Lifestyle

4 April 2020

Hal yang Harus Dilakukan Usai Bepergian Saat Masa Covid-19

Yuk, patuhi sebagai bentuk cinta diri serta keluarga
327 Views
Hal yang Harus Dilakukan Usia Bepergian Saat Masa Covid-19 Unsplash/Christian Gertenbach
Sejak Indonesia terserang pandemi Covid-19, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk menekan jumlah penyebarannya, salah satunya dengan menerapkan aturan physical distancing. Namun, dalam prakteknya tentu tidaklah mudah. Terlebih lagi imbauan ini harus dilakukan sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan.
 
Bagi sebagian orang yang bisa melakukan work from home, imbauan ini perlu untuk diterapkan secara maksimal. Tapi, bagi mereka yang tetap harus berjuang di luar rumah untuk bekerja di tengah pandemi Covid-19,  perlu untuk memahami dan menjalankan berbagai aturan yang diterapkan agar tidak membawa pulang virus corona masuk ke dalam rumah. 
 
Dari akun Instagram Kemendagri, ada beberapa aturan yang perlu untuk diterapkan usai bepergian ke luar rumah di tengah wabah Covid-19. Aturan ini juga berlaku bagi kamu yang terpaksa harus keluar rumah untuk membeli kebutuhan pokok, meski waktu yang dihabiskan saat keluar rumah tidaklah lama.
 

1. Buka sepatu di depan pintu sebelum masuk ke rumah

Buka sepatu di depan pintu sebelum masuk ke rumah Unsplash/Priscilla Du Preez

Membuka sepatu di depan pintu rumah menjadi aturan pertama yang harus dilakukan agar Covid-19 tidak ikut masuk ke dalam. Meski terbilang sepele, tapi efeknya bisa menyelamatkan diri sendiri dan juga keluarga yang ada di rumah. 
 
Meski Covid-19 tidak menular melalui udara, tapi virus ini mampu bertahan untuk jangka waktu yang cukup lama dan menempel di permukaan benda.
 
Sebisa mungkin beri jarak antara depan pintu dengan tempat kamu membuka sepatu seperti batas suci saat memasuki area masjid. Tujuannya agar saat pulang dari bepergian lagi, kamu membuka sepatu di tempat yang sama untuk mengetahui batas aman.
 
Baca Juga
Cara Mengatasi Perasaan Stres di Tengah Pandemi Covid-19

2. Semprotkan disinfektan pada barang yang dibawa keluar

Semprotkan disinfektan pada barang yang dibawa keluar Unsplash/Clay Banks

Saat keluar rumah kamu pasti membawa beberapa barang, entah itu ponsel, tas, dompet, topi, atau kunci mobil. Barang-barang yang ikut bepergian bersama kamu perlu untuk disemprotkan cairan disinfektan sebelum masuk ke dalam rumah.
 
Virus corona yang menyerang hampir seluruh dunia ini mampu bertahan lama saat menempel di permukaan benda. Bisa dari hitungan jam, bahkan 4 hingga 5 hari.

3. Buang semua benda yang tidak dibutuhkan

Buang semua benda yang tidak dibutuhkan Pexels/Polina Tankilevitch

Setelah bepergian, biasanya ada beberapa benda yang kamu beli atau terbawa saat pulang. Benda-benda ini jika dirasa tidak perlu segerlah untuk membuangnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai benda yang mungkin tertempel Covid-19 tanpa kita sadari. 
 
Benda seperti struk belanja dan plastik sering ikut masuk ke dalam rumah. Mulai sekarang, cobalah untuk membuangnya jika dirasa tidak perlu dan biasakan membawa kantong belanjaan sendiri. Tujuannya agar memudahkan proses penyemprotan disinfektan karena benda yang dibawa pulang lebih sedikit.
 
Jika virus corona menempel di permukaan kertas, maka mampu bertahan selama 4 hingga 5 hari. Sedangkan untuk plastik virus tersebut mampu bertahan selama 5 hari.

4. Langsung cuci tangan dan kaki dengan sabun

Langsung cuci tangan dan kaki dengan sabun Unsplash/Jasmin Sessler

Setelah melepas sepatu, menyemprotkan semua benda yang ikut keluar, dan membuang benda-benda yang tidak perlu, barulah kamu masuk ke dalam rumah. Tapi pastikan kamu tidak menyentuh apa pun.
 
Menurut WHO, 90% penyebaran Covid-19 berasal dari tangan, dan 10% berasal dari cairan yang keluar melalui batuk atau flu. Sehingga, selalu pastikan tangan kamu bersih terlebih dahulu sebelum menyentuh benda apa pun di dalam rumah. 
 
Cucilah tangan dengan bersih menggunakan sabun. Pastikan juga cara cuci tangan yang kamu lakukan sudah benar sesuai dengan anjuran WHO, agar virus corona yang menempel di tangan dan sela-selanya dapat mati. Setelah itu keringkan dengan tisu, kain, atau handuk. 

5. Buka pakaian dan langsung dicuci

Buka pakaian dan langsung dicuci Unsplash/Daniel Spase

Pakaian juga tidak bisa aman dari Covid-19. Saat masuk ke dalam rumah segera melepaskan pakaian dan jika sempat langsung cuci dengan detergen.
 
Kamu perlu melakukan tindakan ini sebagai bentuk mawas diri dan peduli dengan keselamatan keluarga di rumah.

6. Jangan menyentuh apa pun

Jangan menyentuh apa pun Unsplash/Kelly Sikkema

Meski sudah mencuci tangan serta kaki, sebisa mungkin hindari menyentuh barang apa pun di dalam rumah. Perlu diperhatikan juga untuk rajin menyemprotkan beberapa barang yang sering digunakan dengan disinfektan. 
 
Selain menggunakan telapak tangan, bagi beberapa benda yang bisa dilakukan menggunakan siku cobalah untuk mulai beralih. Misalnya, jika biasanya kamu menutup pintu atau keran air dengan telapak tangan, cobalah belajar untuk menggunakan siku, apalagi saat berada di tempat umum.

6. Segeralah untuk mandi

Segeralah untuk mandi Unsplash/Kevin Baquerizo

Setelah melakukan beberapa langkah di atas, segeralah untuk mandi dan gunakan sabun dengan kandungan antri bakterial untuk membunuh kuman yang menempel di dalam tubuh.
 
Selain untuk membuat tubuh bersih, mandi membuat badan terasa lebih segar dan pikiran jauh lebih tenang di tengah banyaknya informasi tentang Covid-19 yang meresahkan.

7. Setelah selesai barulah bisa beristirahat

Setelah selesai barulah bisa beristirahat Pexels/Jeshoots

Istirahat jadi bentuk reward untuk badan setelah melakukan banyak pekerjaan dan melakukan protokol pencegahan virus corona di rumah.
 
Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas yang disukai, misalnya kumpul sambil berbincang dengan keluarga, menonton film atau bermain game.
Meski proses yang dilakukan di atas tidaklah singkat, tapi hal tersebut sangatlah penting untuk menjaga dirimu dan juga orang lain yang berada di rumah. Yuk, berikan informasi ini ke orang terdekatmu agar mereka bisa tahu aturan atau protokol penting yang harus dilakukan setelah bepergian ke luar rumah. 
 
Bagi kamu yang ingin berkontribusi untuk mereka yang terpaksa harus keluar rumah karena bekerja seperti petugas medis, ojek online, dan petugas keamanan, kamu bisa berdonasi di kitabisa.com atau berbagai channel lainnya. Jangan lupa untuk selalu berada di rumah!
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar