Lifestyle

3 June 2019

Lebaran Akan Lebih Bermakna Saat Kamu Melakukan Hal Berikut Ini

Pasti berhasil buat lebaran kali ini terasa beda
262 Views
Lebaran Akan Lebih Bermakna Saat Kamu Melakukan Hal Berikut Ini Instagram/Gitasav
Lebaran jadi momentum yang paling ditunggu setelah menjalakan ibadah puasa satu bulan penuh. Pasalnya kamu akan berkumpul bersama sanak saudara yang sudah jarang bertemu untuk saling bermaafan hingga temu kangen. Tapi sebenarnya bukan hanya sebatas itu saja makna lebaran, kamu juga perlu tahu kalau lebaran mampu membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
 
Membuat lebaran kali ini terasa lebih bermakna butuh kesiapan hati untuk melakukannya. Karena berbeda dengan dari tahun sebelumnya yang hanya menganggap ajang salam-salaman sebagai tradisi, kali ini kamu perlu meletakkan hati agar makna lebaran kali ini lebih terasa. Untuk itu beberapa hal berikut ini bisa kamu lakukan agar lebaran kali ini terasa lebih bermakna.

1. Memaafkan tidak hanya di mulut tapi juga di hati

Memaafkan tidak hanya di mulut tapi juga di hati Instagram/Dwihandaanda

Hayo siapa yang masih punya perasaan jengkel sama seseorang? Siapa pun yang salah, meminta maaf duluan adalah bukti bahwa kamu memiliki mental pemenang. Jangan sampai di mulut bilang sudah dimaafkan tapi di hati masih sebal, hal ini malah akan menyusahkan dirimu sendiri lho.
 
Membenci seseorang akan membuat energi kamu terbuang secara percuma, meluapkannya sebentar boleh-boleh saja tapi setelah itu lapangkanlah hatimu untuk memaafkannya. Hidup kamu akan lebih tenang dan damai saat tidak ada dendam di dalam hati. 

2. Suka bersilaturahmi bukan cuma sekedar basa-basi

Suka bersilaturahmi bukan cuma sekedar basa-basi Instagram/Megaiskanti

Niatkan dalam hati bahwa silaturahmi akan membangun networking yang lebih luas. Kita tidak pernah tahu di pintu mana rezeki selanjutnya akan terbuka, untuk itu jadikan momen silaturahmi bukan ajang basa-basi tanya kabar, tapi sebuah niat tulus dari dalam hati untuk mempererat hubungan.
 
Menjalin hubungan dengan banyak orang dan saling mempererat pertemanan tentu memberikan banyak manfaat. Kamu bisa saling bertukar informasi dan mendapat banyak pelajaran baru dari orang di sekitar, karena pengetahuan bukan hanya didapatkan dari bangku sekolah, tapi juga dari pengalaman orang lain.
 
Baca Juga:

3. Saling berbagi bukan hanya sekedar cari sensasi

Saling berbagi bukan hanya sekedar cari sensasi Instagram/Dianpelangi

Saling berbagi dengan sesama karena niat yang tulus bisa menjadi cara selanjutnya agar lebaran kali ini penuh makna. Ketulusan mungkin sulit untuk diukur, tapi kamu tetap bisa mengetahuinya dengan cara menanyakannya kepada diri sendiri.
 
Saat berbagi membuat kamu merasa bahagia, itu sudah menandakan bahwa kamu sudah memiliki rasa tulus dan bukan hanya sekedar untuk mencari sensasi. Dengan berbagi, rasa bahagia karena bisa bermanfaat dengan orang lain semakin bertambah besar.

4. Kumpul bareng keluarga bukan jadi ajang gosip

Kumpul bareng keluarga bukan jadi ajang gosip Instagram/Dianpelangi

Kegiatan yang satu ini perlu ekstra hati-hati, nih! Niat baik untuk kumpul bersama keluarga jangan sampai berakhir jadi ajang gosip ya. Meski hal ini terlihat biasanya, namun membicarakan orang lain tentu bukanlah hal yang dibenarkan, apalagi saat momen baik seperti lebaran.
 
Menjaga lisan untuk tetap berkata yang baik dan menyenangkan hati orang lain perlu kamu jaga. Jangan sampai kumpul keluarga menjadi kegiatan yang tidak baik, karena terlalu banyak energi negatif yang kamu serap ke tubuh dari ucapan yang tidak sedap di dengar telinga.

5. Tetap menebar kebaikan meski ramadan telah berakhir

Tetap menebar kebaikan meski ramadan telah berakhir Instagram/Megaiskanti

Tetap memupuk kebaikan meski ramadan telah berakhir menandakan bahwa puasa yang kamu lakukan telah berhasil. Saat puasa bukan hanya mengajarkan kamu tentang bagaimana arti sebenarnya dari menahan lapar dan dahaga, tapi juga rasa bahagia untuk saling menolong.
 
Di lebaran kali ini, makna lebaran akan jauh terasa berbeda saat bisa menjadikannya momen untuk saling mengoreksi diri sendiri dan melapangkan hati untuk saling memberi maaf dengan tulus. 
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar