Tech & Social Media

10 September 2020

Lebih Kotor dari Dudukan Toilet, Ini Cara Membersihkan HP dari Bakteri

Setelah baca ini kamu pasti langsung bersihin hp
80 Views
Lebih Kotor dari Dudukan Toilet, Ini Cara Membersihkan HP dari Bakteri Freepik/Spukkato
Kamu pasti setuju hp jadi benda elektronik yang selalu ada di samping kamu setiap saat. Dari mulai bangun tidur, kerja, pulang kantor, hingga ingin tidur lagi, semua aktivitas yang kamu lakukan selalu melibatkan hp. 
 
Namun, jarang yang menyadari bahwa tangan yang sering memegang hp menjadi penyebab utama bersarangnya bakteri hingga kuman di hp. Belum lagi penggunaan hp di toilet, tentu menambah pertumbuhan bakteri yang tidak bisa dianggap remeh.
 
Penelitian yang dilakukan di Laboratorum Mikrobiologi Fakultas Ilmu Keperawatan & Kesehatan Universitas Muhammadiyah, Malang memaparkan, hp jadi habitat yang paling baik untuk bertumbuhan bakteri. Bahkan jenis bakteri yang ada di hp lebih banyak dan beragam ketimbang dari dudukan toilet. Efek samping dari menumpuknya bakteri di hp jika dibiarkan akan menimbulkan infeksi, diare hingga pneumonia.

Jenis Bakteri yang Ada di HP dan Efeknya Bagi Tubuh

Agar lebih peduli dengan kebersihan hp, kamu perlu tahu bakteri dan kuman apa yang sering bersarang di hp dan seperti apa efek sampingnya bagi tubuh, jika dibiarkan begitu saja. Berikut beberapa jenis bakteri dan efek sampingnya.

1. Escherichia Coli

Escherichia Coli www.thesun.co.uk

Kondisi tangan yang kotor saat berada di toilet sambil bermain hp, bisa membuat bakteri yang lebih dikenal dengan nama E. coli ini menempel di hp. 
 
Bakteri E.coli dengan tipe 0157 ini tidak bisa anggap enteng, karena efek sampingnya bagi tubuh dapat menyebabkan muntah-muntah, kram perut, hingga diare bercampur darah.

2. Staphylococcus Aureus

Staphylococcus Aureus www.biomerieux-industry.com

Bakteri yang mirip dengan anggur saat dilihat dari mikroskop ini, jadi bakteri dari keluarga Staphylococcus yang paling sering menyebabkan penyakit. 
 
Beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini antara lain, infeksi kulit yang ditandai dengan adanya pembengkakan di kulit dan di dalamnya terdapat nanah. Bahkan bakteri ini bisa menyebabkan Osteomielitis atau infeksi pada tulang.
 

3. Klebsiella spp

Klebsiella spp www.sciencemag.org

Bakteri selanjutnya yang sering menempel di ponsel adalah Klebsiella spp. Saat masuk ke dalam tubuh manusia, bakteri ini bertahan hidup di usus, hidung, hingga mulut.
 
Efek samping dari bakteri ini juga tidak bisa anggap sepele. Kamu tidak hanya mengalami demam, mual, atau muntah-muntah, tapi juga mengalami gangguan pernapasan.

4. Streptococcus

Streptococcus blog.microbiologics.com

Jenis bakteri ini memang biasa hidup di tubuh manusia, tapi pada gejala tententu bakteri ini dapat menimbulkan penyakit yang tergolong serius. 
 
Saat bakteri ini menimbulkan gejala infeksi, maka akan sangat berdampak pada kondisi tubuh seperti, mengganggu imun tubuh bagi penderita yang memiliki penyakit bawaan, mual, dan sakit kepala.

5. Coagulase Negative Staphylococci (CoNS)

Coagulase Negative Staphylococci (CoNS) www.nih.gov

Masih satu keluarga dengan bakteri staphylococci, CoNS sering menjadi penyebab infeksi yang terjadi di pembuluh darah. 
 
Bakteri inilah yang paling langganan menempel di hp. Terbukti dari penelitian yang dilakukan oleh Universitas Ghana yang mengungkapkan, 100 hp siswa yang dicek secara acak, 15% diantaranya terdapat bakteri CoNS di atas layarnya.

Cara Membersihkan HP dengan Benar

Membersihkannya secara berkala menjadi kewajiban yang perlu kamu lakukan. Agar hp kamu benar-benar terbebas dari 5 bakteri yang membahayakan, berikut caranya.

1. Rajin mencuci tangan setelah beraktivitas

Rajin mencuci tangan setelah beraktivitas Unsplash/Christin Hume

Membersihkan tangan setelah ke toilet tentu wajib dilakukan, tapi jangan hanya setelah kamu dari toilet ya. Kamu juga perlu mencuci tangan setelah menyentuh benda yang kamu anggap kotor dan juga setelah bersalaman. Tujuannya agar kebersihan hp tetap terjaga dan terhindari dari bakteri yang menimbulkan penyakit. 

2. Matikan daya ponsel

Matikan daya ponsel Unsplash/Dennis Cortés

Setelah tangan bersih, langkah pertama yang harus kamu lakukan dengan menonaktifkan hp. Tujuannya agar proses pembersihan lebih aman karena daya ponsel sedang tidak menyala.

3. Siapkan cairan alkohol 70%

Siapkan cairan alkohol 70% Freepik/Gballgiggsphoto

Cairan alkohol 70% sangat baik digunakan untuk membersihkan layar hp dari bakteri dan juga kuman. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, cairan alkohol 70% mampu membunuh virus Covid-19 yang menempel pada layar hp.

4. Gunakan kain microfiber

Gunakan kain microfiber Freepik/lazy_bear

Kain microfiber memiliki banyak serat ketimbang jenis kain lainnya. Sehingga kain ini sangat cocok digunakan untuk membersihkan layar hp karena mampu mengangkat lebih banyak bakteri dan virus yang menempel. 
 
Caranya tuangkan cairan alkohol ke atas kain microfiber dan usap pada bagian layar secara vertikal atau horizontal dengan lembut. Tujuannya agar tidak mengikis permukaan hp. 
 
Setelah kain digunakan, jangan lupa untuk mencucinya. Agar bakteri atau virus yang menempel mati dan kain bisa digunakan kembali.
Ternyata meski sepele, kebersihan layar hp begitu penting agar kamu terhindari dari bakteri yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. 
 
Jadi mulai hari ini saat kamu sudah merasa lenggang, kamu bisa membersihkan layar hp sesuai dengan aturan di atas. Jangan lupa kasih tahu orang terdekat kamu, agar layar hp mereka juga terbebas dari bakteri dan virus berbahaya.
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar