Tech & Social Media

6 October 2020

Kebiasaan Masyarakat Indonesia Menggunakan Internet Saat Pandemi

Pola baru ini apakah bertahan setelah pandemi usai?
81 Views
Kebiasaan Masyarakat Indonesia Menggunakan Internet Saat Pandemi Unsplash/Firza Pratama
Pandemi Covid-19 tentu merubah banyak hal dalam hidupan kita. Dari mulai sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, hingga banyak kebiasaan kita yang berubah termasuk kebiasaan dalam menggunakan internet.
 
Jika sebelum pandemi, kebiasaan berselancar di internet hanya untuk menyelesaikan pekerjaan atau mencari hiburan di saat waktu luang, kali ini selama pandemi Covid-19, ada banyak kebiasaan baru yang muncul saat berselancar di internet. 
 
Agar lebih memahamai kebiasaan baru apa saja yang bermunculan dan dapat menjadi insight bagi para marketers, kamu juga perlu tahu seberapa banyak sebenarnya pengguna internet di Indonesia.
 

Pengguna Internet Indonesia di 2020

Pengguna Internet Indonesia di 2020 Unsplash/Robin Worrall

Riset yang keluarkan oleh We Are Social dengan tajuk Digital Report 2020 menunjukkan, sebanyak 64 persen masyarakat Indonesia sudah terhubung ke internet dengan total pengguna internet sebanyak 175,4 juta jiwa di 2020. 
 
Jumlah pengguna internet di atas bahkan naik hingga 17 persen, ketimbang tahun 2019 yang total penggunanya hanya mencapai 150,4 juta jiwa. Lewat jumlah pengguna internet yang terus bertambah dari tahun ke tahun, 2020 menjadi tahun dengan kenaikan yang terbilang besar akibat adanya pandemi Covid-19. 
 
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Widodo Muktiyo yang dikutip dari situs Kominfo mengatakan, penyebaran Covid-19 membuat masyarakat di Indonesia, termasuk yang berada di pelosok sudah mulai menggunakan internet sebagai sarana komunikasi dan beraktivitas. Artinya pandemi ini menjadi salah satu penyebab pengguna internet di Indonesia naik di 2020.
 
Dari total pengguna internet, sebanyak 160 juta jiwa telah menggunakan media sosial. Itu artinya 90 persen dari pengguna internet di Indonesia dapat dikatakan memiliki akun media sosial dan menjadikan bermain media sosial sebagai kebiasaan yang umum dilakukan. Lantas, selain menggunakan media sosial dalam keseharian, kebiasaan apa lagi dilakukan masyarakat saat berselancar di internet selama pandemi?
 

Kebiasaan Masyarakat Menggunakan Internet Saat Pandemi

Laporan yang dirangkum oleh We Are Social pada bulan Juli 2020, ada kebiasaan lainnya dari  masyarakat indonesia  saat menggunakan internet selama pandemi dan diprediksi akan terus berlanjut setelah pandemi usai.

1. Menonton TV Show atau film di layanan video streaming

Menonton TV Show atau film di streaming platform Unsplash/Charles Deluvio

Kebijakan untuk work from home dan school from home membuat kita semua lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah untuk menekan penyebaran Covid-19  dan akhirnya mencari banyak cara agar tidak mudah bosan berlama-lama di rumah. 
 
Kegiatan pertama yang semakin banyak dilakukan masyarakat Indonesia saat mengakses internet adalah menonton TV Show atau film. Riset yang dilakukan oleh We Are Social, sebanyak 23 persen mengatakan bahwa mereka berlangganan layanan video streaming.

2. Mendengarkan musik di layanan streaming musik digital

Mendengarkan musik di layanan streaming musik digital Unsplash/Omid Armin

Layanan streaming musik digital jadi kegiatan selanjutnya yang paling sering dilakukan saat menggunakan internet. Pada 2019, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktu sebanyak 1 jam 22 menit untuk mendengarkan musik di streaming musik digital.
 
Sedangkan pada Januari 2020, waktu yang dihabiskan mulai bertambah menjadi 1 jam 30 menit. Jadi dapat dipastikan bahwa masyarakat Indonesia akan semakin lama mendengarkan streaming musik digital selama pandemi.

3. Bermain video games

Bermain video games Unsplash/Alex Carmichael

Kebiasaan lainnya yang akan terus eksis adalah bermain video games. Kegiatan ini tidak hanya menyenangkan, tapi juga mampu melepaskan stres. 
 
Saat bermain video games, kamu akan memusatkan semua fokus ke dalam arena permainan dan sejenak melupakan semua masalah yang kamu alami termasuk perihal pandemi ini. 

4. Mendengarkan podcast

Mendengarkan podcast Unsplash/William Iven

Meski di Indonesia tren podcast masih terbilang baru, tapi bukan berarti podcast tidak memiliki penggemar. Buktinya, podcast jadi kebiasaan yang dianggap baru dan akan terus dilakukan meski pandemi ini nantinya usai. 
 
Podcast jadi menyenangkan untuk dilakukan karena bisa mendengarkan infomasi menarik sambil melakukan kegiatan lainnya. Berbeda dengan radio, podcast memiliki konten yang lebih beragam dan biasanya sering dibawakan oleh para praktisi yang memiliki banyak pengalaman di bidangnya masing-masing. 
 
Kalau kamu, mana kebiasaan yang baru-baru ini sering kamu lakukan selama pandemi? Share pengalamanmu di kolom komentar!
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar