Tech & Social Media

12 August 2020

Tips Jitu Cara Hemat Kuota Saat Nonton Netflix

Biar nonton Netflix nggak boros kuota, check...
153 Views
Tips Jitu Cara Hemat Kuota Saat Nonton Netflix Unsplash/Mollie Sivaram
Mengalami kejadian lupa mematikan paket data saat nonton Netflix dan berakhir kuota habis pasti pernah dialami para pecinta series Netflix. Apalagi bagi kamu yang rajin menghabiskan satu series dalam waktu sehari, dapat dibayangkan berapa banyak kuota yang kamu habiskan saat nonton secara streaming.
 
Sebagai provider layanan media streaming digital, Netflix memiliki banyak koleksi series dan film yang bisa kamu pilih sesuai dengan selera. Jadi tak heran, jika banyak orang rela menghabiskan waktu berjam-jam bahkan hingga kuota untuk bisa menontonnya. 
 
Masalah kuota cepat habis saat nonton Netflix sebenarnya sudah jadi masalah yang umum. Hal ini bahkan sudah disadari pihak Netflix, sehingga lewat situs resminya Netflix memberikan penjelasan dan tips yang bisa diterapkan agar kamu tetap bisa nonton Netflix tanpa takut kuota jebol.

Mengontrol Kualitas Video yang Diputar

Cara Hemat Nonton Netflix www.netflix.com

Saat melakukan streaming atau men-download, paket data yang kamu keluarkan tetaplah sama. Setiap kamu menonton TV show atau film, maka kamu mengeluarkan 1 GB per jam dari setiap streaming video dengan kualitas standar dan 3 GB per jam untuk kualitas video HD. 
 
Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatur sendiri kualitas dan paket data yang kamu gunakan saat ingin menonton berbagai konten yang ada di Netflix. 
 
Pertama, kamu bisa melakukan kontrol kualitas video yang ditayangkanBiasanya pihak Netflix akan memilih fitur auto, dimana fungsinya memberikan kualitas tampilan video berdasarakan koneksi internet saat ini. Tapi, kamu bisa mengatur sendiri penggunaan data dari setiap video yang diputar.

Semakin rendah kualitas video yang kamu pilih, semakin kecil data yang dihabiskan dan begitu pula dengan sebaliknya. Untuk bisa mengatur penggunaan data, kamu bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.
  • Buka akun Netflix dari browser, kemudian buka halaman Account 
  • Pilih profil milikmu
  • Kemudian klik Playback Settings
  • Pilih Data Usage per screen sesuai dengan kebutuhan kamu
  • Klik Save
Namun dengan membatasi penggunaan data saat menonton Netflix, kualitas video yang kamu tonton juga akan berpegaruh. 
 

Mengontrol Penggunaan Data Seluler

Cara Hemat Kuota Nonton Netflix www.netflix.com

Selain mengontrol kualitas video, kamu juga bisa mengatur penggunaan data seluler. Di Netflix, ada empat pengaturan penggunaan data seluler yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. 
  • Automatic artinya kamu mengeluarkan data seluler sesuai dengan kualitas video yang sedang kamu tonton sekarang. Jika sinyal internet kamu tidak stabil, maka akan berpengaruh dengan kualitas video. Lewat fitur otomatis, kamu bisa menonton hingga 4 jam per GB. 
  • WiFi Only artinya kamu hanya bisa streaming saat tersambung ke WiFi.
  • Save Data artinya kamu bisa nonton hingga 6 jam per GB data.
  • Maximum Data artinya kamu bisa menonton dengan kualitas video terbaik. Ini hanya disarankan bagi kamu yang memiliki paket data dengan jumlah yang banyak, karena data yang digunakan bisa mencapai 1GB per 20 menit.
Kamu yang ingin mengatur penggunaan data ponsel bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:
  • Pada aplikasi Netflix, pilih menu More 
  • Kemudian pilih App Settings
  • Lalu pilih Celluler Data Usage untuk memilih fitur mana yang ingin kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan. 

Paket Data untuk Nonton Netflix

Melihat kepopuleran Netflix, provider di Indonesia sudah banyak yang memberikan paket data khusus untuk nonton Netflix. Tujuannya tentu agar penggunaan paket data yang digunakan tidak boros. Beberapa paket data dari berbagai provider ini bisa kamu pilih untuk nonton Netflix. 
  • XL (Netflix & Xtra Combo)
    Mulai dari 10 GB hingga 15 GB, kamu bisa streaming sepuasnya dengan harga Rp100.000 hingga Rp130.000.

  • Tri
    Tak mau kalah dengan XL, Tri juga menghadirkan paket spesial Netflix yang bisa kamu beli dari aplikasi Bima+ untuk mengaktifkan Perdana GetMore. Selain itu paket Add On bisa jadi pilihan untuk akses Netflix dan bisa kamu beli dengan harga Rp50.000 hingga Rp70.000 untuk kuota 12 GB hingga 20 GB.
     
  • Smartfren
    Bagi pengguna Smartfren, kamu bisa pilih Paket Super 4GB Video yang bisa kamu pilih mulai dari harian 1,5 GB Rp5.000, mingguan 3,5 GB Rp10.000, dan bulanan 7 GB Rp20.000.
Setelah mengetahui cara menghemat kuota internet saat nonton Netflix, kamu bisa mulai mempraktekannya dan jangan lupa pilih provider sesuai dengan kebutuhan kamu. 
 


terinspirasi
suka
bangga
terhibur


1 Komentar



Ci Programmer
Wah Berguna banget, Anak saya. masih kecil... perlu pengawasan yang extra.
2020-08-18 16:44:03