Business Tips

22 01 2019

Ingin Punya Bisnis Sampingan? Yuk, Mulai Aja Dulu!

Berani mulai aja dulu!

511 Views

Ingin Punya Bisnis Sampingan? Yuk, Mulai Aja Dulu!
Hampir setiap dari kita yang merasa pekerja full time di kantor pasti sering terlintas untuk memiliki penghasilan tambahankan. Yupss… Memiliki bisnis sampingan memang sedang gencar-gencarnya dilakukan oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang memiliki usia terbilang muda dan baru beberapa tahun bekerja.
 
Memiliki bisnis sampingan dikala status kita masih sebagai pekerja kantoran memang sedikit tricky, tapi jika dilihat dari prospek ke depannya, memiliki bisnis sampingan sangat bagus untuk dilakukan sebagai awal merintis. Buat yang sudah memiliki keinginan untuk memiliki bisnis sampingan jangan ditahan-tahan, seperti kata pepatah “Banyak jalan menuju Roma”, itu juga berlaku bagi kamu yang ingin memiliki bisnis sampingan. Banyak hal baik yang akan kamu dapatkan jika kamu berani memulainya, untuk itu kamu bisa simak nih hal baik apa aja yang bisa kamu dapatkan saat memulai bisnis sampingan. Catet-catet!

1. Kamu bisa belajar keluar dari zona nyaman

undefined
Melakukan rutinitas yang berulang setiap hari pasti nggak jarang memunculkan rasa bosan di dalam hati, untuk itu cobalah berani keluar dari zona nyaman. Tantang dirimu sendiri dan lihat kemampuan lain yang bisa kamu lakukan yang sebelumnya kamu anggap sulit. 
 
Dengan kamu berani memulai bisnis sampingan, kamu akan belajar banyak hal baru yang berbeda dengan rutinitas harian kamu. Kamu akan menemukan banyak kendala dan masalah baru yang mau nggak mau harus kamu selesaikan jika ingin bisnis sampingan yang kamu jalankan bertahan lama.

2. Sejak dini belajar untuk mengatur waktu

undefined
Jika kamu memiliki dua pekerjaan yang berbeda, pasti sebisa mungkin kamu akan belajar bagaimana cara mengatur waktu yang efektif dan efisien. Kamu akan mulai pintar membuat skala prioritas tentang hal mana yang lebih dahulu harus diselesaikan.
 
Pintar membagi waktu juga memiliki dampak yang positif bagi kehidupan pribadi kamu di luar konteks pekerjaan dan bisnis. Kamu akan mulai menjalani hari dengan cara yang teratur karena memiliki tujuan yang jelas setiap harinya. Selain itu kamu juga akan lebih menghargai waktu yang kamu gunakan.

3. Meningkatkan kemampuan kamu dalam problem solving

undefined
Memiliki masalah yang berbeda dan lebih banyak dari orang lain yang seumuran, membuat kemampuan problem solving kamu meningkat. Tidak hanya masalah kantor yang akan menghampiri kamu, terkadang bisnis sampingan kamu juga akan mengalami kendala, karena pada dasarkan nggak ada semua hal yang bisa berjalan mulus tanpa hambatan. 
 
Lewat masalah yang menghampiri, kamu tidak gampang panik dan memutuskan segalanya tanpa pikir panjang. Malah kamu akan berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi hingga tuntas tanpa ditunda-tunda. Gimana, kerenkan!

4. Mudah menerima perubahan

undefined
Mereka yang sulit menerima perubahan akan tertinggal di belakang, tapi kalau kamu memiliki usaha sampingan padahal status masih bekerja, kamu akan sangat terbiasa dengan perubahan yang ada.
 
Terbiasa dengan perubahan membuat kamu bisa lebih berani dan kreatif dalam mengambil keputusan dan membuat sebuah hal baru. Kamu tidak akan merasa tertekan akan perubahan yang datang, malah menjadikan perubahan sebagai sebuah kesempatan yang berikan.  

5. Lebih berani dengan kegagalan

undefined
Kamu percaya kegagalan yang menimpamu sekarang pasti membawa banyak pelajaran yang bisa digunakan suatu saat nanti. Malah kamu akan berkata dalam hati “Mungkin jika waktu itu nggak gagal, aku nggak akan berada di sini". Sehingga kamu akan lebih berani dalam menerima kegagalan dan menganggap bahwa ini adalah kesempatan dari Tuhan untuk melakukan yang lebih baik lagi. 
 
Berani memulai adalah langkah awal yang sangat diperlukan dalam memulai bisnis. Dengan berani memulai kamu sudah selangkah lebih depan dibandingkan orang lain, intinya tepis rasa takut dan pikiran buruk yang belum tentu terjadi dan mulai aja dulu. 
 
Masih banyak info menarik yang bisa kamu terapkan dalam memulai bisnis dari HIGO Blog. Kalau kamu butuh tempat untuk memikirkan bisnis sampingan apa yang cocok untukmu, kamu bisa berkunjung ke berbagai merchant dari HIGOspot yang nyaman dan cozy.

Topik Terkait

loading