Business Tips

19 March 2019

Mobile Marketing Cara Terbaik Menjangkau Milenial dan Generasi Z

Sekarang adalah eranya mobile marketing
220 Views
Mobile Marketing Cara Terbaik Menjangkau Milenial dan Generasi Z Unsplash/Eliott Reyna
Kenapa sekarang adalah eranya mobile marketing? Jika pertanyaan ini dilontarkan kepada diri kamu sendiri, kamu pasti sudah bisa menebak apa jawabannya. Hampir setengah waktu kita dalam sehari dihabiskan dengan melakukan aktivitas di smartphone, khususnya bagi milenial dan geneasi Z. 
 
Keberadaan smartphone menggeser banyak kebiasaan, termasuk dalam hal belanja. Survei belanja online Indonesia 2018 yang dilakukan oleh Marketeers dan Snapcart mengungkapkan, masyarakat Indonesia melakukan belanja daring sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu atau jika dipersentase angkanya mencapai 27% dengan didominasi oleh milenial dan generasi Z.  
 
Menghabiskan banyak waktu dengan smartphone dan aktif belanja daring tentunya dimanfaatkan banyak brand untuk melakukan mobile marketing. Meski penetrasi iklan dari TV masih terbilang lebih tinggi terhadap iklan yaitu mencapai angka 25%, tapi kenyataanya peran digital juga mampu menyainginya hingga menembus angka 21%. Lantas apa yang bisa dilakukan mobile marketing untuk menjangkau milenial dan generasi Z?

1. Membuat konten lebih bervariasi

Membuat konten lebih bervariasi https://blog.crello.com

Saat kreativitas tidak ada batasnya mobile marketing hadir untuk menjadi wadah terbaik dalam menuangkan semua ide menjadi bentuk iklan. Mobile marketing tidak pernah membatasi konten seperti apa yang bisa di publish terlepas dari aturan sara dan lainnya. 
 
Membuat konten yang bervariasi menjadi keunggulan mobile marketing yang tidak hanya terpaku pada gambar atau video saja. Saat memilih media sosial seperti Facebook misalnya, kamu bisa menggunakan begitu banyak format untuk membuat konten, misalnya karosel, slide share. Jika beralih ke Instagram, kamu dengan mudah membuat konten insta story untuk meraih banyak konsumen.

2. Mampu merekam perilaku audiens

Mampu merekam perilaku audiens Unsplash/Georgia de Lotz

Lain halnya dengan billboard, televisi, dan radio nyatanya lewat mobile marketing brand mampu merekam bagaimana perilaku audiens terhadap iklan yang diberikan lewat smartphone mereka. 
 
Mengetahui seberapa tinggi interaksi yang terjalin antara brand dengan audiens dalam sebuah konten iklan, tentunya akan menjadi insight yang penting dalam membuat konten iklan yang lebih menarik dan menghasilkan engagement yang lebih tinggi untuk iklan selanjutnya.

3. Menentukan konten yang tepat

Menentukan konten yang tepat Instagram/Cocacola_id

Setiap brand pasti memiliki target market yang berbeda-beda, untuk itu tidak semua konten iklan yang berikan akan berhasil. Lewat mobile marketing, brand akan dengan mudah menemukan konten iklan seperti apa yang lebih disukai dan menghasilkan interaksi yang tinggi. 
 
Lewat data yang telah direkam, tentunya brand bisa belajar untuk membuat konten yang lebih berpengaruh terhadap audiens mereka. Konten yang bagus saja tidak akan pernah cukup, karena definis bagus setiap orang berbeda-beda dan relatif, untuk itu dengan melihat hasil konten iklan sebelumnya, kamu sebagai brand bisa memikirkan konten seperti apa yang paling cocok dengan audiens yang dimiliki.

4. Mudah menjangkau banyak audiens

Mudah menjangkau banyak audiens Pexels/Brett Sayles

Ketimbangan melakukan pemasaran secara tradisional, mobile marketing membuka peluang yang lebih besar untuk menjangkau lebih banyak audiens yang nantinya bisa menjadi konsumen. 
 
Saat smartphone bukan menjadi barang mahal lagi dan hampir semua orang memilikinya, tentu menjangkau lebih banyak audiens dengan mobile marketing sangatlah mungkin untuk dilakukan, bahkan peluangnya sangat besar. 

5. Memungkinkan selalu terhubung dengan audiens

Memungkinkan selalu terhubung dengan audiens www.accengage.com

Mobile marketing memungkinkan brand akan selalu terhubung dengan para audiens mereka. Hal ini bisa terjadi karena konten iklan tersebut bisa dilihat secara berulang-ulang di website atau media sosial. 
 
Selain itu untuk beberapa brand yang memiliki aplikasi di Apps store atau Play store, keberadaan notification yang selalu muncul di bar atas smartphone menjadi angin segar yang membuat para konsumen selalu ingat dan update dengan info atau promo dari brand tersebut.


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar