Lifestyle

25 June 2019

Milenial, Hindari 5 Sifat Ini Agar Berhasil Mengatur Keuangan Pribadi

Coba hindari sifat ini agar keuangan kamu nggak menjerit!
424 Views
Milenial, Hindari 5 Sifat Ini Agar Berhasil Mengatur Keuangan Pribadi Freepik/Jcomp
Selain masalah percintaan yang kerap melanda milenial, kesulitan mengatur keuangan pribadi juga tidak kalah menjadi perbincangan yang hangat di setiap kesempatan. Kebiasaan harus mengirit pengeluaran di setiap akhir bulan menjadi bukti, bahwa banyak milenial yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan pribadi mereka. 
 
Mencari pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan tambahan sering menjadi jalan yang dipilih milenial, padahal masalahnya bukan terletak pada gaji yang mereka hasilkan setiap bulannya, tapi sifat-sifat yang sebenarnya memberikan dampak buruk bagi keuangan namun sayangnya sering diabaikan. Sifat-sifat ini jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya penanganan hanya akan membuat gaji kamu selalu habis tanpa sisa setiap bulannya.
 
Sifat mudahnya mengeluarkan uang tanpa perencanaan yang jelas hanya mengakibatkan kamu menjadi pribadi yang konsumtif dan membuat gaji kamu habis tanpa sisa. Agar kamu bisa mengatur keuangan dengan bijak, 5 sifat ini perlu kamu hindari agar keuangan kamu tidak mudah menjerit saat memasuki akhir bulan.

1. Keseringan membeli barang dengan kualitas rendah

Keseringan membeli barang dengan kualitas rendah Unsplash/Adli Wahid

Coba tanya pada diri kamu sendiri seberapa sering kamu membeli barang selama satu bulan? Jika jawabannya sering, kamu sepertinya perlu untuk menguranginya mulai dari bulan ini. Keseringan membeli barang khususnya belanja online dengan kualitas barang yang rendah hanya akan membuat pengeluaran kamu lebih banyak, karena barang tersebut tidak bisa bertahan lama.
 
Membeli barang dengan kualitas bagus bukan berarti sebagai bentuk ingin gaya, tapi sebagai wujud kesadaran akan uang yang akan kamu keluarkan. Barang kualitas bagus tidak harus selalu dengan merek terkenal, tapi kamu bisa memilih brand lokal dengan kualitas yang tidak kalah bagus.

2. Mudah menyetujui ajakan teman berburu diskon

Mudah menyetujui ajakan teman berburu diskon Pexels/Mentatdgt

Siapa yang merasa gatal ingin berbelanja saat ada diskon besar-besaran? Nah, biasanya berburu diskon ini sering dilakukan saat ada ajakan dari teman dan kamu dengan senang hati ikut menemaninya. Mungkin awalnya hanya menemani dan melihat-lihat saja, tapi pada akhirnya kamu juga ikut berbelanja padahal pengeluaran untuk barang baru sudah tidak ada.
 
Sifat mudah menyetujui ajakan teman untuk berburu diskon ini yang sering membuat kamu kesulitan di akhir bulan. Jadi ada baiknya kamu mulai mencoba untuk menolaknya secara perlahan jika kamu merasa anggaran sudah tidak ada. Langkah ini diambil agar uang jajan kamu tidak mudah habis dalam satu bulan.
 
Baca Juga:

3. Sering ikut-ikutan berlangganan hiburan

Sering ikut-ikutan berlangganan hiburan Unsplash/Freestocks.org

TV kabel, Viu, Netflix, atau Spotify merupakan hiburan yang bisa kamu nikmati secara lebih leluasa dengan cara ikut berlangganan. Mungkin bagi kamu yang hobi sekali menonton, berlangganan Netflix bisa jadi pilihan yang tepat, tapi jika kamu tipe orang yang jarang menonton ada baiknya buang jauh-jauh keinginan untuk berlangganan. 
 
Kamu yang memiliki waktu super sibuk dan jarang berada di rumah, memilih tidak menggunakan TV berkabel menjadi pilihan yang paling tepat. TV kabel hanya akan membuat pengeluaran kamu bertambah, padahal kamu jarang menggunakannya. Sebagai gantinya, kamu bisa mencari hiburan gratis yang bisa kamu akses hanya dengan bermodal kuota atau dengan menggunakan fasilitas free WiFi di beberapa lokasi HIGOspot

4. Mudah mengeluarkan uang untuk jajan di luar

Mudah mengeluarkan uang untuk jajan di luar Unsplash/Vernon Raineil Cenzon

Sesekali jajan di luar bukanlah masalah, tapi kalau kamu merasa intensitasnya sudah berubah menjadi sering, segeralah untuk menghentikannya. Terlalu mudah mengeluarkan uang meski nominalnya sedikit hanya untuk jajan di luar tetap akan berpengaruh bagi kesuksesan kamu dalam mengatur keuangan.
 
Mencoba untuk memberikan jeda setiap kamu merasa ingin jajan dan menerapkan dengan disiplin menjadi langkah awal yang baik untuk menyelamatkan keuangan kamu dari sifat boros. Karena biasanya, sifat tidak mudah menahan jajan yang paling sering membuat pengeluaran kamu membengkak setiap bulannya.

5. Mudah berhutang dengan teman

Mudah berhutang dengan teman Pexels/Rawpixel

Kebiasaan belanja bersama teman biasanya akan menimbulkan utang piutang nih. Meski nominalnya tidak besar tapi jika terlalu sering, kamu akan kerepotan sendiri untuk membayarnya dan bisa menjadi kebiasaan buruk. Mudah berhutang dengan teman sendiri menjadi sifat selanjutnya yang wajib kamu hindari, karena pengeluaran kamu jadi sulit terkontrol.
 
Kelima sifat di atas sebisa mungkin harus kamu rubah atau hindari, karena hanya akan menyulitkan kamu dalam mengatur pengeluaran. Perlu ditanamkan dalam hati, bahwa akan sangat menyedihkan setelah kerja bertahun-tahun kamu tetap tidak bisa menabung atau berinvestasi karena tidak bisa mengelola keuangan secara bijak.
 
Baca Juga:


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar