HIGOes Update

03 05 2024

MEGABUILD & KERAMIKA INDONESIA 2024: Mendorong Inovasi dan Keberlanjutan dalam Industri Bahan Bangunan dan Keramik

Nantikan 9 - 12 Mei 2024.

154 Views

MEGABUILD & KERAMIKA INDONESIA 2024: Mendorong Inovasi dan Keberlanjutan dalam Industri Bahan Bangunan dan Keramik

Jakarta, 2 Mei 2024 – Menyambut era pertumbuhan yang dinamis di industri konstruksi dengan perkiraan pertumbuhan sebesar 4,5% pada tahun 2024, Panorama Media dan ASAKI dengan bangga mengumumkan penyelenggaraan Megabuild Indonesia & Keramika Indonesia 2024. Acara yang akan berlangsung dari 9-12 Mei 2024 di Jakarta Convention Center ini menandai edisi ke-21 Megabuild Indonesia dan edisi ke-10 Keramika, mengukuhkan posisinya sebagai pameran bahan bangunan dan keramik terlengkap di Indonesia. Pameran ini dirancang bukan hanya sebagai ajang pameran tetapi juga sebagai platform utama untuk pertukaran pengetahuan dan demonstrasi inovasi terkini.

Pameran Sebagai Platform Konektivitas dan Kolaborasi

undefined

Royanto Handaya, Presiden Direktur Panorama Media, mengungkapkan, "Dengan pertumbuhan tahunan yang signifikan pada triwulan III 2023 dan kontribusinya terhadap PDB, kami melihat era baru bagi industri konstruksi. Pameran ini bertujuan menjadi sarana bagi pelaku industri untuk memperluas jaringan, berkolaborasi, dan berinovasi secara berkelanjutan." Melalui tema "Sustainable Future: Connection, Collaboration, and Innovation," Megabuild & Keramika Indonesia 2024 mendemonstrasikan komitmen bersama untuk mendukung pertumbuhan hijau dan pembangunan yang berkelanjutan. Doti Windajani, Ketua IAI Jakarta, menambahkan, “Arsitektur berkelanjutan tidak hanya sebuah tren, tetapi merupakan kebutuhan mendasar dalam merespons perubahan iklim dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam secara lebih bertanggung jawab.”


Lebih dari 200 brand terkemuka global akan berpartisipasi, memperkaya acara dengan solusi inovatif di industri bahan bangunan dan keramik. Edy Suyanto, Ketua ASAKI, berbagi harapannya, “Kami berharap acara ini dapat mengangkat industri keramik Indonesia ke panggung global dan memperkenalkan praktik terbaik yang mendukung pembangunan berkelanjutan.” Acara ini bertujuan untuk menampilkan inovasi dan juga promo-promo menarik yang bisa memperkuat komitmen terhadap keberlanjutan sambil memberikan wawasan baru tentang cara-cara efisien dan bertanggung jawab dalam penggunaan material dan teknologi.


Di sisi lain, Adi Surya T., Sekjen HDII, menekankan pentingnya integrasi desain yang inovatif dan berkelanjutan dalam setiap proyek pembangunan tidak dapat dilebih-lebihkan. “Acara ini membuka jalan bagi para desainer dan arsitek untuk memanfaatkan teknologi dan strategi terbaru dalam menciptakan ruang yang efisien dan estetis,” tutupnya. Maka dari itu Megabuild dan Keramika Indonesia 2024 juga menghadirkan program konferensi yang menarik bagi para pengunjung.

