Lifestyle

3 March 2020

Ilustrasi Menarik Bagaimana Virus Corona Menyebar & Pencegahannya

Edukasi teman di sekitarmu ya, setelah sudah tahu
2084 Views
Ilustrasi Menarik Bagaimana Virus Corona Menyebar & Pencegahannya Instagram/Weimankow
Penyebaran virus corona yang dimulai dari negeri Cina akhirnya sampai ke Indonesia. Presiden Jokowi secara resmi mengumumkan, dua WNI positif terkena virus corona setelah berinteraksi dengan WNA asal Jepang yang menetap di Malaysia. 
 
Positifnya WNI yang terkena virus corona akhirnya membuat Indonesia masuk ke peta Coronavirus CODIV-19 Global Cases. Didalam peta ini, kamu bisa melihat perkembangan jumlah korban yang terjangkit virus corona dari berbagai dunia. 
 
Sebagai warga negara yang tinggal di Indonesia, kamu pasti merasa khawatir dengan masifnya bergerakan virus corona. Sebagai langkah pencegahan dan antisipasi yang bisa kamu lakukan, sebuah ilustrasi yang dibuat oleh akun Instagram weimankow, akan sangat membantu kamu memahami bagaimana virus corona bisa menyebar.

1. Penularan dapat terjadi lewat cairan yang masuk ke dalam tubuh

Penularan dapat terjadi lewat cairan yang masuk ke dalam tubuh Instagram/Weimankow

Langkah penting pertama yang perlu kamu perhatikan adalah virus corona akan menyebar ketika tetesan kecil atau cairan masuk ke dalam mata, hidung, dan juga mulut.
 
Saat kamu melihat seseorang sedang batuk, bersin, atau sakit, sebisa mungkin untuk menghindar dan memberikan jarak aman. Usahakan posisi kamu sekarang berada di antara 0,5 meter sampai 2 meter dari orang yang sedang sakit. Tujuannya untuk menjaga diri kamu tetap aman dari percikan cairan yang keluar lewat bersin dan juga batuk. 

2. Berikan masker jika melihat orang yang sakit

Berikan masker jika melihat orang yang sakit Instagram/Weimankow

Saat berada dikerumunan banyak orang dan kamu melihat ada seseorang yang sedang batuk atau pilek, segera berikan mereka masker. Tujuannya agar cairan dari batuk dan pilek yang keluar tidak mengenai orang lain dan untuk melindungi orang di sekitarnya. 
 
Baca Juga

3. Tidak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor

Tidak menyentuh wajah dengan tangan yang kotor Instagram/Weimankow

Jangan langsung merasa aman saat di sekelilingmu tidak ada orang yang sedang pilek atau batuk. Bisa jadi orang tersebut sudah pergi dan kamu tidak melihatnya saat mereka sedang batuk atau bersin. 
 
Bagaimanapun juga, air liur atau cairan yang keluar dari orang sakit dapat menempel pada banyak benda, dan bisa jadi tidak sengaja kalian menyentuh benda tersebut, tapi tidak menyadarinya. Sehingga pastikan bahwa kamu tidak menyentuh wajah dengan keadaan tangan yang kotor.

4. Virus dapat bertahan di benda hingga 24 jam

Virus dapat bertahan di benda hingga 24 jam Instagram/Weimankow

Tidak hanya harus hati-hati saat berinteraksi dengan orang yang sedang pilek atau batuk, tapi sebisa mungkin menghindari benda yang sudah mereka gunakan. Pasalnya virus corona mampu bertahan hingga 24 jam pada sebuah benda. 

Pencegahan Virus Corona yang Bisa Kamu Lakukan

Pencegahan Virus Corona yang Bisa Kamu Lakukan Instagram/Weimankow

Setelah mengetahui bagaiman virus corona menyebar, penting rasanya untuk kamu mengetahui tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan. Berikut 5 tindakan pencegahan yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari virus corona. 

1. Jangan menyentuh wajah

Jangan menyentuh wajah Instagram/Weimankow

Sebisa mungkin hindari menyentuh wajah diri sendiri atau orang lain. Jika keadaan kamu mendesak dan sangat diperlukan untuk menyentuh wajah, pastikan tangan kamu sudah dalam kondiri yang bersih.
 
Banyak di antara kalian yang masih belum memahami bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar. Sebenarnya selain tindakan mencuci tangan yang benar, lamanya proses cuci tangan juga perlu diperhatikan.

2. Jangan gunakan masker lebih dari sehari

Jangan gunakan masker lebih dari sehari Instagram/Weimankow

Setelah virus corona menyebar ke Indonesia, harga masker memang langsung melonjak tajam. Namun, jangan sampai karena sulitnya mendapatkan masker dan mahalnya harga yang ditawarkan, kamu jadi menggunakan masker yang sama untuk beberapa hari. Nah, hal tersebut sangat tidak disarankan ya.
 
Masker yang kamu gunakan meski tidak terlihat kotor, tapi bakteri dapat berkembang di bagian dalam masker atau bakteri tersebut juga menempel di bagian luar masker. Sehingg, pastikan bahwa kamu tidak menggunakan masker lebih dari satu kali.

3. Usahakan jangan berbagi makanan, alat makan, hingga handuk

Usahakan jangan berbagi makanan, alat makan, hingga handuk Instagram/Weimankow

Kita tidak pernah tahu siapa saja orang di sekeliling kita yang bisa terjangkit virus corona. Sehingga pencegahan sejak dini dengan tidak berbagai apa pun ke orang lain bahkan keluarga perlu untuk dilakukan.

4. Buka tutup pintu dengan siku atau bahu

Buka tutup pintu dengan siku atau bahu Instagram/Weimankow

Selain pintu, kamu juga bisa menutup beberapa kran wastafel menggunakan siku, lho. Jadi sebisa mungkin di saat seperti ini, gunakan siku kamu untuk melakukan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan agar tangan kamu tetap bersih.

5. Selalu cici tangan dengan sabun

Selalu cici tangan dengan sabun Instagram/Weimanko

Kuman dan bakteri ada di mana-mana. Untuk itu, rajin mencuci tangan setelah atau sesuah makan, dari toilet, dan juga tempat umum perlu untuk kamu lakukan secara rutin.
 
Kebersihan badan akan membuat tubuh tetap sehat dan tidak mudah terkena berbagai macam penyakit. Setelah mengetahui informasi ini, yuk sama-sama mulai peduli dengan kesehatan diri sendiri. Karena kalau bukan kita yang sayang dengan diri sendiri, siapa lagi?
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar