Business Tips

2 October 2020

Video Pemasaran Bisnis Online Shop di TikTok, Wajib Coba

Ikutin ya, biar olshop kamu terkenal
101 Views
Video Pemasaran Bisnis Online Shop di TikTok, Wajib Coba Pexels/Cottonbro
Video yang bercerita tentang online shop atau small business pasti sering wara-wiri di fyp kamu. Entah itu online shop makanan, fesyen, hingga jasa dekorasi, semuanya silih berganti terus bermunculan.
 
Tren membuat content promosi online shop di TikTok memang semakin banyak dilakukan. Bahkan tak jarang, view yang dihasilkan dari satu konten video bisa mencapai ratusan hingga ribuan. 
 
Salah satu kisah sukses berjualan online shop yang baru-baru ini mencuri banyak perhatian datang dari akun Rico Huang. Richo menceritakan bagaimana perjuangannya memulai usaha dan sulitnya mendapat dukungan dari lingkungan sekitar karena tidak kuliah. 
 
Video ini mencuri banyak perhatian pengguna TikTok dengan views mencapai 392.4K dengan 5746 komentar. Cara Rico menceritakan bisnis yang dijalankan lewat TikTok, bisa jadi contoh untuk online shop lainnya yang sedang berjuang untuk mendapat perhatian pengguna TikTok.
 
TikTok memang bukan tempat membangun brand identity atau menjalin interaksi yang kuat antara pengguna dengan small business yang kamu jalankan. Aplikasi ini dirancang untuk membuat konten jadi viral untuk semakin dikenal. 
 
Bagi kamu pemilik bisnis online shop atau UMKM yang baru memulai untuk melakukan marketing di TikTok, ada beberapa tipe konten yang perlu dicoba agar masuk FYP.
 
 

Tipe Konten Marketing Online Shop yang Perlu Dicoba

Selain memastikan kamu menggunakan lagu yang sedang viral dan visual yang bagus, cerita jadi komponen yang penting dalam membuat konten marketing di TikTok. Hal ini karena cerita mampu membangkitkan emosi yang berkaitan dengan perasaan orang lain. 
 
Agar membuat konten yang menarik, kamu perlu memasukkan teori AIDA di dalam video yang dibuat. AIDA adalah teori dasar yang sering digunakan untuk membuat iklan karena mampu membangkitkan rasa penasaran orang untuk melihatnya.
AIDA qwords

Beberapa tipe konten video ini bisa kamu gunakan untuk membuat video marketing yang menarik di TikTok.

1. Unboxing video

Unboxing video higo.id

Unboxing video jadi konten yang paling sering bermunculan di fyp TikTok. Jika kamu tidak memiliki budget yang cukup untuk memberikan endorse ke influencer, kamu bisa buat challenge dengan cara melakukan review. Review yang paling sesuai dengan kriteria kamu akan mendapatkan hadiah berupa produk gratis. 

2. Cerita perjuangan bisnismu

Cerita perjuangan bisnismu higo.id

Video dari Richo Huang jadi salah satu konten yang masuk ke dalam tipe ini. Ceritakan bagaimana perjuangan kamu merintis usaha dan apa yang kamu lakukan sampai mampu bertahan hingga sekarang. Berikan juga selipan ucapan semangat untuk para online shop lain yang juga sedang merintis usaha.

3. Packing video

Packing video higo.id

Tipe video lainnya yang ramai di TikTok adalah cara kamu mem-packing barang jualan kamu. Setiap online shop sudah semakin kreatif dengan packing yang lucu. Mulai dari wadah yang imut, adanya kartu ucapan, hingga pemberian bunga kering bagi para pembelinya.

4. Tutorial bermanfaat

Tutorial bermanfaat higo.id

Tipe konten selanjutnya yang bisa kamu coba adalah tutorial bermanfaat. Misalnya kamu memiliki usaha fashion berupa kerudung. Kamu bisa buat tips cara mencuci kerudung agar bahannya tetap awet dan nyaman digunakan. Kamu juga bisa berikan saran detergen yang cocok digunakan untuk mencuci kerudung dengan bahan voal atau diamond
 
Intinya untuk membuat konten yang menarik di TikTok, tidak hanya menggunakan lagu yang sedang viral, kamu juga perlu menambahkan cerita dan konsisten membuatnya. Jika kamu memiliki pengalaman membuat konten untuk online shop bisa share pengalaman kamu di sini. 
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar