Business Tips

04 02 2019

Strategi Pemasaran Online dengan Modal Kecil Bagi Pemula

Bikin bisnis terkenal nggak perlu mahal!

409 Views

Strategi Pemasaran Online dengan Modal Kecil Bagi Pemula
Pemasaran secara online menjadi pilihan yang paling tepat untuk dilakukan. Selain mudah, modal yang kecil juga menjadi pertimbangan khususnya bagi kamu para pemula dalam industri bisnis. 
 
Belajar dari banyaknya industri lokal yang sukses menarik perhatian pasar dengan strategi pemasaran online yang dilakukan, kamu bisa mulai menirukannya untuk bisnismu. Nggak perlu mengeluarkan banyak modal untuk melakukannya, kamu hanya perlu peka dengan trend. Buat kamu yang bingung harus memulainya dari mana, 5 strategi pemasaran online dengan modal kecil bagi pemula ini bisa kamu coba.
 

1. Mulailah dengan membuat media sosial untuk bisnis

undefined
Strategi pemasaran online pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat akun media sosialnya. Kamu bisa pilih media sosial apa yang sedang digandrungi banyak orang.
 
Kamu nggak perlu membuat semua media sosial, pilihlah yang sesuai dengan target market kamu. Lihat kira-kira media sosial apa yang paling sering digunakan agar lebih efektif dalam implementasinya. 

2. Buatlah bio yang mampu menjelaskan bisnismu secara singkat

undefined
Bio itu ibarat CV dalam surat lamaran. Untuk memudahkan orang lain mengetahuinya, tulislah penjelasan singkat tentang bisnismu di dalam bio. Pastikan saat orang lain membacanya, mereka sudah paham jenis bisnis apa yang kamu jalankan. Kamu bisa tes ke teman atau orang lain apakah saat membacanya, mereka sudah mengerti. Cara ini termasuk mudah dilakukan dalam melakukan pemasaran secara online.

3. Isi media sosial dengan konten yang sesuai dan menarik

undefined
Media sosial menjadi strategi pemasaran online yang paling utama sekarang. Untuk membuat media sosial milikmu ramai kuncinya adalah dengan membuat konten yang menarik. Menarik di sini bukan hanya tentang penggunaan kalimatnya, tapi juga faktor visual yang sangat mendukung agar tercipta konten menarik. 
 
Triknya, apapun jenis bisnis yang kamu jalankan buatlah konten yang relate dengan keseharian banyak orang namun tetap membahas bisnis yang kamu jalankan. Misalnya kamu memiliki bisnis coffee shop, kamu bisa membuat konten tentang kopi yang bisa jadi mood booster saat sudah mulai suntuk kerja.

4. Jalin interaksi yang akrab di media sosial

undefined
Bangun hubungan yang akrab di media sosial menjadi strategi pemasaran yang harus kamu terapkan. Mulailah dengan membalas komentar yang tertinggal di kolom hingga membalas dengan ramah berbagai komplain yang masuk, intinya bangun hubungan dan jangan mengabaikannya.

5. Peka dengan trend yang berkembang

undefined
Memenangkan momen jadi strategi pemasaran online yang bisa kamu coba. Memenangkan momen artinya kamu membuat konten dengan tema yang lagi banyak dibicarakan orang lain hingga menjadi trend. Langkah ini membuka peluang untuk menambah banyak followers bahkan muncul di bagian explore saat di Instagram.
 
Membuat strategi pemasaran secara online memang sedikit tricky, tapi cara ini terbilang lebih efektif untuk meningkatkan awareness dan memunculkan banyak pelanggan baru.
 
Setelah melakukan kelima strategi di atas, kamu bisa memaksimalkannya dengan melakukan iklan di HIGOspot WiFi Platform. Dengan beriklan di sana, kamu akan memiliki keuntungan untuk menentukan spot yang sesuai dengan target market kamu.
 
HIGOspot mampu menganalisa spot mana yang memiliki potencial customers yang sesuai. Saat target market-nya sesuai peluang iklanmu akan berhasil sangat besar.

Topik Terkait

loading