Lifestyle

16 January 2019

Masih Kesulitan Atur Waktu Kerja? Yuk, Terapin Hal Ini!

Biar kamu nggak dikejar deadline nih!
104 Views
Masih Kesulitan Atur Waktu Kerja? Yuk, Terapin Hal Ini! Masih Kesulitan Atur Waktu Kerja? Yuk, Terapin Hal Ini! Unsplash/Tim Gouw
Sering merasa bahwa 24 jam saja tidak cukup untuk meyelesaikan aneka tugas yang ada, atau bahkan kamu tidak memiliki hari libur karena tetap harus mengerjakan tugas yang belum selesai padahal deadline sudah di depan mata. Pernahkah kamu berpikir bahwa, banyak orang sukses di luar sana juga memiliki banyak kegiatan yang harus diselesaikan, tapi kenapa mereka masih tetap bisa meluangkan waktu untuk kesibukan yang lain?
 
Lalu, apakah ada yang salah dengan dirimu? Apakah cara kamu mengatur waktu menjadi masalah yang selama ini kamu hadapi, tapi kamu nggak menyadarinya. Bagi kamu yang masih kesulitan untuk mengatur waktu kerja, yuk coba terapin hal berikut ini.

1. Buat skala prioritas

Sebisa mungkin tidak menunda pekerjaan Sebisa mungkin tidak menunda pekerjaan Unsplash/Marten Bjork

Banyak pekerjaan sampai kamu merasa overload, jangan langsung diambil pusing. Buatlah skala prioritas, mana pekerjaan yang paling penting untuk diselesaikan terlebih dahulu. Jika kamu sudah membuat skala prioritas, dapat dipastikan pekerjaan lain akan diselesaikan dengan mudah dan sesuai dengan deadline yang ada. Jadi tak ada lagi kerja di hari libur deh.

2. Berikan estimasi waktu dari setiap pekerjaan

Kemampuan untuk mengatur waktu Kemampuan untuk mengatur waktu Unsplash/Gian Prosdocimo

Biasakan sebelum memulai pekerjaan, kamu memiliki estimasi waktu untuk menyelesaikannya. Cara ini menjadi patokan apakah kamu sudah keluar dari estimasi waktu yang telah ditentukan. Keluar dari estimasi waktu, berarti kamu akan mengambil waktu yang sebenarnya bisa kamu gunakan untuk melakukan hal yang lainnya. Sehingga kamu akan merasa bahwa setiap detik waktu yang terlewatkan begitu berharga.

3. Berikan jeda untuk setiap pekerjaan yang selesai

Berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan Berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan Unsplash/Rawpixel

Biasanya dalam sehari kamu tidak hanya menyelesaikan satu pekerjaan. Pasti ada beberapa pekerjaan yang menunggu kamu untuk diselesaikan. Saat satu pekerjaan telah selesai dilakukan, berikan jeda sedikit untuk kamu menghirup udara segar. Menyelesaikan pekerjaan tanpa henti membuat kamu merasa jenuh dan bosan, sehingga membuat kamu lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan.

4. Berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan

Berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan Berkomitmen untuk menyelesaikan pekerjaan Unsplash/Kaleidico

Kadang kita merasa jenuh dengan satu pekerjaan dan beralih ke pekerjaan selanjutnya. Nah, sebisa mungkin hindari melakukan hal tersebut. Selain mampu membuat waktu yang dihabiskan semakin banyak, pekerjaan yang kamu lakukan tidak akan selesai seratus persen. Jadi sebisa mungkin, selesaikan satu persatu, pastikan itu semua selesai dengan baik sehingga kamu bisa beralih ke pekerjaan selanjutnya. 

5. Belajar untuk berkata tidak

Belajar untuk berkata tidak Belajar untuk berkata tidak Unsplash/Rawpixel

Nggak adalah salahnya kok berkata tidak untuk sesuatu yang kamu rasa nggak sesuai dengan job desk yang diberikan. Sebagai orang yang menyelesaikan pekerjaan, kamu pasti lebih tahu berapa lama deadline yang pas untuk menyelesaikannya. Jadi jangan merasa bahwa kamu tidak mampu mengerjakan suatu hal secara cepat, karena setiap pekerjaan memiliki kesulitan dan tantangannya  masing-masing. 
 
Jadi jangan biarkan waktu kerja yang tidak teratur mengganggu kehidupan pribadi kamu. Kamu kan kerja bukan hanya untuk mencari uang, tapi juga untuk menikmati hasilnya. Nah, buat kamu masih sering kesulitan atur waktu kerja, coba tips di atas ya.
0 Suka