Business Tips

22 May 2019

Mengambil Peluang Bisnis Kedai Kopi yang Makin Populer di Indonesia

Agar kamu makin siap membuka kedai kopi baru
3363 Views
Mengambil Peluang Bisnis Kedai Kopi yang Makin Populer di Indonesia Unsplash/Brooke Cagle
Menghabiskan waktu untuk sekedar bersantai atau bertemu teman di kedai kopi rasanya sudah menjadi tren yang lekat dengan masyarakat Indonesia. Tingginya antusias masyarakat ini tentu tidak lepas dari banyaknya kedai kopi yang tidak hanya menawarkan varian kopi yang nikmat, tapi juga menjual ambience yang nyaman dan juga unik. Tren menjual ambience di kalangan pebisnis kedai kopi akhirnya menjadikan Indonesia masuk daftar negara konsumsi kopi terbesar di dunia dengan urutan keenam pada tahun 2016/2017.
 
Di kota besar seperti Jakarta, pertumbuhan keda kopi setiap tahunnya diperkirakan mencapai 10 persen atau sekitar 1.500, sedangkan di kota seperti Bandung dan Bali pertumbuhannya cukup baik yang mencapai angka 7 persen. Sehingga dapat disimpulkan jika setiap tahunnya selalu ada kedai kopi baru dan itu menandakan bahwa, menjalankan bisnis kedai kopi masih terbilang memiliki peluang yang sangat besar. Namun kamu harus memikirkan apa keunikan yang bisa kamu tawarkan dari kedai kopi yang ingin kamu buat. Lantas hal apa saja yang dibutuhkan jika kamu berkeinginan untuk membuka bisnis kedai kopi?

Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuka Bisnis Kedai Kopi

1. Tetapkan konsep yang jelas dan unik

Tetapkan konsep yang jelas dan unik Unsplash/Hannah Olinger

Sebelum membuka kedai kopi, cobalah buat survei ke beberapa kedai kopi yang populer di Jakarta. Tidak hanya berkunjung lalu pergi, tempatkanlah diri kamu sebagai pengunjung yang benar-benar sedang menikmati secangkir kopi dan analisa bagaimana rasa kopinya, suasana yang ditawarkan, bagaimana pelayananya, dan siapa saja pengunjungnya. Setalah itu cobalah tulis apa saja kekurangan dari semua kedai kopi tersebut dan hadirkan kekurangan itu di kedai kopi milikmu nanti.

2. Ciptakan signature kopi

Ciptakan signature kopi Unsplash/Nathan Dumlao

Hampir di setiap kedai kopi memiliki varian kopi yang hampir sama, ada Latte, Americano, Espresso, Machiatto dan masih banyak lainnya. Untuk membedakan kedai kopi milikmu nanti, mulailah untuk membuat signature kopi yang berbeda dari kedai kopi lainnya. Kamu bisa berkreasi dengan campuran kopi, susu, creamer dan buat minuman yang hanya bisa ditemukan di kedai kopi milikmu dan jangan lupa rasanya juga harus enak. 

3. Tentukan lokasi yang strategis

Tentukan lokasi yang strategis Unsplash/Patrick Tomass

Lokasi menjadi penentu yang juga sangat penting untuk diperhatikan. Kamu akan sulit mendapatkan banyak pelanggan baru jika lokasi kedai kopi kamu sulit untuk ditemukan. Pastikan juga lokasi yang kamu pilih memang sering dilewati oleh target konsumen yang kamu incar. Misalnya kamu menyasar target konsumen kaum urban, sehingga memilih lokasi di sekitar Sudirman, Tebet atau, Kuningan menjadi lokasi yang tepat.

4. Pilih supplier kopi yang tepat

Pilih supplier kopi yang tepat Unsplash/Andrew Spencer

Supplier kopi yang tepat akan sangat membantu kamu mendapatkan kopi kualitas terbaik yang dibutuhkan. Setiap supplier memiliki kualitas kopi dan harga yang berbeda-beda, untuk itu mulailah survei supplier mana yang paling cocok dengan kualitas kopi yang ingin kamu sajikan kepada pelanggan. Memiliki supplier yang tepat akan sangat membantu kamu dalam menjalankan bisnis kedai kopi ini. 

5. Berikan ambience yang berbeda

Berikan ambiance yang berbeda Unsplash/Nathan Dumlao

Jika dahulu seseorang pergi ke kedai kopi hanya untuk menyicipi racikan kopi yang disajikan lain halnya dengan sekarang. Menghabiskan waktu untuk sekedar bersantai di kedai kopi, melakukan meeting, hingga mengerjakan tugas sudah menjadi gaya hidup yang lekat dengan kebiasaan banyak orang, khususnya di perkotaan.
 
Kedai kopi mulai beralih fungsi menjadi tempat nongkrong yang menyenangkan dengan suguhan ambience yang diberikan. Membuat pengunjung betah berlama-lama di kedai kopi menjadi tujuan yang diinginkan oleh pemilik bisnis, jadi tak heran jika hampir semua kedai kopi berlomba-lomba menciptakan suasana yang nyaman lengkap dengan fasilitas free wifi.

Strategi Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula

Strategi Bisnis Kedai Kopi Bagi Pemula Unsplash/William Iven

Peluang yang terbuka lebar dengan tambahan banyak pesaing setiap tahunnya menjadi PR besar bagi kamu yang ingin membuka kedai kopi. Agar mampu bersaing dengan kedai kopi yang lebih dahulu populer, diperlukan strategi pemasaran yang tepat. 
 
