Business Tips

14 12 2023

Trend Restoran yang Wajib Dicoba di 2024

Ayo terapkan di usaha f&b kamu!

488 Views

Trend Restoran yang Wajib Dicoba di 2024

Saat ini kita sudah memasuki penghujung tahun di mana pada tahun ini terdapat banyak sekali trend di industri restoran yang sudah dilewati. Namun trend di industri restoran tidak berhenti dan akan terus berkembang seiring waktu berlalu. Industri yang tidak pernah lekang oleh waktu ini akan terus berkembang selama pelanggan masih mencari santapan.

 

Trend pada industri restoran tentu perlu kamu ketahui jika kamu berbisnis dalam dunia f&b karena mengikuti trend bisa sangat membantu kamu dalam menjalani pekerjaan kamu sehari-hari. Trend sendiri ada karena perubahan preferensi pelanggan, sehingga mengikuti trend sama dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

 

Kali ini HIGO akan membahas tentang prediksi trend yang akan mewarnai industri restoran di tahun 2024. Bagi kamu yang memiliki bisnis f&b, simak baik-baik beberapa hal penting di bawah ini ya!

Trend Marketing Restoran

undefined

Marketing merupakan suatu hal yang penting dalam industri f&b, tanpa marketing yang tepat maka sebuah restoran belum tentu bisa menjangkau target pasar mereka. Untuk membuat strategi marketing yang lebih baik untuk resto kamu di tahun 2024, berikut ini adalah beberapa trend yang perlu kamu perhatikan.

 

1. Influencer Marketing

Saat ini influencer memiliki pengaruh yang besar dalam nilai jual suatu produk. Hal ini terjadi karena audiens cenderung lebih mempercayai influencer yang mereka ketahui dibandingkan dengan klaim pada iklan. Kamu bisa mengundang influencer ke resto kamu supaya mereka bisa memberikan review jujur akan menu dan pelayanan yang diberikan. Sekarang ini review jujur akan lebih diterima audiens dibandingkan dengan endorsement.

 

2. Online Review

Ketika hendak membeli suatu makanan, pelanggan sering kali mencari review online terlebih dahulu untuk mengatahui apakah makanan yang hendak mereka beli sesuai selera mereka atau tidak. Coba lah untuk membuat strategi marketing yang membuat pelanggan memberikan review mereka secara online. Kamu bisa mencoba dengan memberikan tambahan poin atau menu gratis jika pelanggan bersedia memberikan online review untuk resto kamu.

 

3. Contactless Technology

Sejak physical distancing yang diberlakukan ketika pandemi covid beberapa tahun lalu, metode contactless memang lebih populer. Selain lebih aman untuk kesehatan, metode ini juga bisa mempersingkat waktu pemesanan dan pembayaran karena pelanggan bisa langsung memesan melalui QR menu dan staff restoran bisa lebih mudah menerima pembayaran tanpa harus menghitung uang kembalian. 

 

4. Delivery Inovation

Peminat delivery makanan semakin meningkat akhir-akhir ini, selain dapat menghemat waktu pelanggan, delivery juga bisa meningkatkan citra resto kamu. Bekerjasama lah dengan platform pesan-antar makanan dan pasang promo menarik serta diskon untuk membuat pelanggan tertarik, jika resto yang kamu punya sudah cukup besar, kamu bisa membuat aplikasi sendiri dengan promosi khusus dan benefit lainnya yang hanya berlaku jika memesan dari aplikasi.

Trend di Industri Restoran 2024

undefined

Industri f&b mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal tersebut tentu saja membuat persaingan yang terjadi di industri ini semakin tinggi. Terkait dengan permasalahan tersebut, tentu saja sebagai seseorang yang berada di industri f&b kamu perlu mengetahui hal-hal apa saja yang mungkin menjadi trend di industri restoran tahun 2024. 

 

1. Opsi menu berbahan sayuran

Kesadaran akan pentingnya mengonsumsi makanan sehat semakin meningkat, oleh karena itu banyak pelanggan yang mulai mengonsumsi menu makanan dengan bahan dasar sayur-sayuran. Kamu bisa memberikan opsi plant-based menu di restoran kamu, selain bisa dikonsumsi oleh vegetarian dan pelanggan yang diet, kamu juga bisa menarik pelanggan lain dengan memberikan pandangan bahwa sayuran juga dapat diolah menjadi menu yang lezat.

 

2. Makanan Lokal

Sebagai orang Indonesia, tentu saja pelanggan kamu akan lebih cocok dengan cita rasa khas masakan Indonesia, oleh karena itu menambahkan menu makanan khas Indonesia bisa kamu lakukan di tahun 2024. Supaya tidak membosankan dan lebih menarik, kamu bisa berinovasi dengan membuat masakan lokal yang lebih modern dan cocok dengan lidah para milenial dan gen z. Meskipun berinovasi pastikan untuk mempertahankan cita rasa tradisional nya ya!

 

3.  Menu Anak-anak

Jika dirancang dengan baik, menu anak-anak bisa menjadi sangat populer di tahun 2024, lho. Hal yang perlu kamu perhatikan ketika menambahkan menu anak-anak adalah komposisi dari menu tersebut. Pastikan menu untuk anak-anak memiliki komposisi gizi yang seimbang. Kamu juga bisa menyajikannya dengan paduan makanan warna-warni yang dapat menarik perhatian, selain itu pastikan packaging nya juga sesuai dengan konsep anak-anak yang kamu usung ya!

Supaya bisa terus bersaing di industri f&b, sebagai pemilik resto tentu saja kamu harus mempelajari dan mengikuti trend yang ada. Meskipun kamu mengikuti trend, pastikan tetap memberikan sentuhan khas resto kamu sendiri untuk membuatnya berbeda dengan resto lainnya ya. Sesuatu yang unik bisa menarik lebih banyak perhatian pelanggan dibandingkan sesuatu yang mainstream.

 

Bagi kamu yang tertarik dengan tips berbisnis lainnya, kunjungi blog.higo.id untuk mengetahui informasi seputar bisnis dan marketing terkini! Selain tips untuk berbisnis, kamu juga bisa mengetahui tentang rekomendasi tempat hangout serta informasi terkini seputar teknologi dan media sosial.

 

Baca Juga

5 Kesalahan di Menu Restoran yang Harus Dihindari

5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Posting Feed di Instagram

Topik Terkait

loading