Strategi Marketing Netflix untuk Promosi Squid Game Season 2
Mana yang jadi kesukaan kamu?
Sudahkah kamu menonton Squid Game season 2 yang baru dirilis akhir Desember lalu? Series lanjutan dari Squid Game yang dirilis tahun 2021 ini menarik banyak perhatian publik berkat marketing yang Netflix lakukan untuk mempromosikan season 2. Bukan tanpa alasan mata publik tertuju pada Squid Game kali ini, selain memang sudah menanti lama, namun marketing yang dilakukan pihak Netflix lah yang banyak menyita perhatian.
Berikut adalah beberapa strategi marketing yang digunakan Netflix untuk promosi Squid Game season 2 dan menarik untuk dibahas.
Offline Activation
Menjelang rilisnya series Squid Game di Netflix beberapa waktu lalu, terdapat beberapa offline activation yang melibatkan ratusan orang untuk bermain permainan ala Squid Game. Activation ini dilakukan di beberapa negera termasuk Indonesia pada tanggal 22 Desember 2024 lalu di Gelora Bung Karno. Adanya activation untuk promosi season 2 ini membuat pengunjung kembali mengingat ketegangan pada season 1 Squid Game di permainan Red Light Green Light.
Adanya offline activation ini terbukti dapat meningkatkan rasa ketertarikan publik terhadap upcoming series, sehingga ketika season 2 dirilis beberapa hari setelah adanya offline activation ini, netizen membawa antusiasme yang lebih besar untuk menonton season 2.
Adanya influencer yang berpartisipasi sebagai peserta "Squid Game" dalam offline activation ini juga menambah daya tarik, terbukti dengan munculnya beberapa moment dari para influencer yang terekam kamera pengunjung dan menjadi viral di media sosial.
Kolaborasi Brand
Selain offline activation, Squid Game season 2 juga berkolaborasi dengan beberapa brand ternama untuk mempromosikan season terbaru mereka. Melihat dari popularitas yang diraih season sebelumnya, tidak mengherankan jika banyak brand yang mengeluarkan produk kolaborasi dengan Squid Game saat ini.
Sejauh ini brand seperti Crocs, Pull & Bear, Pop Mart, Puma, dan beberapa brand lainnya sudah merilis edisi khusus hasil kolaborasi dengan Squid Game. Adanya kolaborasi dengan brand-brand ternama dapat menarik perhatian pelanggan brand tersebut yang mungkin belum pernah menonton seriesnya. Jadi bisa dibilang kolaborasi ini menjadi cara baru memperkenalkan Squid Game kepada audiens yang lebih beragam.
Biasanya saat suatu series dirilis, hype biasanya meningkat dalam waktu singkat saja, oleh kare itu kolaborasi dengan brand ternama dapat membantu menjaga relevansi series di benak audiens lebih lama dan memperpanjang siklus promosi season terbaru dari Squid Game.
Activation di Media Sosial
Selain melibatkan influencer, Squid Game juga bekerjasama dengan platform media sosial seperti TikTok dan X dalam promosi season baru, lho. Jika kamu mencari nama character dan nama aktor pemain Squid Game di TikTok, maka akan muncul sebuah pop up photo profile mereka sebagai peserta. Kamu juga bisa menemukan icon pink guard ketika menuliskan hashtag yang related dengan Squid Game Season 2 di platform X. Menarik bukan?
Adanya marketing ini membuat pengguna TikTok dan X cenderung lebih tertarik untuk mengklik dan berinteraksi dengan konten yang relevan. Ini bisa meningkatkan engagement dan visibilitas Squid Game secara keseluruhan. Fitur-fitur ini membuat campaign tetap terlihat aktif dan relevan lebih lama, bahkan setelah campaign utama selesai, fitur di TikTok dan X ini bisa memperpanjang siklus promosi dan menjaga audiens tetap terlibat.
Seperti yang kita ketahui, marketing yang baik akan membawa kesuksesan bagi campaign brand, dan jika dilihat dari kesuksesan Squid Game saat ini, bisa dibilang bahwa marketing yang dilakukan Netflix bukan cuma menarik dan seru bagi audiens tetapi juga terbukti berhasil meningkatkan visibilitas Squid Game 2.
Kira-kira strategi marketing seperti apa yang akan diterapkan oleh Netflix untuk promosi season 3 ya? Apakah akan lebih baik dari season 1 dan 2 dengan membuat strategi baru? Bagi kamu yang ingin tetap up to date dengan informasi seputar sosial media dan marketing, kunjungi blog.higo.id untuk informasi lainnya.
Baca Juga