Business Tips

5 November 2020

Seefektif Apa Cost Per Click untuk Strategi Pemasaran?

CPC membuat budget terkontrol & memperbesar ROI
37 Views
Seefektif Apa Cost Per Clicks untuk Strategi Pemasaran Unplash/Charles Deluvio
Sebagai marketer atau orang yang sedang merintis usaha, paham tentang dunia periklan jadi sebuah keharusan. Di dunia periklanan, istilah CPC sudah tidak asing lagi. Sprout Social, sebuah platform social media analyst mendefinisikan CPC atau Cost Per Click dimana nilai yang harus dibayar pengiklan kepada publisher dari setiap klik yang didapatkan.
 
Sebagai publisher, Google juga mengartikan bahwa CPC adalah jumlah akhir yang ditagihkan kepada pengiklan untuk satu klik dari iklan yang ditayangkan. 
 
Jadi dapat disimpulkan, CPC merupakan kegiatan periklanan dimana brand atau pengiklan harus membayar ke publisher seperti Google, Facebook, Instagram, dan WiFi Advertising Platform saat iklan yang mereka tayangkan di publisher tersebut berhasil di klik oleh audiens. 
 
Bagi pengiklan, CPC tentu jadi jenis pengiklanan yang menguntungkan dan patut untuk dicoba. Alih-alih harus membayar setiap iklan yang dilihat oleh audiens (impression), CPC hanya akan membayar iklan yang memang di klik oleh audiens. 

Keuntungan memilih CPC dalam beriklan

Keuntungan memilih CPC dalam beriklan Unsplash/benkolde

Banyak brand yang memangkas anggaran iklan mereka selama pandemi Covid-19. Tentu langkah yang dilakukan tidaklah sepenuhnya salah, karena harus menyelamatkan cost produksi. Tapi memangkas habis anggaran hingga tidak tersisa bukanlah pilihan yang tepat. 
 
Ini karena kita sama-sama tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, dan membiarkan brand kamu terlupakan seiring berjalannya waktu tanpa iklan, bukanlah pilihan yang bijak untuk dilakukan. 
 
Beberapa brand besar seperti Astra fokus melakukan digital marketing sejak pandemi terjadi di Indonesia. Dikutip dari Katadata, Kepala Divisi Marketing PT Astra Internasional, Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, pihaknya telah menerapkan tren digital marketing sejak Mei hingga saat ini dan terus meningkat. Salah satu digital marketing yang bisa dilakukan adalah dengan memilih CPC. Berikut beberapa keuntungan memilih CPC dalam beriklan. 

1. Memaksimalkan coast yang dimiliki

Saat pandemi Covid-19, memaksimalkan anggaran jadi point yang paling penting. CPC menjadi cara yang paling efektif untuk digunakan karena mampu memaksimalkan anggaran iklan. 
 
Berbeda dengan CPM (Cost per mille) dimana pengiklan harus membayar setiap audiens yang terpapar iklan, CPC hanya akan dibayar saat pengunjung benar-benar tertarik dengan iklan tersebut lewat klik yang terjadi. Meski KPI untuk campaign CPC tidak semudah CPM (Coast per mille) tapi ini jauh lebih efektif untuk mendorong terciptanya konversi. 
 
Baca Juga
Video Pemasaran Bisnis Online Shop di TikTok, Wajib di Coba
Strategi Menghadapi Perubahan Perilaku Konsumen Saat New Normal

2. Mampu menargetkan audiens lebih relevan

Kelebihan yang paling memudahkan brand untuk meraih perhatian audiens adalah mampu menargetkan audiens yang diinginkan. Setiap iklan yang ditayangkan oleh publisher, hanya bisa dilihat oleh kriteria audiens yang sudah ditentukan. 
Ada banyak kriteria yang bisa kamu tentukan sebagai brand yang ingin beriklan. Tidak hanya kriteria demografik seperti usia dan jenis kelamin, tapi juga interest dan hobi.

3. Peluang terciptanya ROI yang besar

Kelebihan dan membuat tipe iklan ini begitu populer adalah brand atau pengiklan hanya akan membayar saat iklan tersebut diklik oleh audiens yang melihat. Saat proses klik itu terjadi, artinya audiens memiliki ketertarikan yang besar terhadap produk yang diiklankan. 
 
Rasa ketertarikan yang besar membuka peluang yang besar terciptanya konversi, sehingga ROI (Return on investment) atau pengembalian investasi yang dikeluarkan dapat kembali dengan cepat. 

Iklan CPC di WiFi Advertising Platform

Iklan CPC di WiFi Advertising Platform higo.id

WiFi Advertising Platform menjadi publisher yang bisa dipilih untuk melakukan iklan dengan tipe CPC. Berbeda dengan media publisher lainnya, pengiklan akan mendapatkan journey yang lebih lengkap. Journey ini dimulai saat audiens terhubung dengan WiFi milik lokasi, kemudian berlanjut dengan munculnya banner iklan dan disambung dengan survei. Setiap satu audiens yang bersedia menjawab pertanyaan, maka akan dihitung menjadi satu click.
 
Dealer mobil Toyota, Auto2000 menjadi salah satu brand yang pernah melakukan campaign dengan tipe CPC di WiFi Advertising Platform. Mula-mula audiens akan dipaparkan materi banner yang menginformasikan kemudahan servis dengan satu aplikasi, hingga pertanyaan yang lebih dalam tentang pertimbangan saat membeli mobil baru. 
 
Setelah mengetahui keunggulan memilih iklan dengan tipe CPC dan journey yang bisa kamu dapatkan saat memilih media WiFi Advertising Platform sebagai publisher, kamu bisa mulai merencakanan untuk melakukan iklan CPC. Jika kamu butuh bantuan untuk melakukan dan memikirkan konsep iklan yang ingin ditayangkan, jangan ragu untuk menghubungi HIGO di info@higo.id.
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar