Lifestyle

16 September 2020

Jadi People Pleaser Hanya Buat Kamu Lelah, Yuk Hentikan!

Buat semua orang lain senang itu bukan tugas kamu
203 Views
Jadi People Pleaser Hanya Buat Kamu Lelah, Yuk Hentikan! Unsplash/Linh Koi
Bagi kamu orang yang jarang mengatakan tidak pasti paham bagaimana sulitnya menolak permintaan orang lain atau bahkan keluarga. Rasanya selalu tidak enak hati saat harus menolak, padahal di dalam hati kamu juga tidak bisa melakukannya. Nah, itu salah satu tanda seseorang people pleaser, lho.
 
People Pleaser dikenal sebagai orang yang lebih mementingkan kebahagiaan orang lain dan selalu berusaha untuk menyenangkan hati mereka, meski hal tersebut sulit untuk dilakukan. 
 
Menjadi baik tidaklah salah, namun di kasus people pleaser ini kamu cenderung selalu menyenangkan hati mereka meski itu membebani kamu.
 
Amy Morin, seorang physiotherapy sekaligus penulis buku tentang kesehatan mental memberikan beberapa tanda people pleaser. 

1. Bertanggung jawab atas perasaan orang lain

Bertanggung jawab atas perasaan orang lain Unsplash/Crystal Jo

Takut merasa orang lain tidak nyaman menjadi alasan kamu sulit menolak permintaan mereka. Kamu selalu berusaha untuk melakukan apapun yang mereka inginkan, meski ini mengabaikan kepentingan kamu sendiri. 
 
Solusinya kamu perlu ingat mengatur perasaan orang lain bukanlah tanggung jawab kamu dan di luar kontrol yang bisa kamu lakukan. Lakukanlah hal yang menurut kata hati kamu benar meski kamu harus menolaknya dan biarkan mereka mengendalikan emosi mereka sendiri tanpa perlu kamu harus merasa bertanggung jawab.

2. Merasa tidak nyaman saat seseorang marah

Merasa tidak nyaman saat seseorang marah Unsplash/Gabriella Henders

Siapa yang ingin dimusuhin? Semua orang pasti ingin hidupnya tenang dan diterima oleh orang lain. Di kasus people pleser, mereka akan sangat takut jika ada seseorang yang tidak menyukai mereka. Bahkan sepanjang hari mereka terus memikirkan apa yang dipikirkan orang lain dan membuatnya kesulitan untuk tidur nyenyak. 
 
Solusinya kamu perlu memikirkan lagi mana teman yang tulus dan mana yang hanya toxic. Jika kamu merasa mereka hanya toxic, kamu tidak perlu merasa tidak nyaman saat mereka tidak menyukai kamu. Tugasmu adalah menemukan teman yang lebih sehat lagi dan saling mendukung satu sama lain.
 
Baca Juga
Kepikiran atau Terobsesi dengan Pendapat Orang Lain? Yuk, Coba Pahami
Kenali 5 Bahasa Cinta Manusia, Kamu Dominan yang Mana?

3. Kamu sering meminta maaf

Kamu sering meminta maaf Unsplash/Alexandra

Kata maaf dan terima kasih memang jadi kata ajaib yang bisa buat hubungan semakin dekat, tapi berbeda bagi people pleaser. Mereka akan sering meminta maaf karena merasa takut apa yang mereka kerjakan tidak sesuai dengan keinginan orang lain.
 
Solusinya cobalah untuk mengurangi mengucapkan kata maaf kepada orang lain. Kamu tidak perlu merasa bersalah dan kurang dengan hasil kerja yang kamu lakukan. Pupuk rasa percaya diri dan jika ada pekerjaan atau tugas yang kurang sempurna, kamu bisa minta penjelasan bagian mana yang harus direvisi dan selesaikan. Jadi tidak perlu dipusingkan! 

4. Berusaha kuat padahal kamu merasa terbebani

Berusaha kuat padahal kamu merasa terbebani Unsplash/Anh Nguyen

Berbuat baik dengan hati yang lapang, tulus, dan tanpa beban tentu jadi hal yang sangat positif. Tapi bagi people pleaser, mereka akan menganggap kebaikan yang dilakukan untuk orang lain menjadi sebuah beban. 
 
Hal ini terjadi karena kesulitan mereka untuk menolak menjadikan bantuan yang mereka lakukan untuk orang lain menjadi beban dan terasa tidak nyaman untuk melakukannya.
Solusi yang bisa dilakukan adalah jangan langsung mengambil keputusan cepat saat dimintai pertolongan. Kamu bisa memberi waktu untuk berpikir dan pastikan bahwa kamu tidak dimanfaatkan. 

5. Berusaha untuk menghindari konflik

Berusaha untuk menghindari konflik Unsplash/Handy Wicaksono

Tidak ingin memiliki konflik dan menghindari konflik adalah dua hal yang berbeda. Tidak ingin memiliki konflik artinya kamu merasa tidak perlu ikut campur dengan urusan orang lain. Tapi menghindari konflik padahal ini berhubungan dengan dirimu, bahkan menyangkut prinsip dan nilai yang kamu pegang selama ini, itu perlu untuk diperjuangkan dan diselesaikan.
 
Seorang people pleaser akan menghindari semua konflik di depannya sekuat tenaga. Mereka tidak nyaman jika merasa berbeda dan akan ikut pendapat dari banyak orang tanpa memperjuangkan pendapatnya sendiri. 
 
Solusi yang bisa dilakukan adalah mencoba untuk tidak menghindar dan berani mengutarakan pendapatmu sendiri. Sesekali berbeda pendapat bukanlah sebuah kesalahan dan belum tentu pendapatmu ditolak. Bisa jadi pendapat yang kamu utarakan menjadi solusi yang selama ini mereka harapkan.
 
Selain sulit berkata tidak dan tidak bisa menolak, kelima sifat di atas menjadi tanda dari people pleaser. Jika kamu merasa semua tanda di atas ada di diri kamu, cobalah mulai berani untuk merubahnya sedikit demi sedikit. 
 
Hidupmu terlalu berharga untuk terus memikirkan pendapat orang lain dan hidup di dalam ekspektasi mereka. Di dalam hidupmu, kamulah pemeran utamanya jadi semua yang kamu lakukan harus sesuai dengan hati nurani kamu. 
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar