Lifestyle

10 June 2020

Ingin Cepat Dapat Kerjaan Impian? 5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu

Pindah kerja saat pandemi, bisa...
266 Views
Ingin Cepat Dapat Kerjaan Impian? 5 Tips Ini Bisa Bantu Kamu pexels.com
Mendapatkan pekerjaan impian tentu menjadi keinginan banyak orang, termasuk juga kamu. Meski saat pandemi seperti sekarang tercatat sekitar 1,3 juta pekerja di rumahkan dari 43 ribu perusahaan, bukan berarti menghentikan niat kamu untuk pindah kantor. Khususnya bagi kamu yang terdampak secara langsung akibat pandemi Covid-19. 
 
Seperti yang diungkapkan oleh Ida Fauziyah, selaku Menteri Ketenagakerjaan bahwa badai pasti akan berlalu. Ungkapan itu juga perlu kamu percayai dan menjadi semangat untuk mencari pekerjaan baru yang diimpikan. Kamu yang masih merasa bingung harus mulai dari mana, beberapa tips ini bisa membantu kamu untuk cepat mendapat pekerjaan di masa pandemi seperti sekarang.

1. Perbaiki tampilan LinkedIn

Perbaiki tampilan LinkedIn blog.linkedin.com

Di saat informasi lowongan kerja begitu mudah didapatkan lewat internet, kamu tetap harus selektif dalam memilih dan jangan mudah percaya dengan tawaran gaji yang begitu besar dari standar profesi yang ingin di apply
 
Langkah pertama yang bisa mulai kamu lakukan tentunya memperbaiki tampilan LinkedIn. Hampir semua perusahaan yang ingin kamu tuju memiliki akun LinkedIn, itu artinya dapat memudahkan kamu dalam proses pelamaran. 
 
Namun, setiap harinya ada banyak orang yang juga melamar di perusahaan dengan posisi yang kamu inginkan. Artinya persaingan untuk mendapat pekerjaan baru juga begitu ketat. Lantas apa yang perlu kamu lakukan di LinkedIn?
 
Melalui artikel yang diterbitkan oleh LinkedIn, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar akun LinkedIn kamu dilirik oleh perusahaan bagus. Pertama kamu harus melakukan personal branding. Tampilkan pengalaman kerja, prestasi yang kamu raih, dan berbagai karya yang pernah kamu lakukan.
 
Langkah kedua dengan membuat sendiri kesempatan. Ada banyak lowongan kerja yang bisa kamu temukan dan langsung berhubungan dengan para recruiter. Ketiga, kamu harus aktif di LinkedIn. Layaknya media sosial Facebook atau Instargram, kamu perlu aktif membagikan konten atau memberi tanggapan lewat komen atau like

2. Buat resume dan portofolio yang menarik

Buat resume dan portofolio yang menarik Pexels/Pexels

Resume dan portofolio menjadi dua hal yang begitu penting saat kamu ingin melamar pekerjaan baru. Iman Usman selaku Co-Founder Ruangguru, membagikan tips kesalahan yang sering terjadi dilakukan pelamar saat membuat resume atau CV. Salah satunya terlalu panjang menuliskan informasi pribadi dan tidak adanya keterangan dari profesi yang pernah dijalani.
 
Jika biasanya kamu menggunakan microsoft word untuk membuat resume atau CV, mulai sekarang cobalah untuk menggantinya. Ada banyak platform yang bisa digunakan jika kamu merasa tidak memiliki keahlian di bidang design. Kamu hanya perlu membuka Canva dan pilih template CV yang ingin kamu buat.   
 

3. Daftar di platform pengembangan karir

Daftar di platform pengembangan karir glints.com

Di Indonesia sudah banyak platform pengembangan karir yang bisa kamu ikuti secara gratis. Tak hanya bekerja sama dengan banyak perusahaan besar, proses melamarnya juga begitu mudah.
 
Situs lowongan kerja seperti Glints, Indeed, Kalibrr, dan Urbanhire bisa membantu kamu untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan impian. Semua platform tersebut bisa kamu daftar secara gratis. 

4. Follow akun Instagram yang menyediakan info lowongan kerja

Follow akun Instagram yang menyediakan info lowongan kerja Instagram/Magang_id

Media sosial seperti Instagram juga bisa kamu manfaatkan sebagai wadah untuk update informasi tentang lowongan pekerjaan terbaru di 2020. Akun magang_id wajib kamu ikuti karena berisi banyak informasi tentang lowongan pekerjaan terbaru dan berasal dari seluruh Indonesia. 
 
Akun ini juga akan menginformasikan jika ada lowongan kerja yang tidak benar. Kemudahan lainnya, akun magang_id akan men-tag nama perusahaan yang memberikan lowongan kerja tersebut. Sehingga memudahkan kamu dalam proses mendapatkan informasi tambahan tentang perusahaan yang ingin kamu lamar.

5. Terus kembangkan skill saat menunggu panggilan interview

Terus kembangkan skill saat menunggu panggilan interview Pexels/Vlada Karpovich

Sambil menunggu panggilan kerja, kamu perlu nih untuk mengembangkan skill atau update skill baru yan kamu kuasai. Di saat pandemi seperti sekarang, ada banyak situs online yang bisa kamu ikuti untuk upgrade skill baru tanpa perlu ke luar rumah.
 
Selain membuat proses menunggu pekerjaan baru terasa lebih santai karena kamu sibuk belajar, hal ini juga menjadi nilai tambah di mata calon recruiter karena kamu dianggap menjadi pribadi yang suka belajar.
 
Mencari lowongan kerja baru di internet saat pandemi sebenarnya tidak sulit, tapi bagaimana kamu menjadi kandidat yang paling kuat untuk dipilih oleh recruiter menjadi tugas terberat yang perlu kamu lakukan. Yuk, semangat mencari lowongan kerja impian dan jangan pernah berhenti kembangkan bakat yang kamu inginkan. Semangat, karena usaha tidak pernah mengkhianati hasil!
 
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar