan untuk berhasil akan sangat jauh digapai.
 
Iklan yang ditayangkan dan ditonton oleh audiens yang sudah tersegmen dengan baik, pastinya akan sangat mudah untuk diterima, karena audiens merasa bahwa iklan tersebut sesuai dengan gaya hidup atau kebutuhan mereka.

4. Lebih mudah meyakinkan audiens

undefined
Kenyataannya daripada iklan, seseorang akan lebih percaya review yang diberikan oleh teman mereka. Sehingga untuk meyakinkan audiens bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan.
 
Untuk itu, audiens yang sudah tersegmen kurang lebih memiliki pengalaman yang sama, sehingga menggiring opini mereka untuk meyakini iklan yang dilihat akan terasa lebih mudah.

5. Mengukur keberhasilan iklan jauh lebih kredibel

undefined
Hasil iklan yang dilihat oleh audiens yang sudah tersegmen akan jauh lebih kredibel untuk diukur, ketimbang iklan yang dilihat oleh banyak orang yang belum tentu sesuai dengan target pasar yang kamu inginkan.
 
Jadi saat hasil iklan ternyata tidak begitu bagus, padahal segmentasi audiens yang kamu pilih sudah benar, kamu bisa mulai meneliti dari sisi konsep, pemilihan tulisan, gaya bahasa yang digunakan, hingga desain yang digunakan.
 
Tentunya tidak semua media penayang iklan mampu memberikan segmentasi audiens yang tepat. Bayangkan saat beriklan di televisi, kamu pasti tidak akan mendapat laporan yang jelas siapa saja audiens yang melihat, begitu juga dengan billborad dan media cetak lainnya. 
 
Untuk itu, kehadiran WiFi advertising menjadi angin segar bagi para marketers yang ingin mendapatkan audiens penonton iklan yang sudah tersegmen dengan baik. WiFi advertising mampu memilih spot iklan yang sesuai dengan target audiens yang kamu inginkan, bahkan kemungkinan untuk dilihat memiliki persentasi hingga 99%. 
 
Hal tersebut bisa terjadi karena, setiap orang yang ingin mendapat akses internet gratis di beberapa area free WiFi yang sudah di monetize menjadi smart WiFi, akan mengganti proses memasukkan password dengan login dan juga tayangan iklan yang ditampilkan.
 
HIGO menjadi WiFi advertising paltform yang mampu memberikan kemudahan bagi para marketers yang ingin beriklan, dengan memberikan audiens yang sudah tersegmen dengan baik.

Topik Terkait

loading