Business Tips

03 03 2021

Data Storytelling, Kunci Sukses Marketing di Era Digital

Di era digital data akan sangat membantu kamu!

306 Views

Data Storytelling, Kunci Sukses Marketing di Era Digital

Perbincangan seputar data memang selalu menarik perhatian. Di era digital ini, hampir semua yang ada di sekitarmu selalu melibatkan data, mulai dari pengambilan keputusan, hingga strategi marketing yang perlu dilakukan. 

 

Lewat data, akan jauh lebih mudah bagi kamu memahami konsumen dan arah bisnis yang sedang dijalankan. Bayangkan, sebagai seorang pemilik usaha atau marketers, akan sangat sulit bagi kamu untuk meraih hati konsumen saat kamu tidak mengenal mereka dengan baik. 

 

Namun, pada kenyataanya tidak semua orang mampu mengolah data dengan baik. Padahal dikutip dari Deloitte Analytics Report, hanya memberikan laporan dengan angka tidaklah membantu. Kamu harus menyajikan informasi menjadi jalan terbaik bagi para pengambil keputusan. Sehingga kemampuan untuk menyajikan data agar mudah dimengerti lewat data storytelling menjadi penting. 

 

Lantas apa itu data storytelling?

 

Data Storytelling adalah proses menyampaikan pesan agar mudah dimengerti dengan menggabungkan data yang dikemas dengan cara visual dan analisa yang naratif. Sehingga saat kombinasi tersebut berhasil, kamu tidak hanya bisa menarik perhatian audiens, tapi juga menghibur serta mampu memberikan influence yang dalam. 

 

Lewat skill pengolahan data yang baik, kamu tidak hanya mampu memberikan komunikasi yang paling efektif kepada audiens, tapi juga menjadikan data sebagai voice dalam proses pemasaran.

image-content-0

Alasan kenapa data storytelling sangat efektif untuk diterapkan

1. Storytelling membuat konten lebih mudah bersaing

Mengutip dari Wordpress, ada 70 juta blog baru yang tayang setiap bulannya. Angka ini belum digabung dengan berbagai platform lain seperti sosial media. 

 

Bayangkan dengan banyaknya konten marketing baru yang tayang, rasanya akan sangat sulit untuk menarik perhatian pembaca untuk menyukai konten yang dibuat.

 

Sehingga membuat strategi marketing dengan data storytelling tidak hanya membuat konten informatif untuk dibaca, tapi juga mengenai kisah yang bermakna agar lebih mudah bersaing di berbagai platform.

2. Strategi yang dibuat semakin kredibel

Lewat bantuan data, strategi yang kamu buat akan semakin kredibel. Kamu tidak hanya mengandalkan emosi dan rasa suka saat merencanakannya, tapi mengetahui dan dapat mengukur seberapa dibutuhkannya konten tersebut oleh audiens.

3. Pesan akan mudah diingat karena lebih personal

Pemahaman yang lebih baik mengenai audiens lewat data, akan mengantarkan kamu mampu membuat  pemasaran secara lebih personal. Menurut Marketingprofs, strategi pemasaran seperti ini mampu meningkatkan rata-rata 19% dalam penjualan. 

 

Hal ini karena sebagian besar pembelian konsumen didorong oleh emosi, itulah sebabnya merek menempatkan fokus yang lebih besar pada pemahaman cerita yang beresonansi dengan audiens. Sehingga dengan adanya tren yang berkembang, brand tidak hanya dilihat sebagai pemasok produk atau layanan, tapi juga memainkan peran dalam kehidupan sehari-hari.

Beberapa perusahaan yang berhasil menerapkan data storytelling

1. Spotify

Bisa dikatakan Spotify jadi salah satu brand yang mampu mengemas marketing dengan sangat baik lewat data storytelling

 

Tidak hanya iklan Spotify yang begitu memorable, tapi konten Kilas Balik Spotify menjadi konten yang paling ditunggu para penggunanya. Tak heran kamu sering melihat pengguna Instagram dan musisi membagikan Kilas Balik mereka selama satu tahun di Instagram Story.

 

Saking suksesnya konten Kilas Balik Spotify Wrapped, campaign ini mampu meningkatkan jumlah download di mobile app hingga 21% pada minggu pertama bulan Desember 2020 di seluruh dunia.

2. Gojek

Tak jauh berbeda dengan Spotify, aplikasi buatan anak bangsa ini juga menyajikan data storytelling dengan sangat epik. Kilas Balik Gojek yang dibungkus layaknya surat cinta ini menampilkan seberapa sering kamu menggunakan layanan Gojek selama satu tahun. 

 

Tidak hanya menampilkan seberapa jauh jarak yang kamu habiskan saat menggunakan Gojek atau Gocar, tapi juga makanan yang sering kamu pesan selama satu tahun ini.

 

Data storytelling memiliki peranan yang begitu besar bagi pemasaran di era digital seperti sekarang ini. Kemampuan menganalisa data dengan baik akan sangat membantu dalam proses marketing

 

Di zaman yang serba terbuka, kamu bisa belajar tentang data storytelling di berbagai platform mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. 

 

Bagi kamu para pemilik kafe, resto, mall, hingga hotel, kamu bisa mengenal kebiasaan pengunjung saat bergabung bersama HIGOspot. Kamu akan mendapatkan dashboard yang dapat diakses secara real-time untuk menganalisa berbagai kebiasaan pengunjung dan membuat kamu lebih mengenal mereka. Untuk mengetahui apa saja yang bisa HIGOspot lakukan bagi bisnismu, kamu bisa hubungi kamu di info@higo.id.

Topik Terkait

loading