Lifestyle

23 September 2020

Seaman Apakah Bepergian dengan Pesawat di Saat Pandemi?

Virus Covid-19 ada dimana-mana termasuk di dalam pesawat
155 Views
Seaman Apakah Bepergian dengan Pesawat di Saat Pandemi? Unsplash/Jc Gellidon
Hingga saat ini pandemi virus corona belum juga usai menyerang dunia. Meski aktivitas setiap orang dibatasi, namun transportasi publik tetap dibuka untuk umum. Memang pembukaan transportasi publik menjadi kontroversi sendiri, hal ini karena transportasi publik dirasa memiliki andil yang besar terhadap penyebaran virus corona, tak terkecuali di bandara.
 
Dikutip dari The Washington Post, ada sebuah penelitian tentang kasus penyebaran virus corona di pesawat. Seorang penumpang yang melakukan penerbangan pada tanggal 2 Maret dari Inggris ke Vietnam, menularkan virus corona ke 14 penumpang lainnya dan seorang anggota awak pesawat. 
 
Sama seperti virus SARS, influenza, dan cacar, virus corona juga bisa menyebar bebas di dalam pesawat. Saat seseorang tidak menggunakan masker dan mengeluarkan droplet, maka sebagian droplet yang menguap lebih cepat akan menjadi aerosol. 
 
Aerosol dapat mengapung di dalam pesawat dan terhirup oleh orang lain. Meski menurut Airbus SE dan Boeing Co., semua pesawat mereka dilengkapi dengan fitur HEPA yang dapat menangkal virus sekecil apapun, tapi awak pesawat tidak bisa memastikan setiap orang selalu menggunakan masker selama penerbangan berlangsung. 

Risiko penyebaran virus corona di pesawat

Resiko penyebaran virus corona di pesawat Unsplash/Suhyeon Choi

Risiko penyebaran virus corona di pesawat tidak bisa dianggap sepele. Bayangkan, sebelum masuk ke dalam pesawat, kamu harus menunggu di bandara dan bertemu banyak orang. 
 
Melakukan kontak fisik dengan orang, saling berdekatan, dan menggunakan fasilitas umum secara bersamaan, menjadi faktor lainnya menggunakan pesawat juga memiliki risiko yang besar untuk terjadi penularan.
 
Di saat seperti ini, kamu perlu untuk meningkatkan kewaspadaan diri untuk tetap menggunakan masker dan rajin menggunakan hand sanitizer
 
Selain 14 orang yang terpapar virus corona saat bepergian menggunakan pesawat, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah menemukan, sebanyak 11.000 orang terpapar virus corona dalam penerbangan. Artinya penyebaran virus corona di pesawat tetaplah besar.
 

Cara terhindar dari Covid-19 di pesawat

Sebelum memutuskan untuk menggunakan pesawat terbang, sebaiknya pikirkanlah dengan bijak apakah kamu perlu melakukan perjalanan jauh di masa pendemi seperti sekarang. Tapi, jika kamu merasa harus melakukannya ada beberapa cara dan protokol yang perlu diterapkan.

1. Sebisa mungkin pilihlah kursi di dekat jendela

Sebisa mungkin pilihlah kursi di dekat jendela Unsplash/Killian Pham

Sebuah penelitian tentang kebiasaan penumpang saat di pesawat menunjukkan, 38% penumpang akan meninggalkan kursi mereka 1 kali untuk pergi ke toilet dan 24% penumpang yang meningalkan kursi untuk pergi ke toilet sebanyak 2 kali. 
 
Aktivitas ini akhirnya menemukan bahwa, duduk dekat jendel lebih aman untuk dipilih. Penumpang yang duduk di dekat jendela menunjukkan aktivitas yang rendah untuk pergi ke toilet, sedangkan yang duduk di tengah dan dekat lorong lebih sering untuk berpindah-pindah.

2. Jangan melepas masker

Jangan sekali-kali melepas masker Unsplash/Tais Captures

Sebenarnya ini hanya berlaku pada penerbangan jarak dekat. Jika penerbangan kamu hanyak 1 atau 2 jam, kamu bisa menunda untuk tidak minum atau makan selama di dalam pesawat. 
 
Jika terpaksa melepasnya, pastikan bahwa penumpang di samping kamu tidak sedang bersin atau batuk. Agar meminimalisir penyebaran virus corona, segera gunakan masker setelah selesai makan atau minum. 

3. Biasakan membawa tisu basah dan hand sanitizer

Biasakan membawa tisu basah dan hand sanitizer Unsplash/Christin Sandu

Meski sejak pandemi ini pihak maskapai semakin memperketat kebersihan pesawat, tapi tidak ada salahnya jika kamu membersihkan area kursi kamu. 
 
Sebelum duduk, sebisa mungki bersihkan kursimu dengan tisu basah. Tidak sampai disitu, kamu juga bisa membersihkan jendela, meja lipat dan tempat majalah. Setelah itu buang tisu basah dan bersihkan tanganmu dengan hand sanitizer. 
 
New normal memang memaksa kamu untuk terbiasa hidup dengan virus corona, tapi bukan berarti kamu menyepelakan protokol kesehatan apalagi saat di dalam pesawat. 
 
Agar bisa sama-sama terhindar dari virus corona, kita perlu untuk lebih peduli dengan kebersihan diri sendiri dan juga membuat orang lain di sekitar merasa nyaman. 
 
Jadi, jika kamu merasa tidak memiliki kepentingan yang begitu berarti, tundalah untuk pergi menggunakan pesawat hingga kondisi benar-benar aman. 
 


suka
terinspirasi
terhibur
bangga


0 Komentar