Lifestyle

16 July 2020

Sebenarnya Seaman Apakah Bersepeda di Saat Pandemi?

Pengen ikutan sepedaan juga?
119 Views
Sebenarnya Seaman Apakah Bersepeda di Saat Pandemi? Sebenarnya Seaman Apakah Bersepeda di Saat Pandemi? Unsplash/Victor Xok
Pemandangan jalan sejak aturan new normal diberlakukan mulai berbeda. Jika biasanya hanya motor dan mobil yang meramaikannya, kali ini kamu bisa melihat beberapa orang berlalu-lalang menggunakan sepeda di pagi hari saat hari kerja. 
 
Bersepeda memang menjadi kegiatan yang mulai dilirik banyak orang, bahkan bisa dikatakan mulai menjadi tren. Influencer sekaligus Founder & Creative Director Makna Creative, mem-posting kebiasaan barunya menyusuri jalan ibu kota menggunakan sepeda. 
 
Munculnya tren bersepeda sebenarnya akibat dari kejenuhan masyarakat yang tidak bisa melakukan aktivitas selama masa PSBB lalu, serta perasaan khawatir yang muncul saat menggunakan transportasi publik. 
 
Namun, apakah tren menggowes sepeda di tempat umum lebih aman dilakukan ketimbang olahraga sendiri di rumah? 
 
Menurut Dokter Reisa Broto Asmoro, selaku Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, bersepeda saat pandemi aman dilakukan jika tetap menjaga protokol kesehatan. 
 
Namun, saat kita melihat kondisi jalanan di Indonesia yang begitu padat serta aktivitas lalu-lalang yang dapat dikatakan semeraut, menjadikan sepeda sebagai pilihan sarana transportasi setiap hari sekaligus olahraga, rasanyanya perlu dipikirkan kembali. 
 
Bagi para pemula yang ingin ikut tren bersepeda, ada baiknya memilih bersepeda saat kondisi jalan terasa lebih lenggang dan dilakukan di waktu libur. Selain terasa lebih santai dan tidak dikejar-kejar waktu, kamu akan lebih enjoy melakukannya.
 
Jika ingin mencoba ke kantor menggunakan sepeda, ada baiknya mencoba sebanyak satu hingga dua kali dalam seminggu sebagai pemula. Hal ini karena saat bersepeda membutuhkan energi dan stamina yang fit. Serta dibutuhkan kesadaran yang tinggi untuk berhenti saat tubuh sudah merasa lelah. 
 
Dokter Reisa juga menambahkan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar bersepeda tetap menjadi kegiatan yang sehat di masa pendemi seperti sekarang ini.

1. Rajin bersihkan area sepeda yang sering disentuh tangan

Rajin bersihkan area sepeda yang sering disentuh tangan Rajin bersihkan area sepeda yang sering disentuh tangan Unsplash/Victor Xok

Pegangan sepeda jadi bagian yang paling sering disentuh tangan, sehingga kamu wajib melakukan pembersihan secara berkala dengan cairan desinfektan. 
 
Langkah ini sebagai antisipasi awal dari berbagai pencegahan yang perlu kamu lakukan. Mengingat kamu tidak bisa memastikan bahwa pegangan sepeda benar-benar aman dari virus Covid-19 yang mampu bertahan hingga hitungan hari saat mereka menempel di permukaan benda.

2. Gunakan peralatan sepeda yang lengkap

Gunakan peralatan sepeda yang lengkap Gunakan peralatan sepeda yang lengkap Unsplash/Coen Van Den Broek

Selain sebagai faktor keamanan di jalan, peralatan yang lengkap juga membuat bersepeda terasa lebih nyaman. Beberapa peralatan wajib yang perlu kamu kenakan adalah memakai helm, sarung tangan, masker, dan juga baju lengan panjang.
 
Ada baiknya kamu membawa cadangan masker lebih dari satu. Selain masker kain efektif dipakai selama 4 jam, kamu juga akan merasa nyaman karena menggenakan masker yang masih bersih dan terbebas dari keringat selama menggunakan sepeda.
 
Selain itu mengenakan baju lengan panjang juga menjadi pilihan, agar bagian tubuh kamu terhindar dari droplet orang lain saat berhenti di jalan saat sedang lampu merah.
 

3. Jaga jarak dengan sepeda lain minimal 4 meter

Jaga jarak dengan sepeda lain minimla 4 meter Jaga jarak dengan sepeda lain minimla 4 meter Pexels/Brett Sayles

Biasanya saat ingin bersepeda kamu pasti akan janjian dengan teman agar lebih semangat. Di saat pandemi seperti sekarang, kamu perlu mengatur jarak dengan teman saat sedang bersepeda minimal 4 meter.
 
Dokter Reisa bahkan menambahkan, alangkah lebih baik jika para pesepeda menerapkan aturan jaga jarak 20 meter agar lebih aman.

4. Jaga stamina tubuh

Jaga stamina tubuh Jaga stamina tubuh Unsplash/Victor Xok

Memutuskan untuk bersepeda ke kantor esok hari, itu artinya kamu sudah siap untuk mengeluarkan banyak tenaga. Jadi sebaiknya sebelum memulai bersepeda, pastikan bahwa kondisi tubuh kamu sehat dan fit. 
 
Untuk menjaga stamina tubuh tetap sehat dan fit, kamu bisa mengonsumsi multivitamin agar kuat mengayuh sepeda sampai kantor.

5. Bawa botol minum sendiri

Bawa botol minum sendiri Bawa botol minum sendiri Unsplash/Victor Xok

Merasa lelah dan haus saat di perjalanan pasti akan kamu rasakan, tapi usahakan untuk tidak membeli minuman di jalan ya. Selama pandemi seperti sekarang, membawa botol minum sangat disarankan. 
 
Kamu bisa kontrol sendiri kebersihan dari botol minum yang kamu gunakan. Jadi tidak perlu merasa was-was. 
Jadi bersepeda di saat pandemi tetap aman untuk dilakukan ya, asal kamu tetap menerapkan protokol kesehatan dengan jaga jarak dan menggunakan masker. 
 
Selain menerapkan beberapa tips aman bersepeda, kamu juga perlu mematuhi aturan lalu lintas dan tertib saat berada di ruang publik. Hal ini karena bukan hanya kamu yang menggunakan jalan raya dan ruang publik, tapi juga orang lain. Yuk, mulai semangat menggowes!
 
6 Suka