Lifestyle

24 April 2020

Tips Tetap Fit dan Bugar Berpuasa di Saat Pandemi

Pastikan badan kamu fit agar puasa merasa lebih khusus!
125 Views
Tips Tetap Fit dan Bugar Berpuasa di Saat Pandemi Tips Tetap Fit dan Bugar Berpuasa di Saat Pandemi Unsplash/Deddy Yoga Pramana
Menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19 menjadi pengalaman baru bagi masyarakat muslim di seluruh dunia. Selain tak ada budaya buka puasa bersama, shalat teraweh kali ini juga dihimbau untuk dilaksanakan di rumah masing-masing agar tetap menjalankan physical distancing
 
Bagi masyarakat muslim tak perlu khawatir menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi asalkan memerhatikan kondisi kesehatan tubuh. Agar kondisi tubuh tetap fit dan bugar saat menjalankan ibadah puasa, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Pastikan tubuh memiliki asupan gizi yang cukup

Pastikan tubuh memiliki asupan gizi yang cukup Pastikan tubuh memiliki asupan gizi yang cukup Unsplash/Caroline Attwood

Menjalankan ibadah puasa selama 13 jam harus dijalankan masyarakat Indonesia. Menjaga kekebalan tubuh saat puasa di tengah pandemi harus lebih ekstra diperhatikan. Tujuannya tentu untuk bisa menangkal virus Covid-19. 
 
Asupan gizi yang cukup wajib dipenuhi saat sahur dan berbuka agar keseimbangan nutrisi di dalam tubuh tetap terjaga. Berdasarkan himbauan dari Kementerian Kesehatan, gizi yang seimbang dapat dimulai dari satu piring yang kita gunakan saat makan. Pastikan isi pirin tersebut terdiri sepertiga karbohidrat, sepertiga sayuran, dan sepertiga lagi gabungan dari protein dan buah.
 

2. Pastikan berbuka dengan yang manis terlebih dahulu

Pastikan berbuka dengan yang manis terlebih dahulu Pastikan berbuka dengan yang manis terlebih dahulu Undplash/Brenda Godinez

Saat berbuka puasa pasti ada banyak makanan yang ingin kamu konsumsi, tapi jangan sampai hawa nafsu membuat kamu malah sakit perut. Biasakan untuk mengonsumsi makanan manis saat berbuka. Hal ini selama 13 jam berpuasa, tubuh kita kehilangan kadar gula dan untuk menggantinya kamu bisa mengonsumsi makanan manis dari buah-buahan. 
 
Selain itu, sebisa mungkin untuk menghindari makanan berat saat berbuka puasa karena bisa membuat lambung kamu kaget. Jadi baiknya kamu mengonsumsi makanan berat setelah melaksanakan sholat teraweh. 
 
Baca Juga

3. Tetap berolahraga meski di dalam rumah

Tetap berolahraga meski di dalam rumah Tetap berolahraga meski di dalam rumah Unsplash/Jonathan Borba

Menjalankan ibadah puasa bukan hanya berarti kamu menghentikan berbagai aktivitas seperti olahraga. Meski tubuh akan terasa lebih lemas dari biasanya, tapi olahraga tetap penting untuk menjaga agar tubuh fit dan bugar saat menjalankan ibadah puasa.
 
Sesuaikan olahraga yang cocok dilaksanakan saat berpuasa apalagi di cuaca Indonesia yang terasa lebih panas. Hal penting lainnya sebisa mungkin melaksanakan olahraga di dalam rumah untuk tetap menjalankan physical distancing. Kamu bisa memilih olahraga yoga, pilates atau melakukan workout lewat aplikasi atau webinar.

4. Mengonsumsi multivitamin dengan terartur

Mengonsumsi multivitamin dengan terartur Mengonsumsi multivitamin dengan terartur Pexels/Anna Shvets

Jika selama ini kamu termasuk orang yang masih sering menyepelekan manfaat dari multivitamin, sebaiknya mulai sekarang untuk rutin mengonsumsi multivitamin saat sahur atau berbuka puasa di tengah pandemi Covid-19. 
 
Multivitamin yang larut dalam lemak sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa. Hal ini karena malam menjadi waktu yang paling optimal bagi tubuh untuk melarutkan vitamin yang masuk ke dalamnya. Sedangkan, vitamin yang larut dalam air sebaiknya dikonsumsi saat waktu sahur. Vitamin yang larut dalam air termasuk jenis vitamin B komplek dan juga vitamin C yang sangat baik untuk daya tahan tubuh. 

5. Kurangi asupan kafein saat berpuasa

Kurangi asupan kafein saat berpuasa Kurangi asupan kafein saat berpuasa Unsplash/Brigitte Tohm

Mengurangi konsumsi kafein membuat kamu lebih nyaman saat menjalankan ibadah puasa. Biasanya orang dewasa mengonsumsi kafein sebanyak 400 miligram atau sekitar 2-3 cangkir kopi. Tapi, saat berpuasa kamu bisa mengurangi jumlahnya menjadi 200 miligram atau hanya 1 cangkir kopi dalam sehari.
 
Waktu terbaik untuk minum kopi adalah setelah sholat teraweh. Jika kamu minum kopi saat sahur, rasa kental yang dari kopi yang tersisa di mulut akan membuat kamu cepat merasa haus. Selain itu, kopi memiliki sifat deuretik yang bisa membuat kamu dehidrasi.
Meski bulan Ramadan kali ini dirasakan berbeda karena adanya pandemi Covid-19, tapi semangat kamu untuk menjalankan ibadah puasa tidak boleh luntur. Lewat kelima cara di atas, kamu bisa menjalankan ibadah puasa dengan kondisi tubuh fit dan bugar tanpa merasa tersiksa. 
 
0 Suka