Kamu bisa mulai dengan membuat akun Instagram, selain mudah dalam melakukan promosi aplikasi ini juga bisa kamu gunakan secara gratis. Untuk bisnis B2C (Business to Customer) seperti kedai kopi, menggunakan Instagram sebagai media promosi menjadi pilihan yang sangat tepat. Buatlah bio yang menjelaskan bisnis kamu, apa yang membuat kamu berbeda, dan di mana audiens bisa menemukan kedai kopi kamu. 
 
Setelah itu buat konsep foto yang menarik untuk di feed dan raih lebih banyak awareness audiens lewat Instagram Story. Beralih dari Instagram, saat kamu sudah memiliki banyak informasi dari audiens di Instagram kamu bisa mulai mencoba strategi email marketing. Banyak email marketing tools gratis yang bisa kamu gunakan namun dengan jumlah subscribers yang tidak lebih dari 2000. 

Beberapa Kedai Kopi Populer di Jakarta

Di Jakarta ada banyak kedai kopi yang sudah terlebih dahulu populer. Agar kamu memiliki insight lebih tentang seperti apa kedai kopi yang sering dicari banyak orang, beberapa kedai kopi ini bisa jadi referensinya.

1. Di bawah Tangga

Di bawah Tangga Instagram/Di.bawahtangga

Kamu yang suka hangout di Gandaria City pasti sudah familiar dengan kedai kopi yang satu ini. Selain terkenal karena namanya yang unik dan benar-benar berada di bawah tangga eskalator, kedai kopi Di Bawah Tangga juga terkenal karena harganya yang murah tapi kualitas kopinya juga juara.
 
Cukup mengeluarkan uang Rp19 ribu, kamu sudah menikmati sajian kopi yang menjadi signature di sini yaitu Es Kopi Susu Kampung. Kedai kopi yang dimiliki oleh aktor tampan Nino Fernandez ini sudah memiliki beberapa cabang seperti di SCBD, Blok M, Sarinah Building, dan juga Wisma Mulia City Plaza.
 
Baca Juga:

2. Kopi Janji Jiwa

Kopi Janji Jiwa Instagram/Kopijanjijiwa

Siapa yang sering pesan kopi dari kedai yang satu ini? Saat kemunculannya, kedai kopi ini sudah menarik banyak perhatian masyarakat dari namanya yang mudah diingat. Kedai Kopi Janji Jiwa sudah bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai mall besar di Jakarta, bahkan beberapa kedainya bisa kamu temukan di jalan besar dengan konsep minimalis namun tetap cantik. Selain olahan kopi, minuman tanpa kopi seperti susu atau matha dengan varian topping es krim, cincau, dan jelly juga bisa kamu dapatkan di sana.

3. Kopi Kenangan

Kopi Kenangan Instagram/Kopikenangan.id

Jika tadi ada Janji Jiwa sekarang kedai kopi yang satu ini juga tidak kalah menariknya. Memiliki banyak cabang yang tersebar di wilayah Jakarta, kedai Kopi Kenangan memang menarik dan mudah diingat dari pemilihan namanya. Kedai kopi ini mulai banyak diminati penikmat kopi Indonesia karena rasa kopinya yang bervariasi tapi juga ramah di kantong. Kamu yang masih sering ingat mantan, biar lebih berasa nostalgianya coba deh pesan Kopi Kenangan Mantan yang seger banget di tenggorokan.

4. Toko Kopi Tuku

Toko Kopi Tuku Instagram/Tokokopituku

Sebelum menjamurnya bisnis kedai kopi, Toko Kopi Tuku sudah mulai populer dengan racikan kopinya yang nikmat. Es Kopi Tetangga jadi signature di Toko Kopi Tuku ini. Konsep yang minimalis dan didominasi warna putih memang jadi andalan kedai kopi yang terletak di daerah Tanggerang Selatan ini. Meski di beberapa cabang tempat yang disediakan tidak begitu luas, namun kamu tetap merasa nyaman untuk menunggu pesanan kopi datang sambil menikmati free infuse water.

5. Filosofi Kopi

Filosofi Kopi Instagram/Filosofikopi

Kamu yang sering main ke daerah Blok M pasti akan mudah banget menemukan kedai kopi yag satu ini. Filosofi Kopi memiliki desain yang unik dari luar dan jadi kedai kopi yang ramai banget di jam-jam sore. Kedai kopi yang banyak buat orang penasaran karena menjadi lokasi syuting film dengan judul film yang sama ini dibuat oleh Rio Dewanto, Chicco Jerico, dan Angga Dwimas Sasongko.
 
Rasa yang nikmat, ambience yang nyaman, harga murah, fasilitas free wifi yang kenceng jadi paket komplit yang bisa kamu terapkan untuk bisnis kedai kopi milikmu nanti. Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan fasilitas free wifi untuk mengenal semua pengunjungmu layaknya teman dekat.
 
Dengan merubah fasilitas free wifi menjadi smart wifi dari HIGOspot kamu bisa merangkum semua informasi tentang pengunjungmu dalam satu dashboard. Cari tahu apa pendapat mereka dengan melakukan survei dan lihat seberapa sering mereka berkunjung ke kedai kopi milikmu.
 
Baca Juga:
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar