Lifestyle

29 October 2019

Perasaan Insecure Jangan Dibiarkan, Coba Usir Pelan-pelan!

Kamu juga spesial, jadi jangan mudah merasa insecure ya
1028 Views
Perasaan Insecure Jangan Dibiarkan, Coba Usir Pelan-pelan! Pexels/Thnh Phng
Merasa gelisah dengan kekurangan yang kamu miliki pada akhirnya menimbulkan perasaan cemas dan tidak aman, lambat laun perasaan tersebut mampu meruntuhkan dinding kepercayaan diri yang kamu miliki. Perasaan insecure seperti ini jangan dibiarkan begitu saja. Kamu punya keharusan untuk melawan dengan cara mengusirnya secara pelan-pelan.
 
Kenyataanya di luar sana banyak milenial yang merasakan perasaan insecure seperti ini. Jadi jangan pernah merasa bahwa hanya kamu yang mengalaminya. Mengusir perasaan insecure di dalam diri kuncinya ada diri kamu sendiri. Untuk memulai tahapannya, kamu bisa mulai dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Menerima kekurangan di dalam diri tanpa perasaan tertekan

Menerima kekurangan di dalam diri tanpa perasaan tertekan Unsplash/Franciele Cunha

Pernah melihat ada seseorang yang memiliki kehidupan begitu sempurna? Percaya deh, itu hanya ada dipikiranmu saja, karena kata sempurna tidak pernah bisa melekat pada manusia. Kamu dan semua orang yang dianggap memiliki kehidupan sempurna pada kenyataanya sama saja, sama-sama memiliki kekurangan. hanya bedanya kamu tahu kekurangan diri kamu sendiri, dan kamu tidak tahu kekurangan dari mereka.
 
Proses menerima kekurangan di dalam diri dengan lapang mampu menghindari kamu dari perasaan tertekan. Tanpa perasaan tertekan, kamu bisa memikirkan cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaikinya sedikit demi sedikit atau menutupinya dengan cara menonjolkan kelebihan yang kamu punya.

2. Tonjolkan kelebihan yang kamu miliki

Tonjolkan kelebihan yang kamu miliki Unsplah/Omar Yehia

Perasaan insecure selalu memunculkan daftar kekurangan yang ada pada diri kamu. Padahal dari sekian banyak daftarnya tetap ada satu kelebihan yang kamu miliki. Daripada pusing memikirkan semua kekurangan yang ada, belajarlah untuk bisa menonjolkan kelebihan yang kamu punya.
 
Pemikiran seperti ini akan membantu kamu untuk bisa meningkatkan kepercayaan diri dan tidak pernah malu untuk menunjukkan apa yang kamu miliki sekarang. Cara ini membuat hidup yang kamu jalankan terasa lebih ringan dan menyenangkan. 
 
Baca Juga

3. Pilih orang yang ingin kamu bahagiakan

Pilih orang yang ingin kamu bahagiakan Unsplash/Duy Pham

Sebagai manusia kamu tidak memiliki kemampuan untuk bisa menyenangkan semua orang, tapi kamu bisa memilih siapa saja orang yang ingin kamu buat bahagia. Berbagai lontaran atau ucapan yang terdengar jahat dari orang lain jangan sampai merusak semua yang sudah kamu bangun. Kamu memang tidak bisa menutup mulut mereka satu persatu, tapi kamu bisa menutup telinga dan terus berkarya. 
 
Memilih siapa saja yang ingin kamu bahagiakan sangat membantu agar bisa terlepas dari perasaan insecure. Ini bisa terjadi karena kamu di kelilingi orang baik yang tulus memberikan energi positif dan semangat yang mereka miliki untuk mendukung kamu. Dukungan dari orang yang kamu cintainya mampu menjadi obat yang paling tepat untuk terbebas dari perasaan insecure.

4. Belajar untuk bersikap bodo amat

Belajar untuk bersikap bodo amat Unsplash/Henry Be

Meski memiliki konotasi yang kurang baik, belajar untuk bersikap bodo amat penting agar kamu tidak mudah merasa down saat dapat kabar kurang menyenangkan tentang diri kamu. Sikap bodo amat membuat kamu terhindar dari perasaan mudah stres dan menjalani hidup sesuai dengan ekspektasi yang kamu punya bukan orang lain.
 
Sikap cuek seperti ini akan membuat kamu tetap percaya diri, karena meski ada sesuatu yang tidak berjalan dengan lancar kamu tetap percaya, bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik dan tahu persis seperti apa proses yang kamu lalui. Jadi tetap layak untuk diapresiasi.

5. Alihkan dengan fokus pada aktivitas harian kamu

Alihkan dengan fokus pada aktivitas harian kamu Unsplash/Avi Richards

Mengalihkan semua perasaan khawatir dengan fokus pada aktivitas harian yang sedang kamu lakukan akan sangat lebih berguna. Sibuk dengan kegiatan yang sekarang kamu kerjakan, akan menyisakan waktu sedikit untuk berpikir tentang sesuatu yang sebenarnya tidak perlu dipusingkan.
 
menyibukkan diri akan membuat pikiran kamu teralihkan dan mengusir secara perlahan perasaan insecure yang sempat muncul di dalam diri. Mulai besok buat to do list kegiatan apa yang perlu kamu lakukan dan sebisa mungkin buat diri kamu sibuk.
Membiarkan perasaan insecure hanya akan menjadi bom waktu yang bisa meruntuhkan kepercayaan diri kamu. Cobalah untuk mengusirnya secara perlahan dan jalani hari dengan penuh rasa syukur.
 
Memiliki kesempatan memiliki pekerjaan, sahabat, pasangan, dan keluarga merupakan sebuah anugrah yang kamu miliki sekarang. Jadi jangan biarkan perasaan insecure yang menyelimuti diri membuat kamu melupakan mereka semua. Tanamkan dalam hati bahwa kamu itu sangat beruntung!
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar