Business Tips

11 February 2020

Peran Data dalam Membangun Ide Kreatif untuk Iklan

Data membantu brand berkomunikasi dengan baik
295 Views
Peran Data dalam Membangun Ide Kreativitas untuk Iklan Unsplash/Miguel Angel Sanz
Ad blocker diciptakan tentu bukan tanpa alasan dan faktor kenyamanan audiens menjadi hal yang paling mendasar. Audiens menerapkan ad blocker di browser mereka bukan hanya karena tidak ingin melihat iklan, tapi sebisa mungkin mereka menghindari iklan-ikaln yang dianggap mengganggu. 
 
Dari sekian banyak iklan yang tayang dan wara-wiri di browser, pasti hanya sedikit iklan yang membuat kamu tertarik untuk melihatnya. Iklan menjadi kegiatan promosi yang dilakukan oleh semua brand, tapi tidak semua iklan yang ciptakan berkenan di hati audiens.
 
Faktor kreativitas menjadi barang yang mahal dalam proses pembuatan iklan. Selain ide dan konsep yang segar untuk memunculkan kreativitas, peran data juga tak kalah besar. Agar dapat menciptakan iklan yang segar dengan ide kreatif, berikut manfaat dari data yang bisa kamu gunakan.

1. Mengetahui faktor interest

Mengetahui faktor interest Unsplash/John Schnobrich

Ada begitu banyak masyarakat yang tinggal di Indonesia dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Tentunya untuk menarik perhatian mereka semua dalam bentuk iklan menjadi faktor yang sangat sulit.
 
Mengerucutkannya dalam kategori interest, menjadi langkah yang bisa kamu lakukan lewat data. Melalui data interest, kamu sebagai marketers atau tim kreatif bisa menimbang-nimbang dan memilih konten seperti apa yang membuat audiens dengan interest tertentu menyukainya.
 

2. Memahami perilaku audiens

Memahami perilaku audiens Unsplash/Jens Johnsson

Peran data selanjutnya untuk memahami perilaku audiens. Di dunia nyata perilaku audiens saja begitu beragam, apalagi di dunia maya di mana semua hal semakin mudah dan serba cepat hanya dengan satu klik.
 
Memahami perilaku audiens dengan baik, sangat membantu kamu dalam proses pengembangan serta kreativitas ide dalam perencanaan sebuah iklan. Sehingga pesan yang ingin disampaikan lewat iklan dapat tersalurkan dengan baik.

3. Dapat memilih bahasa yang sesuai

Dapat memilih bahasa yang sesuai Unsplash/Takashi Watanabe

Memilih gaya bahasa yang tepat akan memudahkan brand dalam melakukan komunikasi dengan audiens. Bahasa yang sesuai menjadikan komunikasi antara brand dan konsumen berjalan dengan lancar dan akhirnya bisa menghasilkan feedback positif. Feedback positif dengan jumlah viewers yang besar dapat diartikan sebagai respon positif dari audiens terhadap iklan yang telah ditayangkan.

4. Dapat menemukan konsep ide yang baru

Dapat menemukan konsep ide yang baru Unsplash/Diggity Marketing

Memiliki rekomendasi dari banyak sumber jadi suatu hal yang lumrah dalam proses pencarian ide. Tapi jangan biarkan rekomendasi yang kamu miliki buat kamu menghasilkan karya yang sama.
 
Kreativitas dalam beriklan adalah proses tanpa batas dan menjadi sebuah seni dalam berkomunikasi dengan para audiens. Jadi, jangan biarkan ide kamu jadi tidak bisa berkembang karena referensi yang kamu sukai. Lewat data kamu bisa melihat banyak hal yang tak terduga dan bisa menjadi referensi selanjutnya dalam membuat konsep ide yang baru dan segar.
 
Era digital menjadikan setiap marketers hingga tim kreatif memahami pentingnya peran data untuk bisa menghasilkan konsep iklan dengan kreativitas yang tinggi. Jika dahulu media sosial dan Google Analytics jadi wadah penghasil data yang bisa digunakan untuk memberikan informasi tentang audiens, sekarang WiFi Advertising Platform menjadi media yang tak kalah powerful dalam menyajikan data analisis yang bisa digunakan untuk pemasaran.
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar