Tech & Social Media

4 July 2019

Ingin Jadi Volunteer? 5 Akun Instagram Ini Wajib Kamu Follow!

Aksi nyata biar bisa jadi volunteer, kepoin aja akun IG nya
28560 Views
Ingin Jadi Volunteer? 5 Akun Instagram Ini Wajib Kamu Follow! Larm Rmah on Unsplash
Memiliki pekerjaan bagus dengan gaji yang cukup, lingkungan yang menyenangkan, teman-teman yang selalu ada di saat susah dan juga senang atau sedang berada di masa-masa remaja yang penuh warna, tapi kok di beberapa momen masih ada perasaan resah di dalam hati? Pernah ada yang mengalami perasaan seperti ini, atau kamu sedang mengalaminya? Jika ia, kamu sedang berada di tahap pemaknaan yang lebih tinggi tentang arti kebahagiaan yang sebenarnya. 
 
Kebahagiaan memiliki makna yang lebih luas dari hanya sebatas harta, kebahagian sebenarnya muncul saat kamu melihat orang lain terseyum dengan satu gerakan yang kamu anggap kecil, namun penuh makna bagi mereka. Salah satunya jalan yang bisa kamu lakukan untuk meredupkan perasaan resah yang datang dengan ikut menjadi volunteer. Terlepas dari apa pun bidang yang kamu pilih, ikut memberikan dampak positif bagi sekitar akan membuat perasaan kamu penuh dengan kebahagiaan hingga tidak ada ruang untuk mengeluh. 
 
Kamu yang masih merasa kesulitan untuk menjadi volunteer, karena tidak tahu harus mulai dan ikut gerakan apa, mencoba untuk update semua informasinya di Instagram bisa kamu lakukan. Agar lebih mempermudah kamu yang memiliki niat baik menjadi volunteer, berikut 5 akun Instagram yang wajib kamu follow

1. Indorelawan

Indorelawan Instagram/Indorelawan

"Ubah Niat Baik Jadi #AksiBaik Hari Ini, jadi tagline yang mampu membuat kamu tidak sabar untuk memulai hal yang bermanfaat. Situs yang dibuat untuk kamu para pencari aksi sosial ini memiliki beragam kegiatan positif yang bisa kamu ikuti. Sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan, di bulan Juli ini ada satu gerakan positif dengan tema #RelawanUntukBumi. 
 
Menjadi kabar baik bagi kamu yang rajin memilah sampah plastik di rumah atau yang ingin berkontribusi dengan aksi nyata terhadap pencemaran lingkungan, gerakan ini bisa menjadi wadahnya. Tugas kamu hanya mengumpulkan sampah plastik yang kemudian dibersihkan dan dikirim ke kantor @Indorelawan. Tidak hanya sebatas botol kemasan ya, botol plastik kosmetik, peralatan makan, dan segala hal yang terbuat dari plastik bisa kamu sumbangkan di sini.
 
Bekerja sama dengan Daur. id, kampanye ini akan berlangsung selama satu bulan. Jadi pastikan kamu ambil bagian dengan aksi kecil namun kaya akan manfaat bagi bumi kita tercinta ini dan jangan lupa untuk ajak teman-teman kamu. 

2. DD_volunteer

dd_volunteer Instagram/dd_volunteer

Dompet Dhuafa Volunteer jadi akun Instagram selanjutnya yang wajib kamu follow untuk mendapatkan update tentang kegiatan kemanusiaan. Untuk menjadi volunteer di DDV ini tidak sulit kok, karena syarat paling utama yang dibutuhkan hanya komitmen yang tulus. 
 
Di DDV ini, nantinya volunteer akan dibagi menjadi tiga kategori. Di mana kategori ini dibuat sesuai dengan profesi yang dimiliki oleh masing-masing volunteer. Jika kamu dengan suka rela mengikuti kegiatan di DDV dengan tulus tanpa memiliki latar belakang apa pun, kamu dikategorikan sebagai Relawan Umum, sedangkan Relawan Spesialis mereka yang memiliki profesi atau keahlian di bidang khusus seperti dokter, dan yang terakhir Relawan Super yang diperuntukan bagi CEO atau publik figur.
 
Baca Juga:

3. Tembokpedia

Tembokpedia Instagram/Tembokpedia

Bermula dari keprihatinan banyaknya gang sempit yang nampak suram, padahal sering dilihat oleh pejalan kaki, anak kecil yang ingin berangkat sekolah atau menjadi tempat bermain mereka, akhirnya terbentuklah gerakan yang diberi nama Tembokpedia.
 
Gerakan melukis dengan konsep yang unik dan menarik ini menyasar gang-gang sempit yang setiap harinya sering dilalui oleh masyarakat. Tujuan dari gerakan ini agar setiap orang yang melalui gang sempit bisa memunculkan semangat saat melihat gambar dan kutipan inspiratif yang menambah motivasi untuk menjadi lebih positif lagi dalam memandang hidup.
 
Kamu yang suka melukis dan ingin memberikan dampak nyata lewat lukisan yang kamu buat, bergabung di gerakan @tembokpedia akan memberikan banyak pengalaman dan kebahagian yang tak terkira karena bisa bermanfaat untuk orang banyak. 

4. Ind_mengajar

Ind_mengajar Instagram/Ind_mengajar

Memiliki konsentrasi yang tinggi di bidang pendidikan dan ingin berkonstribusi lebih besar lagi, tandanya sudah saatnya kamu ikut menjadi bagian dari gerakan Indonesia Mengajar. Para guru yang disebut sebagai Pengajar Muda akan tinggal dan hidup bersama warga lokal selama satu tahun sebagai bentuk mengabdi. 
 
Para Pengajar Muda ini akan bekerja di sekolah dasar untuk memberikan pembelajaran dan membantu para guru dalam menciptakan metode belajar yang paling menarik dan efisien. Akan banyak pengalaman yang bisa didapatkan sebagai Pengajar Muda, karena lokasi tempat mengabdi biasanya terletak jauh dari hiruk-pikuk ibu kota. 
 
Kamu yang tertarik untuk menjadi Pengajar Muda, bisa follow Instagram Indonesia Mengajar di @ind_mengajar dan jadi bagian dalam kemajuan pendidikan di Indonesia. Jika kamu hanya ingin menjadi volunteer tanpa menjadi Pengajar Muda, kamu juga bisa mendaftarkan diri kamu di sana.

5. Actforhumanity

Actforhumanity Instagram/Actforhumanity

Tak hanya fokus di Indonesia, gerakan kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap juga ikut berkontribusi terhadap masalah sosial dan kemanusiaan yang di dunia, khususnya negara-negara konflik seperti Palestina dan Suriah. Sudah lebih dari ratusan ribu volunteer yang terdaftar di Aksi Cepat Tanggap yang tersebar di 76 negara.
 
Untuk menjadi volunteer kamu bisa lihat di Instagram @actforhumanity dan daftarkan diri kamu di website mereka. Bagi kamu yang ingin melakukan hal lebih dengan cara ikut berdonasi, kamu bisa melakukannya lewat website act.id dengan sangat mudah. 
 
Kelima akun Instagram ini wajib kamu follow untuk mendapat update seputar dunia volunteer di sekitar Jakarta atau daerah lainnya. Saat keinginan menjadi volunteer telah muncul di dalam hati, jangan ditunda! Bisa jadi di luar sana banyak orang lain yang menunggu kehadiran kamu untuk memberikan secercah harapan, agar mereka tetap berani merajut mimpi yang selama ini terpendam. 
 
Baca Juga:


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar