Tech & Social Media

9 July 2019

Langkah Aman dan Nyaman Menggunakan WiFi Publik

Internetan lancar aman dan nyaman tanpa ngabisin kuota
30439 Views
Langkah Aman dan Nyaman Menggunakan WiFi Publik Unsplash/Brooke Cagle
Saat memilih sim card untuk smartphone pasti kamu memiliki alasannya tersendiri yah, entah karena paket kuota yang diberikan memiliki harga yang terjangkau atau karena kualitas sinyal yang dihasilkan memiliki performa yang baik. 
 
Kebutuhan akan internet yang menjadi wajib membuat apa pun sim card yang kamu pilih, bisa memberikan akses internet yang stabil di mana pun kamu berada, tapi pada kenyataanya tidaklah seperti itu. Sehingga ketersediaan WiFi publik sangat membantu untuk tetap bisa mengkases internet dengan mudah.
 
Fasilitas WiFi publik yang disediakan oleh pemerintah atau swasta pada kenyataanya dapat membantu kemudahaan akses internet di berbagai tempat. Namun banyak pihak yang mempertanyakan apakah WiFi publik itu aman untuk digunakan? Menjawab keresahan banyak orang, langkah ini bisa kamu lakukan agar bisa menggunakan WiFi publik dengan perasaan aman dan nyaman.

1. Pastikan SSID yang kamu gunakan sesuai dengan lokasi

Pastikan SSID yang kamu gunakan sesuai dengan lokasi http://higo.id/

Service Set Identifier yang disingkat menjadi SSID, merupakan nama yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan internet yang ada di sebuah lokasi. Sebelum terhubung ke WiFi publik, pastikan bahwa SSID yang kamu pilih sesuai dengan lokasi saat ini. Karena saat kamu mengaktifkan fitur WiFi ada banyak SSID yang muncul.
 
Selektif dalam memilih SSID penting untuk kamu lakukan saat ingin mengakses WiFi publik, tujuannya tentu agar kamu bisa berselancar di dunia maya tanpa rasa khawatir terkena serangan dari hacker.

2. Terdapat landing page untuk login

Terdapat landing page untuk login http://higo.id/

Untuk dapat mengakses WiFi publik biasanya kamu diwajibkan untuk memasukan sebuah password di landing page. Cara ini memang dirasa kurang nyaman, bahkan ada beberapa orang yang merasa malu untuk melakukannya.
 
Berkaca dari kasus tersebut, HIGO akhirnya membuat langkah yang lebih praktis agar setiap orang bisa dengan mudah menikmati fasilitas free WiFi di ruang publik, dengan cara login menggunakan media sosial atau alamat email yang mereka miliki.
 
Ketersediaan landing page login menjadi bukti bahwa akses WiFi publik di lokasi tersebut aman untuk kamu gunakan, karena ada proses yang harus kamu lakukan. 
 
Baca Juga:

3. Pastikan kamu tidak membuka konten yang sensitif

Pastikan kamu tidak membuka konten yang sensitif Unsplash/Kate Torline Veiqo Yaeis

Tujuan dari ketersediaan WiFi publik tentu membantu setiap orang untuk bisa mengakses internet dengan lancar tanpa takut kehabisan kuota. Saat mengakses menggunakan WiFi publik pastikan kamu menghindari konten sensitif. 
 
Maraknya konten negatif yang tidak layak untuk dikonsumsi memiliki situs yang tidak aman untuk dikunjungi bahkan rentan membawa virus. Sehingga menjauhi situs yang menyediakan konten negatif perlu kamu hindari saat menggunakan WiFi publik.

4. Pastikan sistem operasi device kamu selalu update

Pastikan sistem operasi device kamu selalu update Unsplash/Qi Bin

Saat ada notifikasi pembaruan sistem operasi, pastikan bahwa kamu bersedia untuk melakukannya. Meski banyak orang yang merasa khawatir tentang ketersediaan memori dari perangkat mobile, kamu bisa sinkronikasikan semua data ke icloude dan hapus data yang ada di memori. Dengan begitu kamu masih tetap bisa melakukan update sistem operasi.
 
Sering melakukan update sistem operasi tidak hanya membuat device kamu aman untuk mengakses WiFi publik, tapi juga kebal dari segi keamanan sehingga tidak mudah terkena virus atau diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Kamu bisa mengaktifkan firewall

Kamu bisa mengaktifkan firewall Unsplash/Tinh Khuong

Untuk membuat kamu merasa lebih aman, mengaktifkan Firewall dari laptop atau mobile bisa menjadi pilihan. Meski proteksi yang diberikan Firewall tidaklah menyeluruh, tapi cara ini bisa memonitor koneksi internet yang masuk atau keluar dari device yang kamu gunakan. 
 
Pada windows, untuk mengaktifkan Firewall mulailah dengan klik menu Control Panel, pilih System and Security dan klik tombol turn on Firewall.
 
Memilih lokasi sebelum mengakses WiFi publik sangat penting untuk kamu perhatikan. HIGOspot memiliki banyak spot dengan fasilitas WiFi publik yang aman untuk kamu gunakan.
 
Tidak hanya ruang publik seperti Transjakarta Koridor 1, mall, taman atau rumah sakit. Ada juga merchant seperti coffee shop, resto, hingga co-working space yang bisa kamu datangi untuk menikmati fasilitas free WiFi publik dengan aman dan nyaman.
 
Baca Juga:


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar