Tech & Social Media

20 03 2021

Keuntungan yang ISP Dapatkan dari WiFi Advertising

Maksimalkan bandwidth untuk raih keuntungan lebih

520 Views

Keuntungan yang ISP Dapatkan dari WiFi Advertising
Hasil survei yang dikeluarkan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) pada tahun 2017 mengungkapkan, pengguna internet dari tahun 2016 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
 
 
Dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai angka 262 juta jiwa, penetrasi pengguna internet Indonesia berada di angka 143,26 juta atau berkisar 54,68%. Angka ini cukup berbeda dari tahun 2016 yang hanya mencapai total 132,7 juta jiwa.
undefined
Kebutuhan akan internet yang semakin tinggi dari tahun ke tahun dan merambah dari berbagai lini kehidupan, membuat keberadaan ISP menjadi sangat penting. Tanpa ISP, tidak ada orang yang bisa menikmati kemudahan mencari informasi di dunia digital dan akan sangat mustahil untuk bisa berselancar di dunia maya. 

Penjelasan singkat tentang ISP?

ISP atau (Internet Service Provider) secara mudah merupakan produsen atau perusahaan besar yang mampu menyalurkan akses internet dan memiliki cakupan yang sangat luas, sehingga semua pengguna bisa saling terhubung satu sama lain dengan sangat mudah secara global.

Beberapa ISP yang ada di Indonesia

Perlu diketahui, ada beberapa ISP besar di Indonesia yang menyediakan layanan jasa internet, sebagai berikut:
 
 
1. Indosat M2 
Menjadi anak dari perusahaan PT Indosat Tbk, IM2 mulai beroperasi sejak tahun 2000 yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan internet. Baik untuk perusahaan, organisasi, hingga perorangan.
 
 
2. IndiHome
Indonesia Digital Home atau IndiHome, merupakan layanan dari PT Telkom Indonesia yang memberikan layanan berupa 3-in-1. Di mana tidak hanya memberikan layanan internet, tapi juga TV kabel, dan telepon.
 
 
3. Biznet
Penyedia layanan telekomunikasi dan multimedia yang dilengkapi dengan jaringan fiber optik. Biznet mendeklarasikan mampu menyediakan jaringan internet sebesar 100 Gbps.
 
 
4. FirstMedia
Menjadi ISP yang memiliki banyak layanan, FirstMedia mulai menjadi pilihan banyak retail untuk menikmati akses internet secara mudah.  
 
 
5. CBN Internet
Menjadi salah satu ISP yang sudah ada sejak 1995, CBN terus berinovasi dan merangkul banyak residential dan pemilik bisnis untuk menjalin kerja sama.

Keuntungan ISP dari WiFi advertising

Kebutuhan akan internet yang masuk ke dalam berbagai aspek kehidupan, membuat keberadaan ISP semakin sangat dibutuhkan. Layanan penyedia jasa internet atau ISP tidak hanya melayani permintaan untuk perusahaan besar, residential, tapi juga retail
 
 
Hampir semua ISP memiliki masalah yang sama yaitu apakah semua bandwidth yang dimiliki ISP digunakan semua setiap bulannya? Tentunya jawabannya tidak, sebagai contoh dari 100 Terabyte yang dimiliki ISP misalnya hanya terpakai 70 Terabyte, lalu kemana sisa 30 Terabyte
 
 
Untuk itu keberadaan WiFi advertising sangat membantu. Sebuah ISP pasti memiliki banyak infrastruktur yang di bawahnya terpasang fiber optik. Misalnya sebuah ISP A memiliki fiber optik yang terpasang di seluruh perumahan Anggrek dan di dalam perumahan tersebut terdapat taman yang digunakan sebagai area publik. 
 
 
Dengan membuka taman sebagai area publik yang dilengkapi akses internet gratis dan bekerja sama dengan WiFi advertising, tentu akan memberikan pemasukan yang lebih bagi ISP. Caranya WiFi advertising akan mengubah internet di area taman menjadi smart WiFi dan memasukkan iklan sebagai sumber pendapatan tambahan.
 
 
Para pengguna internet gratis di area taman, dapat dipastikan akan melihat iklan dan melakukan login dengan media sosial atau email sebagai pengganti password. Langkah tersebut dilakukan sebagai syarat untuk mendapat akses internet gratis.
 
 
HIGO menjadi salah satu WiFi advertising platform Indonesia yang mampu membantu semua ISP untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara revenue sharing. Tertarik untuk bekerja sama dengan HIGO, kamu bisa hubungin kami kapan pun. 

Topik Terkait

loading