Business Tips

16 01 2019

Berniat Punya Usaha di Usia Muda? Ayo, Coba 5 Tips Berikut Ini!

Mau punya usaha? Mulai aja dulu!

1.074 Views

Berniat Punya Usaha di Usia Muda? Ayo, Coba 5 Tips Berikut Ini!
Memiliki usaha di usia muda memang menjadi trend di beberapa akhir tahun ini. Munculnya banyak pembisnis muda dengan aneka kisah sukses mereka, menjadi inspirasi bagi setiap orang yang melihatnya. Kisah sukses mereka menjadi semangat banyak anak muda untuk berani memulai usaha.
 
Untuk memastikan bahwa bisnis yang ingin kamu jalankan bukan hanya sekedar ikut-ikutan dan akan menghilang seiring dengan kemunculan trend baru, kamu bisa mulai dengan menerapkan 5 tips memulai usaha berikut ini.

1. Mulailah dari passion

undefined
Memulai usaha dari passion menjadi langkah awal yang bisa kamu coba. Tapi perlu diingat, sebelum memutuskan passion menjadi sebuah usaha kamu harus pastikan bahwa itu yang dibutuhkan banyak orang, sehingga nantinya usahamu tidak akan sepi peminat.
 
Jika kamu memiliki passion di dunia desain, kamu bisa menuangkan ide kreatif tersebut bukan hanya dalam bentuk foto atau pajangan saja, tapi cobalah untuk menuangkannya ke dalam banyak wadah yang sering dicari banyak orang, misalnya desain furniture, fashion atau kemasan daur ulang. 
 

2. Awali dengan langkah kecil

undefined
Anantya, selaku CO-MD Girls In Tech Indonesia spontan melontarkan bahwa, bisnis itu seperti ikut lari maraton, butuh persiapan, latihan dan dimulai dari sebuah langkah kecil. Anant percaya, semua langkah besar berawal dari satu langkah kecil. Langkah kecil yang berani kamu mulai dan terus dipupuk terus-menerus akan menghasilkan hal yang besar di kemudian hari. Semua perlu proses dan tahapan, begitu pula untuk bisnis. 

3. Temukan role model dan ikuti dengan style kamu

undefined
Jika ditanya siapa role model kamu dalam usaha, apakah kamu sudah punya jawabannya? Memulai bisnis juga sama seperti menemukan penyanyi favorit. Penyanyi favorit akan selalu menghadirkan alunan lagu yang berhasil menarik hati. Nah, untuk usaha juga sama, kamu harus menemukan role model yang tepat dan jadikan dia mentor.
 
Jika tidak bisa belajar darinya secara langsung, kamu bisa membaca buku-buku yang telah dia terbitkan, atau mungkin bisa belajar dari kisah sukses mereka lewat media sosial yang ada. Tapi perlu diingat, tidak perlu harus menjadi seperti dia, kamu cukup ambil pelajaran yang bisa kamu gunakan dan lakukan caranya dengan style yang kamu miliki, karena setiap orang punya caranya yang berbeda. 

4. Jadikan setiap momen sebagai pembelajaran

undefined
Akan banyak hal baru yang akan kamu temui saat memulai bisnis, entah itu tentang menjalin hubungan dengan banyak orang yang berbeda, menemukan karakter-karakter unik orang lain, mengetahui kebiasaan rekan bisnis atau mungkin kamu akan melewati banyak drama dengan para karyawan.
 
Tak semua momen yang kamu lewati menyenangkan, untuk itu cobalah jadikan setiap hal yang telah kamu lewati sebagai pembelajaran yang tidak bisa kamu dapatkan dari buku catatan, melainkan hanya dari penglaman hidup. Syukurilah, karena tidak semua orang mendapatkan pembelajaran tersebut yang nantinya bisa kamu gunakan saat menghadapi hal yang sama dikemudian hari.

5. Berani tampil beda

undefined
Jangan pernah takut keluar dari kebiasaan! Usaha yang hebat adalah yang mampu merubah kebiasaan dan menjadi berbeda untuk lebih moncolok daripada yang lain. Jika biasanya usaha lain akan menolak pengembalian barang yang telah dibeli, kamu bisa coba untuk welcome dengan hal tersebut.
 
Buat pelayanan yang sangat friendly untuk para pelanggan sehingga kamu akan mudah diingat. Atau jika kamu biasanya membuat packaging yang standar, kamu bisa ganti dan mulai dengan membuat packaging yang lucu dan unik tapi ramah lingkungan, hal tersebut bisa menambah nilai baik usaha kamu di mata pembeli. 
 
Gimana, masih semangat untuk memulai usaha di usia muda? Buat kamu yang telah memiliki usaha dan ingin semakin dikenal luas oleh potencial customer, kamu bisa melakukan iklan di HIGOspot, lho. 

Topik Terkait

loading