Tech & Social Media

21 June 2019

Hati-hati, Ini Tempat Terlarang Meletakkan Ponsel Saat Kamu Tidur

Agar kualitas tidurmu tidak terganggu!
11188 Views
Hati-hati, Ini Tempat Terlarang Meletakan Ponsel Saat Kamu Tidur Freepik/Jcomp
Sering merasa kualitas tidurmu tidak baik, padahal kamu tidak begadang tadi malam? Bisa jadi ini karena kamu merasa terganggu dengan aktifitas ponsel yang sering mengeluarkan notifikasi saat malam hari. Memiliki kualitas tidur yang baik sangat penting untuk menunjang performa kerja esok hari dan salah satu caranya dengan tidak berdekatan dengan ponsel saat sedang tidur.
 
Ponsel memang sudah menjadi barang yang paling penting keberadaannya, namun bukan berarti kamu harus selalu berhubungan dengan ponsel selama 24 jam non stop. Beberapa penelitian belum menemukan bahwa ada kaitannya antara pemakaian ponsel yang terlalu sering dengan kanker, namun Devra Lee Davis, seorang direktur Environmental Studies and Toxicology di U.S. National Academy of Science percaya, radiasi yang diakibatkan ponsel mampu memicu timbulnya penyakit dan ini tidak lepas dari kebiasaan menyimpan ponsel sembarangan sebelum kamu tidur.
 
Sebagai bentuk nyata untuk tindak lanjut tersebut, kamu perlu memastikan untuk tidak menyimpan ponsel dengan jarak yang terlalu dekat, agar tidur kamu terasa lebih nyenyak. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa tempat terlarang yang perlu kamu hindari saat ingin tidur.

1. Tidak meletakkan ponsel di bawah bantal

Tidak meletakan ponsel di bawah bantal Unsplash/Dogukan Sahin

Siapa yang punya kebiasaan meletakkan ponsel di bawah bantal? Meski kamu merasa tidak pernah mengalami masalah serius dengan kebiasaan tersebut, namun percayalah ini jadi kebiasaan yang tidak disarankan. Meletakkan ponsel di bawah bantal dengan paket data yang menyala akan membuat suhu ponsel menjadi panas, bahkan saat kamu melakukannya dengan kondisi ponsel di-charge akan membuka peluang terjadinya kebakaran. 
 
Sinyal biru yang dipancarkan dari ponsel juga akan memengaruhi produksi melatonin yang bertugas sebagai hormon untuk mengatur siklus tidur agar bisa berkualitas. Jika sinyal biru terus terpancar selama tidur, kamu akan sulit untuk tidur nyenyak dan terus terjaga sepanjang malam. 
 

2. Meletakkan ponsel di samping kepala

Meletakan ponsel di samping kepala Unsplash/Jcomp

Perasaan takut terlambat bangun pagi dan tidak mendengar alarm menjadi alasan paling banyak diutarakan kenapa meletakkan ponsel di samping kepala. Padahal kebiasaan ini juga sangat tidak dibenarkan untuk dilakukan.

Selain membuat kamu ingin selalu mengecek ponsel karena mudah mendengar notifikasi yang masuk, kualitas tidur kamu akan sangat terganggu karena dorongan untuk membalas pesan yang masuk lebih banyak dan akhirnya kamu jadi sulit tidur.

Baca Juga:

3. Jangan meletakkan ponsel di dekat barang elektronik

Jangan meletakan ponsel di dekat barang elektronik Unsplash/Daniel Korpai

Jika kamu sering meletakkan ponsel di dekat TV atau laptop yang sedang di charge dan membiarkannya hingga pagi hari, mulai sekarang cobalah untuk tinggalkan kebiasan tersebut, karena akan berpengaruh buruk pada kondisi ponsel kamu.

Getaran yang dihasilkan dari benda elektronik yang menyala seperti TV, kipas angin atau kulkas juga bisa merusak komponen sinyal yang berada di ponsel kamu. Jadi mulai sekarang pastikan ponsel kamu berada jauh dari benda elektronik sebelum memutuskan untuk tidur.

4. Meletakkan ponsel di samping tangan

Meletakkan ponsel di samping tangan Freepick/Tirachardz

Setelah memainkan ponsel di tempat tidur biasanya kamu akan meletakkannya di samping tangan dan akhirnya tidur dengan terlelap. Padahal selain rawan jatuh ke lantai karena tersenggol, LCD ponsel kamu juga bisa rusak lho karena tidak sengaja tertindih badan kamu sendiri. 
 
Meski terkesan sepele, nyatanya meletakkan ponsel secara asal sebelum kamu tidur juga sangat berdampak pada kualitas tidur yang kamu hasilkan. Jadi bagi kamu yang masih memiliki kebiasaan di atas cobalah mulai menghentikannya.
 
Baca Juga:


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar