Tech & Social Media

25 02 2019

Cara Mudah Melepas Kecanduan Gadget Buat Anak Muda

Dicoba ya, hidup kamu masih tetap seru kok!

757 Views

Cara Mudah Melepas Kecanduan Gadget Buat Anak Muda
Siapa yang nggak suka berselancar di dunia maya? Hampir semua orang menyukai kegiatan yang satu ini. Selain bisa update info terbaru, kamu juga bisa kepoin kegiatan gebetan hingga selebgram favorit. 
 
Namun saking asyiknya berselancar di dunia maya, kamu jadi nggak sadar kalau sudah kecanduan. Menggunakan gadget untuk selalu terhubungan dengan banyak orang dan terus update tren memang menjadi penting, tapi jika aktivitas menggunakan gadget sudah sampai mengganggu kegiatan lain kamu, sebaiknya kamu perlu untuk menguranginya.
 
Untuk bisa lepas dari kecanduan gadget nggak perlu dengan cara-cara yang susah dan membuat kamu terasa berat. Cukup dengan melakukan hal mudah kayak gini, kamu juga sudah bisa kok lepas dari kecanduan gadget.

1. Atur waktu penggunaan gadget

undefined
Jika sekarang hampir 24 jam kamu selalu memantau gadget, cobalah untuk mengurangi kebiasan tersebut. Mulailah atur waktu berapa lama kamu harus aktif menggunakan gadget dalam satu hari. 
 
Kamu bisa mulai menggunakan gadget untuk berhubungan dengan klien selama jam kantor, sisanya kamu bisa selingi untuk bermain game atau membuka media sosial. Awal-awal berikan waktu paling lama 1 jam untuk berselancar di dunia maya, setelah itu mulailah fokus dengan kegiatan kamu yang lainnya.

2. Cek notifikasi dulu sebelum membalas

undefined
Sebisa mungkin untuk nggak membalas pesan saat sudah berada di rumah. Mulailah dengan cek notifikasi sebelum membalas, jika itu dirasa penting kamu bisa membalasnya tapi jika hanya notifikasi dari media sosial dan kamu sudah menggunakannya selama 1 jam ada baiknya buka di esok hari.
 
Belajar untuk mampu mengontrol keinginan kamu untuk nggak terlalu kepo dengan posting-an orang lain. Lewat cara kamu jadi lebih mudah untuk fokus dengan kegiatan kamu dan meminimalisir keinginan untuk membuka media sosial.

3. Sibukkan diri dengan kegiatan lain

undefined
Coba deh cek berapa lama kamu membuka Instagram. Kamu bisa lihat berapa lama kamu menghabiskan waktu di Instagram dalam 1 hari lewat tool Your Activity. Jika hasilnya kamu menggunakan Instagram lebih dari 1 jam dalam 1 hari, kamu bisa mulai untuk stop kegiatan ini. 
 
Sibukkan diri kamu dengan kegiatan lain selain cek media sosial. Kamu bisa main board games, membaca buku, mengobrol bareng teman sekantor, atau mungkin mendengarkan musik.

4. Mulai kurangi untuk posting kegiatan di media sosial

undefined
Sudah berapa banyak konten yang kamu post di media sosial hari ini? Nah, untuk lepas dari kecanduan gadget berikutnya, sebisa mungkin untuk mengurangi post kegiatan kamu di media sosial.
 
Banyak hal yang dirasa akan jauh lebih bermakna saat kamu bisa menyimpannya sendiri atau hanya bersama orang-orang tersayang dan nggak perlu di post di media sosial.

5. Kuatkan niat dan mulailah dari sekarang

undefined
Perencanaan aja nggak akan cukup, jadi mulailah dari sekarang agar kamu bisa terlepas dari kecanduan gadget secepatnya. Pasalnya untuk berubah menjadi lebih baik langkah yang paling tepat adalah dengan berani memulainya secepat mungkin. 
 
Nah, ternyata untuk bisa lepas dari kecanduan gadget itu nggak terlalu sulitkan. Intinya yang perlu kamu ingat bahwa, menghabiskan banyak waktu dengan orang tersayang itu lebih menyenangkan dan membuat kamu merasa lebih bahagia daripada hanya berselancar di dunia maya.

Topik Terkait

loading