Tech & Social Media

2 September 2019

Kebiasaan Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Meski terkesan sepele, tapi ini penyebab HP kamu cepat panas
657 Views
Kebiasaan Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya Kebiasaan Penyebab HP Cepat Panas dan Cara Mengatasinya Unsplash/Alexa Suter
Sebagai generasi yang tidak bisa lepas dari handphone, pasti performa handphone yang baik menjadi faktor yang paling penting untuk membuat kamu merasa nyaman dalam mengoperasikannya. Namun, kondisi HP cepat panas menjadi masalah yang paling sering kamu temukan. 
 
Ada banyak faktor yang menyebabkan HP cepat panas, tapi nyatanya kebiasaan buruk yang sering dianggap sepele memiliki pengaruh yang besar dalam menyebabkan HP cepat panas. Jika dibiarkan terus menerus handphone kamu akan cepat rusak dan memiliki umur yang tidak panjang untuk digunakan. 
 
Meski kamu bisa membeli handphone baru, tapi jika kebiasaan seperti ini terus berlanjut handphone baru pun akan cepat rusak karena pemakaian yang tidak baik.

Kebiasaan Penyebab HP Cepat Panas

Agar kamu bisa menggunakan handphone dengan jangka waktu yang lama, berikut kebiasaan yang harus kamu hindari dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Membuka Instagram terlalu lama

Membuka Instagram terlalu lama Membuka Instagram terlalu lama Unsplash/Erik Lucatero

Melihat kehidupan teman atau orang lain yang kamu tidak kenal memang terasa menyenangkan dan akhirnya tidak sadar kalau kamu sudah menghabiskan waktu lebih dari satu jam hanya untuk scroll feed Instagram mereka. 
 
Selain riskan untuk memberikan komentar negatif dari konten yang kamu lihat, handphone kamu juga jadi cepat panas karena digunakan terus menerus tanpa henti.
 
Media sosial seperti Instagram, rata-rata menjadi penyumbang terbesar yang menyebabkan handphone kamu cepat panas. Karena waktu yang kamu habiskan tidaklah bisa dikatakan sebentar.

2. Streaming Netflix secara berlebihan

Streaming Netflix secara berlebihan Streaming Netflix secara berlebihan Freepik.com

Selain membuat kuota internet kamu cepat habis, keseringan streaming Netflix secara berlebihan membuat HP cepat panas. Apalagi biasanya kamu menonton Netflix secara maraton sambil sesekali membalas pesan yang masuk di Whatsapp atau Instagram. 
 
Kebiasaan ini membuat beban CPU di handphone lebih besar, karena kamu menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu dan akhirnya membuat kondisi handphone kamu cepat terasa panas. 
 
Baca Juga

3. Bermain game terlalu lama

Bermain game terlalu lama Bermain game terlalu lama Pexels/Pixabay

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Oxford mengungkapkan, waktu yang aman untuk bermain game tidaklah lebih dari satu jam untuk anak-anak. Jika berbicara orang dewasa seharusnya waktu yang dihabiskan tidaklah lebih banyak mengingat mereka memiliki kesibukan yang lebih padat. 
 
Bermain game terlalu lama tidak hanya buruk untuk kesehatan seseorang, tapi juga untuk kesehatan handphone. Terutama game online yang membutuhkan sinyal internet yang stabil dan memori handphone yang besar.

4. Tetap internetan meski sinyal tidak stabil

Tetap internetan meski sinyal tidak stabil Tetap internetan meski sinyal tidak stabil Pexels/Rawpixel

Kondisi sinyal yang tidak stabil hanya membuat HP kamu cepat panas jika dipaksankan untuk tetap internetan. Ini karena waktu loading yang dibutuhkan jadi semakin lama hanya untuk mengakses satu halaman. 
 
Hal ini semakin diperparah jika kamu masih tetap ingin bermain game online atau streaming film. Sebisa mungkin sebelum melakukannya, kamu bisa mencari lokasi area publik yang menyediakan free WiFi secara aman.

5. Membiarkan handphone di tempat tertutup dengan paket data menyala

Membiarkan handphone di tempat tertutup dengan paket data menyala Membiarkan handphone di tempat tertutup dengan paket data menyala Unsplash/Mikaela Shannon

Saat tidak menggunakan handphone, kamu biasanya meletakkannya di dompet yang kecil atau mungkin di saku celanakan. Meletakkan ponsel di tempat yang sedikit udaranya dengan paket data yang menyala juga bisa menjadi penyebab handphone kamu cepat panas.
 
Meski tidak digunakan, sebisa mungkin kamu meletakkan ponsel di ruang memiliki sirkulasi udara yang lancar. Lebih baik memegangnya atau meletakkannya di atas meja.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas

Menghindari berbagai kebiasaan di atas menjadi cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat handphone kamu tidak cepat panas.

1. Mengatur waktu penggunaan Instagram

Mengatur waktu penggunaan Instagram Mengatur waktu penggunaan Instagram http://higo.id/

Kamu bisa melakukan set waktu sebagai pengingat saat bermain Instagram. Kamu bisa memilih waktu sesuai dengan kebutuhan kamu. Sebagai awalan kamu bisa set waktu 1 jam, jadi saat kamu sudah bermain Instagram selama satu jam, Instagram akan memunculkan notifikasi.

2. Sebisa mungkin download filmnya

Sebisa mungkin download filmnya Sebisa mungkin download filmnya www.theverge.com

Jika kamu ingin menonton maraton, ada baiknya kamu memilih untuk men-download-nya daripada melakukan streaming. Kekurangannya kamu harus menunggu hingga proses download selesai dan membutuhkan memori yang lebih besar untuk bisa menonton film tersebut.

3. Mematikan koneksi internet saat menonton

Mematikan koneksi internet saat menonton Mematikan koneksi internet saat menonton Freepik/Rawpixel

Saat menonton film yang telah di download matikan paket data atau koneksi internet. Hal tersebut dilakukan agar handphone kamu tidak melakukan multitasking dengan membuka banyak aplikasi, padahal kamu sedang menonton film di handphone.

4. Membatasi waktu untuk bermain game

Membatasi waktu untuk bermain game Membatasi waktu untuk bermain game Unsplash/Luke Chesser

Menghilangkan suntuk untuk bermain game boleh-boleh saja, tapi jika waktu yang kamu habiskan terlalu lama, bahkan hingga 3 jam segeralah kamu hentikan.
 

5. Tidak membuka media sosial saat kondisi internet tidak stabil

Tidak membuka media sosial saat kondisi internet tidak stabil Tidak membuka media sosial saat kondisi internet tidak stabil Unsplash/Kate Torline

Meski hanya membuka Instagram, Facebook, atau Youtube dengan kondisi internet yang tidak stabil, tapi tetap membuat HP cepat panas. Sebisa mungkin kamu menghindari untuk melakukan ativitas apa pun saat kondisi internet tidak stabil.
Kondisi HP cepat panas tentu sangat mengganggu kamu dalam beraktivitas. Untuk itu, kebiasaan di atas bisa mulai kamu hindari dari sekarang agar performa handphone tetap baik dan berumur panjang.
 
Baca Juga
0 Suka