Tech & Social Media

14 July 2020

Tips Nyaman Menggunakan WiFi Publik di Kafe

Mau kerja atau download film dengan free WiFi di kafe bisa..
169 Views
Tips Nyaman Menggunakan WiFi Publik Saat New Normal Tips Nyaman Menggunakan WiFi Publik Saat New Normal Unsplash/Linh Nguyen
Sudah berbulan-bulan aktivitas kita selama ini dibatasi akibat adanya pandemi Covid-19. Perasaan bosan dan rindu bisa beraktivitas seperti semula tanpa perlu merasa takut, memang jadi harapan besar semua orang termasuk juga kamu. 
 
Memasuki fase new normal dengan berfungsinya kembali fasilitas area publik, tempat hiburan, kafe, dan juga resto tentu disambut dengan baik. Berbagai tempat hiburan tersebut bukan hanya dijadikan sebagai tempat hangout, tapi juga nyaman untuk bekerja dengan fasilitas free WiFi yang tersedia. 
 
Meski sebagian dari kamu memiliki fasilitas WiFi di rumah, namun rasanya bekerja atau menyelesaikan tugas di kafe yang memiliki suasana cozy pastinya berbeda. Selain membuat pikiran terasa lebih fresh dan membuat suasana hati lebih senang, di sana kamu bisa sambil memesan menu favorit. 
 
Kamu yang memiliki rencana untuk bekerja lagi di kafe dan menggunakan fasilitas WiFi di sana, ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan agar keamanan privasi dan terhindar dari serangan virus yang masuk ke dalam device tidak akan terjadi. 

1. Pastikan menyambung secara manual

Pastikan menyambung secara manual Pastikan menyambung secara manual www.imore.com

Memastikan bahwa kamu tersambung secara manual dengan melakukan beberapa langkah akan jauh lebih aman. Meski kamu sudah pernah tersambung sebelumnya ke kafe tersebut, sebisa mungkin untuk menghindari sambungan secara otomatis. 
 
Caranya saat kamu meninggalkan lokasi, kamu perlu mengklik "Forgot password" atau "Lupa jaringan" di menu setting ponsel. Hal yang perlu kamu ingat, kamu perlu waspada saat menemukan WiFi yang terbuka tanpa pengaman. Ini karena semakin mudah kamu mengakses menggunakan jaringan tersebut, maka semakin mudah juga seseorang melacak aktivitas kamu saat menggunakan jaringan tersebut.

2. Perhatikan nama WiFi yang digunakan

Perhatikan nama WiFi yang digunakan Perhatikan nama WiFi yang digunakan blizz.co.ug

Jangan sampai kamu asal menggunakan WiFi hanya karena namanya yang mirip dan jaringannya yang terbuka. Bisa jadi itu cara hacker untuk menjebak kamu untuk menggunakan jaringan tersebut.
 
Cara yang lebih aman adalah dengan menanyakan ke bagian kasir apa nama WiFi, sekaligus password yang digunakan.
 

3. Rajin update software

Rajin update software Rajin update software asset-a.grid.id

Kadang kita merasa malas untuk meng-update software. Entah karena menyedot kuota yang tidak sedikit, serta proses menunggunya yang tidak sebentar. 
 
Padahal rajin meng-update software dapat memperbaiki bug atau celah pada perangkat sebelumnya, sehingga malware tidak dapat menyerang sistem operasi ponsel kamu. Selain itu meng-update software dapat meningkatkan performa kecepatan ponsel dan memperpanjang umur baterai. 
 

4. Segera aktifkan firewall di perangkat kamu

Segera aktifkan firewall di perangkat kamu Segera aktifkan firewall di perangkat kamu Unsplash/Christin Hume

Jika kamu menggunakan laptop, mengaktifkan firewall sangat disarankan sebelum menggunakan fasilitas WiFi di kafe. Secara sederhana, firewall adalah sistem jaringan keamanan komputer yang memiliki fungsi untuk melindungi komputer dari berbagai serangan komputer lain. 
 
Agar bisa mengaktifkannya, kamu pergi ke Control Panel, kemudian klik Windows Firewall, lalu klik Turn Windows Firewall On. Setelah itu kamu harus memasukkan kata sandi dari administrator yang kamu miliki. 

5. Gunakan WiFi publik dengan bijak

Pergunakan WiFi publik dengan bijak Pergunakan WiFi publik dengan bijak Unsplash/uhammad Raufan Yusup

Kesadaran akan penggunaan internet sehat perlu kamu terapkan. Hindarilah mengakses berbagai situs yang diblokir dan tidak layak diakses. Cara ini tidak hanya membuat perangkatmu aman dari serangan virus, tapi juga membuat orang di sekitarmu juga merasa nyaman.
 
Kelima hal di atas bisa kamu terapkan saat ingin menggunakan fasilitas WiFi publik dengan aman dan terhindar dari serangan virus. Jangan lupa selama berada di ruang publik, kamu tetap harus melaksanakan protokol kesehatan dengan jaga jarak dan menggunakan masker. 
 
Bagi kamu yang memiliki kafe dan ingin memaksimalkan fasilitas WiFi yang kamu miliki untuk mengenal pengunjung lebih dekat, kamu bisa gabung menjadi bagian dari HIGOspot. Selain user experience yang lebih mudah bagi para pengunjung, kamu juga akan mendapatkan insight tentang pengunjung kamu seperti, siapa saja pengunjung yang loyal, hingga waktu paling sering mereka mengunjungi kafe kamu. Ingin informasi lebih lanjut kamu bisa kunjungi di info@higo.id.
 
0 Suka