Business Tips

29 January 2020

Pentingnya Memahami Consumer Behaviour Bagi Bisnis

Kenali siapa konsumenmu dengan baik!
448 Views
Pentingnya Memahami Consumer Behaviour Bagi Bisnis Unsplash/Frankie Cordoba
Sebuah bisnis tercipta dengan misi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, untuk itu memahami consumer behaviour dengan baik menjadi sangat penting. Tanpa mengenal kebiasaan konsumen, mustahil untuk menciptakan produk yang dapat memenuhi kebutuhan mereka.
 
Perilaku konsumen yang terus berubah menjadi tantangan yang harus dihadapi setiap bisnis. Sehingga dengan selalu update dan memperdalam informasi tentang apa yang disukai dan butuhkan lewat customer behaviour akan sangat membantu kamu dalam menciptakan sebuah produk. Untuk itu, kali ini penjelasan tentang costumer behaviour menjadi insight yang bisa kamu terapkan saat ingin membangun bisnis.
 
 

Cara Mengenali Consumer Behaviour

Cara Mengenali Consumer Behaviour Unsplash/Dane Deaner

Agar dapat mengenali consumer behaviour dengan baik, ada beberapa langkah yang perlu diterapkan bagi kamu pemilik binsis atau yang baru berniat ingin memulai bisnis.

1. Temukan apa yang jadi kebutuhan calon konsumen

Secara garis besar kebutuhan manusia dibagi menjadi 3 kategori, primer, sekunder, dan tersier, tapi masing-masing dari kategori tersebut sudah memiliki banyak pilihan produk. Lantas, bagaimana produk kamu bisa menarik perhatian calon konsumen? 
 
Pertanyaan di atas bisa diatasi dengan menerapkan consumer behaviour. Mulailah temukan apa yang menjadi kebutuhan calon konsumen kamu. Apa yang mereka harapkan dan apa yang mereka sukai lalu wujudkan dalam bentuk produk. 
 
2. Lakukan riset pasar
 
Saat melakukan riset pasar itu artinya kamu tidak hanya meneliti tentang siapa dan seperti apa pesaing kamu, tapi kamu harus melakukan riset yang lebih detail lagi untuk mendapatkan hasil yang jauh maksimal. Perhatikan juga kondisi perekonomian Indonesia, kebijakan yang pemerintah terapkan, hingga teknologi yang sedang berkembang.
 
3. Apa yang memengaruhi perilaku konsumen

Setiap orang memiliki perilaku yang berbeda-beda, tentu hal tersebut tak lepas dari banyak faktor. Kali ini kamu harus memahami apa saja berbagai faktor tersebut untuk menciptakan produk yang nantinya mampu memuaskan calon konsumen. Breakdown semua faktor tersebut ke dalam beberapa kategori, mulai dari jenis kelamin, usia, tempat tinggal, hingga gaya hidup, 

Manfaat Memahami Consumer Behaviour

Manfaat Memahami Consumer Behaviour Unsplash/Kayle Kaupanger

Ada banyak hal bermanfaat yang bisa kamu dapatkan saat memahami consumer behaviour dan itu menjadikan bisnis kamu semakin berkembang.
 
1. Mampu menciptakan produk yang sangat dibutuhkan
2. Dapat meningkatkan pelayanan produk
3. Mampu meningkatkan kepuasan pelanggan
4. Mampu merubah konsumen menjadi loyal 
 
Melihat pentingnya memahami customer behaviour, kamu sebagai pegiat bisnis cobalah mulai menerapkan beberapa cara melakukannya. Tak hanya membuat bisnis yang kamu jalankan menjadi sukses, tapi kamu bisa membuat produk yang kamu tawarkan memiliki artinya yang begitu penting di pasaran. 
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar