Business Tips

06 02 2019

Pentingnya Peran Data dalam Perkembangan Bisnis Coffee Shop

Sepenting ini lho data!

799 Views

Pentingnya Peran Data dalam Perkembangan Bisnis Coffee Shop
Bukan hanya untuk big company, pentingnya peran data untuk perkembangan bisnis coffee shop juga sangat dibutuhkan. Era dimana kopi menjadi lifestyle dan teknologi menjadi kebutuhan pokok, membuat keberadaan data sangat dibutuhkan agar bisnismu mampu bersaing di tengah menjamurnya coffee shop di Indonesia.
 
Lantas sebenarnya apa yang bisa dilakukan sebuah data sehingga keberadaannya begitu penting bagi perkembangan bisnis coffee shop? Agar kamu memiliki gambarannya, berikut penjelasan mudahnya.

1. Mengenal pelanggan layaknya seorang teman

undefined
Sebagai seorang teman kamu pasti mengetahui apa makanan favorit mereka, rasa favorit, kebiasaan yang paling digemari dan lainnya. Lewat data yang lengkap kamu akan mengenal pengunjungmu layaknya seorang teman. Saat sudah menjadi teman, akan sangat mudah bagi coffee shop milikmu merebut perhatian dan menjadi pilihan pertama bagi pengunjung.

2. Mampu merencanakan strategi pemasaran

undefined
Merencanakan strategi pemasaran tanpa data akurat akan sangat sulit. Meraih hati pengunjung secara offline atau online bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. 
 
Tanpa data, kamu akan mengalami banyak kendala sehingga memakan waktu dan biaya, Untuk itu keberadaan data akan sangat memudahkan kamu dalam memenangkan hati pelanggan. 

3. Dapat melihat trend yang sedang berkembang

undefined
Jeli melihat trend menjadi cara yang bisa dilakukan agar mampu memenangkan pasar. Saat sedang trend akan banyak orang yang melakukan atau sekadar mencarinya di mesin pencari hingga media sosial. Untuk itu, agar coffee shop semakin populer, buatlah konten yang sedang trend tersebut.

4. Data mampu meminimalisir kesalahan

undefined
Mencoba banyak hal baru sering dilakukan tim marketing agar mampu menarik perhatian banyak orang. Tak jarang percobaan sana-sini menghasilkan kegagalan agar mendapatkan strategi yang akurat.
 
Lewat data yang akurat, kamu mampu meminimalisir kesalahan dalam membuat strategi pemasaran. Meminimalisir kesalahan berarti kamu telah menghemat banyak waktu dan juga anggaran. 

5. Lewat data kamu bisa meningkatkan kualitas

undefined
Selalu meningkatkan kualitas dari segi pelayanan, menu, hingga fasilitas akan meningkatkan citra positif yang melekat pada coffee shop milikmu. Untuk mengetahui apa yang pelangganmu inginkan sangatlah sulit, jalan yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan survei.
 
Survei yang melibatkan kertas dan pulpen akan sangat mengganggu pengunjung, untuk itu dibutuhkan survei yang dikemas dengan cara menarik. HIGOspot mampu membuat survei menarik dan mengumpulkan curahan hati pengunjungmu hanya lewat smartphone. Caranya adalah dengan memaksimalkan fasilitas free WiFi di coffee shop milikmu. Untuk mengetahui seberapa mudahnya survei yang dilakukan, kamu bisa bergabung bersama HIGOspot.

Topik Terkait

loading