Business Tips

27 02 2019

5 Langkah Membangun Teamwork yang Solid Untuk Perusahaan Baru

Teamwork itu penting!

733 Views

5 Langkah Membangun Teamwork yang Solid Untuk Perusahaan Baru
Mencari orang pintar mungkin terasa lebih mudah ketimbang menyatukan mereka agar mampu bekerja sama. Pintar saja rasanya belum menjadi indikator yang cukup untuk membentuk teamwork yang solid, dibutuhkan kemampuan berkomunikasi serta rasa tanggung jawab yang selalu hadir untuk menyelesaikan pekerjan. 
 
Teamwork menjadi pondasi yang paling penting untuk membentuk sebuah perusahaan, terlebih lagi untuk perusahaan baru. Membuat teamwork yang solid tentunya bukan perkara mudah untuk dilakukan. Menyatukan banyak pendapat dan meredam ego masing-masing tentunya menjadi pekerjaan yang sulit. Untuk itu agar perusahaan yang kamu jalankan memiliki teamwork yang solid, langkah berikut ini bisa dilakukan.

1. Pastikan bahwa visi yang dimiliki jelas

undefined
Dalam buku Play Book Your Success, visi diibaratkan sebagai peta awal dari rangkaian panjang pengembangan bisnis yang kamu miliki. Artinya visi memiliki peran yang sangat fundamental akan dibawa ke arah mana bisnis yang ingin kamu jalankan. 
 
Visi yang jelas akan mengantarkan kamu mengetahui seperti apa strategi yang ingin dilakukan untuk mencapai titik yang diinginkan. Strategi ini yang akan membuat kamu tahu treatment seperti apa yang cocok diterapkan untuk menciptakan teamwork yang mampu mengarahkan kamu ke tujuan yang telah ditentukan. 

2. Bangun rasa memiliki di antara karyawan

undefined
Rasa memiliki membuat segala hal yang dilakukan terasa lebih ringan. Penting untuk menerapkan rasa memiliki di antara karyawan, tujuannya untuk membuat mereka tahu bahwa perusahaan yang kamu miliki tidak akan bisa berjalan tanpa kehadiran mereka.
 
Rasa memiliki yang dipupuk terus menerus akan membuat teamwork menjadi lebih kuat dan solid. Hasilnya di antara karyawan tidak akan timbul sifat ingin menang sendiri dan saling menjatuhkan.

3. Berikan ruang untuk berekspresi

undefined
Ruang berekspresi sangat diperlukan terutama bagi perusahaan baru. Ruang ini membuat sesama tim lebih dekat hingga meminimalisir miscommunication yang bisa menimbulkan kesalah pahaman.
 
Setiap orang berhak untuk mengutarakan ide, pendapat, hingga masukan untuk perkembangan perusahaan. Sebagai pemilik perusahaan sebisa mungkin kamu selalu hadir untuk mendengarkan segala pendapat dari masing-masing tim, tujuannya agar hubungan kamu dengan tim semakin dekat sehingga terbentuknya teamwork yang solid bukanlah hal yang sulit. 

4. Beritahu bahwa kontribusi mereka sangat dibutuhkan

undefined
Memberikan kalimat motivasi sebelum memulai meeting bisa kamu lakukan untuk membuat teamwork yang solid. Beritahu bahwa setiap orang memiliki kontribusi yang sama-sama penting dalam perusahaan. Dengan memberitahukannya di hadapan semua tim akan membuat mereka merasa lebih dibutuhkan dan dihargai keberadaannya.

5. Jangan sungkan untuk memberi penghargaan

undefined
Memberikan penghargaan tidak harus dimulai dari hal yang sulit dan mahal, sering memberikan pujian dan ucapan terima kasih bisa kamu lakukan sebagai bentuk apresiasi. Banyak kasus yang berkembang kenapa banyak karyawan berbakat resign dari kantor lama mereka karena minimnya penghargaan yang diberikan.
 
Untuk mengindari masalah seperti ini, sebagai perusahaan baru penting rasanya untuk selalu memberikan penghargaan dalam berbagai bentuk. Tanpa teamwork yang solid mustahil membawa perusahaan menuju kesuksesan. 

Topik Terkait

loading