Lifestyle

30 January 2019

Trik Mengelola Keuangan dengan Gaji 3 Juta Bagi Kamu yang Single

Gaji 3 juta bagaimana ngaturnya?
48560 Views
Trik Mengatur Keuangan dengan Gaji Rp3 Juta Bagi Kamu yang Single Trik Mengatur Keuangan dengan Gaji Rp3 Juta Bagi Kamu yang Single Unsplash/Quan Le
Sering merasa kesulitan bagaimana mengatur keuangan bagi kamu yang memiliki penghasilan Rp3 juta dalam sebulan? Nah, dilema ini bukan hanya kamu aja yang mengalaminya. Nyatanya UMP 2019 Indonesia berada di angka 3 juta, lho. 
 
Bagi kamu milenial yang masih berstatus single dan belum memiliki keluarga terkadang gaji segini seakan nggak cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu dalam satu bulan. 
 
Tapi sebagai seseorang yang baru meniti karir, kamu juga harus bersyukur dan pintar dalam mengelola gaji yang miliki. Agar kamu bisa mengelola keuangan dengan bijak, trik berikut ini bisa kamu terapkan mulai bulan ini.

1. Mulailah menyisihkan 50% gaji kamu untuk kebutuhan pokok

Mulailah menyisihkan 50% gaji kamu untuk kebutuhan pokok Mulailah menyisihkan 50% gaji kamu untuk kebutuhan pokok Unsplash/Seteales

Cobalah mulai memikirkan apa saja kebutuhan pokok yang harus kamu penuhi dalam satu bulan. Kebutuhan pokok itu artinya kebutuhan yang sangat harus kamu penuhi. Misalnya, kebutuhan bayar kosan jika kamu anak kos, kebutuhan makan dalam satu bulan, kebutuhan pulsa dan internet, hingga biaya transportasi.
 
Alokasi dana 50% dari gaji akan cukup jika kamu memilih tempat kos yang sederhana, menggunakan transportasi umum, seperti Commmuterline atau busway. Kebiasaan makan yang nggak selalu mahal atau kamu bisa memasaknya sendiri jika memiliki banyak waktu luang agar lebih hemat. 

2. Gunakan 30% gaji kamu untuk kebutuhan gaya hidup

Gunakan 30% gaji kamu untuk kebutuhan gaya hidup Gunakan 30% gaji kamu untuk kebutuhan gaya hidup Unsplash/Andrew Le

Usia 20-an memang waktunya kamu menjalin relasi dan pertemanan dengan banyak orang. Untuk itu kamu perlu menyisihkan 30% dari gaji untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup.
 
Biasanya barang paling sering kamu beli adalah pakaian, makeup dan parfum. Saat membelinya kamu harus ingat bahwa sisa dari anggaran ini harus bisa kamu gunakan saat ingin hangout bareng teman-teman. 
 
Sehingga mau bisa menyiasatinya dengan membeli barang yang sedang diskon atau menggunakan perlengkapan makeup dan parfum dengan irit, agar sisa uangnya bisa kamu alihkan ke anggarang hangout.

3. Jadikan 20% dari gaji sebagai dana cadangan

Jadikan 20% dari gaji sebagai dana cadangan Jadikan 20% dari gaji sebagai dana cadangan Unsplash/Fabian Blank

Setengah dari dana cadangan ini bisa kamu gunakan untuk menabung. Pasti setiap bulannya ada beberapa kegiatan yang membuat kamu harus mengeluarkan uang entah itu besar atau kecil.
 
Nah, jika seperti itu kamu bisa gunakan dana cadangan, misalnya seperti menghadiri pesta pernikahan teman atau memberikan kado untuk sahabat. 

4. Sekuat tenaga hindari hutang

Sekuat tenaga hindari hutang Sekuat tenaga hindari hutang Unsplash/Sharon Mccutcheon

Seingin apapun kamu memiliki barang tersebut jika didapat dengan cara melakukan hutan sebisa mungkin kamu harus menghindarinya ya. Kenapa? Karena melakukan hutang berarti mengurangi jatah dana cadangan yang kamu miliki.

5. Sebisa mungkin kurangi jajan di luar

Sebisa mungkin kurangi jajan di luar Sebisa mungkin kurangi jajan di luar Unsplash/Joshua Rawson

Bukan berarti kamu nggak boleh jajan di luar, tapi sebisa mungkin jangan sampai setiap hari. Meski nominal yang dikeluarkan nggak terlalu besar, tapi jika ditotal selama sebulan pasti nominalnya akan sangat lumayan.
 
Biasanya minuman yang paling sering kamu beli saat jajan di luar, entah itu es kopi atau thai tea cobalah mulai dikurangi misalnya jadi tiga hari sekali, atau kamu bisa buat kopi instan sendiri di rumah yang harganya jauh lebih murah.
 
Nah, meski kamu seorang yang single dengan penghasilan  3 juta bulan, kamu masih bisa mencukupi semua kebutuhan dan tetap bisa nongkrong bareng teman-teman. Kalau kamu butuh referensi untuk tempat nongkrong yang asyik, kamu bisa cek di berbagai merchant dari HIGOspot. 
0 Suka