Sebagai
marketer atau orang yang sedang merintis usaha, paham tentang dunia periklan jadi sebuah keharusan. Di dunia periklanan, istilah CPC sudah tidak asing lagi.
Sprout Social, sebuah
platform social media analyst mendefinisikan CPC atau
Cost Per Click dimana nilai yang harus dibayar pengiklan kepada
publisher dari setiap klik yang didapatkan.
Sebagai
publisher, Google juga mengartikan bahwa
CPC adalah jumlah akhir yang ditagihkan kepada pengiklan untuk satu klik dari iklan yang ditayangkan.
Jadi dapat disimpulkan, CPC merupakan kegiatan periklanan dimana
brand atau pengiklan harus membayar ke
publisher seperti Google, Facebook, Instagram, dan
WiFi Advertising Platform saat iklan yang mereka tayangkan di
publisher tersebut berhasil di klik oleh audiens.
Bagi pengiklan, CPC tentu jadi jenis pengiklanan yang menguntungkan dan patut untuk dicoba. Alih-alih harus membayar setiap iklan yang dilihat oleh audiens (impression), CPC hanya akan membayar iklan yang memang di klik oleh audiens.