Insight Industri: Konferensi Berkelanjutan di Pameran Megabuild & Keramika

undefined

Di panggung utama Megabuild & Keramika Indonesia 2024, kesadaran akan keberlanjutan menjadi fokus utama melalui serangkaian seminar dan diskusi panel yang mendalam. Salah satu sesi yang menonjol adalah "The Future of Sustainable Construction", yang mengintegrasikan prinsip Lean, strategi bangunan hijau, dan teknologi BIM. Dipandu oleh Blesto Kasih sebagai moderator dan melibatkan pembicara seperti Ir. Diana Kusumastuti dan Basuki Muchlis, sesi ini bertujuan untuk menggali potensi inovasi dalam konstruksi yang tidak hanya efisien tetapi juga ramah lingkungan. Penekanan pada penggunaan sumber daya yang berkelanjutan dan efisiensi operasional menjanjikan pengurangan signifikan dalam limbah
konstruksi dan penggunaan energi.


Hari kedua pameran memperkenalkan “Construction Industry Outlook 2024: The Most Update of the IKN Nusantara", yang menjadi sangat penting mengingat pembangunan IKN (Ibu Kota Nusantara) yang sedang berlangsung. Dengan kehadiran Nicodemus Daud dan Imam Sugiatno, seminar ini tidak hanya memberikan pembaruan tentang kemajuan konstruksi IKN, tetapi juga mengeksplorasi bagaimana proyek besar ini mengadopsi praktik keberlanjutan. Pembaruan ini kritis, menyoroti bagaimana proyek infrastruktur dapat berperan dalam mendukung inisiatif keberlanjutan di Indonesia, dan memperkuat komitmen negara terhadap pembangunan hijau.


Selain itu, bekerjasama dengan Synergy Kopi, Megabuild & Keramika menghadirkan konfrens "Beyond Green Buildings: Innovative Strategies for Sustainable Development" pada hari yang sama, menampilkan pendekatan inovatif dalam pengembangan berkelanjutan. Dengan pembicara seperti Ryan Brasali, Monika Indriasari, Ali Tranghanda, dan Christian Sugiono, dan Fabienne Nicole sebagai moderator, sesi ini menggaris bawahi pentingnya juga menyoroti pentingnya pembangunan berkelanjutan dan strategi inovatif dalam pengembangan.

Kolaborasi Strategis untuk Masa Depan Hijau

undefined

Berkolaborasi dengan Synergy Developer Megabuild & Keramika 2024 juga memperkenalkan "Synergy Green Property", zona pameran baru yang menampilkan pengembang dengan komitmen terhadap keberlanjutan. Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan pengembang dan menjajaki properti yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga menawarkan manfaat ekonomis signifikan, termasuk pembebasan PPN sebesar 11%. Ini adalah kesempatan unik untuk mempelajari teknologi bangunan hijau dan menerapkan pendekatan berkelanjutan dalam setiap proyek pembangunan, menetapkan standar baru dalam real estate yang ramah lingkungan.


Dengan dukungan dari Kementerian PUPR, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, HDII, IAI, serta berbagai asosiasi dan industri terkait lainnya, seperti The 1O1 hotel sebagai hotel partner, Cleo dan Crystalin sebagai drinking partner, Biznet sebagai internet partner, Lalamove sebagai logistic partner, dan juga Costus Garden, Hanara, dan HLT/DLT, Megabuild & Keramika Indonesia berharap bisa menginspirasi lebih banyak pelaku industri dan konsumen untuk mengadopsi pendekatan yang lebih berkelanjutan dalam pembangunan, memajukan agenda keberlanjutan global dan lokal serta mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif.

Undangan untuk Berpartisipasi

Dengan dukungan dari para pemangku kepentingan industri dan pemerintah, serta berbagai sponsor dan partner strategis, MEGABUILD & KERAMIKA Indonesia 2024 mengundang para profesional, perusahaan, dan umum dari seluruh Indonesia dan kawasan ASEAN untuk berpartisipasi dalam acara ini. Pameran ini tidak dipungut biaya masuk dan pendaftaran sebagai pengunjung akan dibuka secara online di website www.megabuild.co.id atau www.keramika.co.id 

 

Baca Juga

Perjalanan Menuju Kemandirian Bisnis: Franchise & License Expo Indonesia 2024

Cara Membuat Avatar Pelanggan di Bisnis F&B

Topik Terkait

loading