Lifestyle

29 January 2019

Gaya Hidup Minimalis yang Buat Gaji Kamu Hemat

Less is more!
537 Views
Gaya Hidup Minimalis yang Buat Gaji Kamu Hemat Gaya Hidup Minimalis yang Buat Gaji Kamu Hemat Unsplash/Miguel Runa
Sudah familiar dengan gaya hidup minimalis? Gaya hidup yang sangat populer di Jepang ini mulai banyak dilirik oleh banyak orang karena manfaat yang diberikan. Bukan hanya menjadi hidup lebih bahagia, kamu juga bisa menghemat banyak gaji bulanan saat menerapkan gaya hidup ini.
 
Secara mudahnya gaya hidup minimalis merupakan gaya hidup yang mengusung konsep less is more. Dimana kamu merasa bahagia dengan hidup sederhana tanpa banyak barang. Konsep hidup ini mengajarkan kamu caranya melakukan kontrol terhadap diri sendiri saat membeli barang.
 
Merasa cukup dan nggak mudah tertarik dengan banyaknya tawaran barang baru memang nggak mudah. Untuk mulai menerapkan gaya hidup minimalis, kamu bisa melakukannya dari hal mudah berikut ini.

1. Mulailah dari kamarmu

Mulailah dari kamarmu Mulailah dari kamarmu Unsplash/Yasmine Boheas

Kamar menjadi tempat yang paling banyak menyimpan barang pribadi. Untuk memulai gaya hidup minimalis segera pisahkan barang yang nggak pernah kamu pakai dengan barang yang masih sering kamu pakai.
 
Mulailah dari pakaian yang sudah kekecilan, sortir buku sudah lama kamu nggak baca, hingga sepatu yang sudah jarang banget kamu gunakan. 
 
Nah, untuk kamu yang memiliki banyak koleksi barang tertentu, menerapkan gaya hidup minimalis akan sangat membantu kamu terlepas dari kebiasaan tersebut. Karena menimbun barang yang banyak hanya akan membuat ruangan kamu jadi lebih sempit.

2. Jangan terlalu terobsesi dengan barang baru

Jangan terlalu terobsesi dengan barang baru Jangan terlalu terobsesi dengan barang baru Unsplash/Becca Mchaffie

Lihat barang baru yang lagi trend ditambah dengan embel-embel diskon memang sangat sulit untuk ditolak. Tapi gaya hidup minimalis itu mengajarkan kamu untuk jangan terlalu terobsesi dengan barang baru.
 
Ambisi ingin memiliki barang baru memang naluriah, tapi jika keinginan itu terus kamu ikuti, itu termasuk prilaku yang salah dan kamu perlu merubahnya.

3. Tanyakan pada diri sendiri sebelum membeli

Tanyakan pada diri sendiri sebelum membeli Tanyakan pada diri sendiri sebelum membeli Unsplash/Benjamin Robyn

Apakah barang itu benar-benar kamu butuhkan? Apakah barang itu akan selalu kamu pakai? Apakah barang itu nggak akan berakhir di pojokan ruangan? Coba tanyakan pertanyaan ini dulu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah barang.
 
Dengan kamu berani menanyakan pertanyaan ini ke diri sendiri, kamu pasti akan menjawabnya dengan rasa jujur. Kejujuran ini yang akan membuat kamu bisa memutuskan apakah harus membeli barang tersebut atau tidak.

4. Pastikan kamu membeli barang bukan karena trend

Pastikan kamu membeli barang bukan karena trend Pastikan kamu membeli barang bukan karena trend Unsplash/Joshua Rawson

Trend akan selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman. Kebiasaan membeli barang karena trend hanya akan membuat kamu lelah dan membuat kantong kamu cepat bolong.
 
Mulailah rubah kebiasaan ini secara perlahan. Gaya hidup minimalis mengajarkan arti pentingnya proses selektifitas sebelum memutuskan untuk membeli. Cobalah mulai dengan membeli barang sesuai dengan kebutuhan kamu bukan karena trend atau bukan karena sedang ada diskon.

5. Belajar untuk hidup sederhana

Belajar untuk hidup sederhana Belajar untuk hidup sederhana Unsplash/Riya Goel

Less is more membuat hidup kamu jauh lebih bahagia, kenapa? Karena dengan barang yang tidak banyak tapi pas membuat kamu nggak perlu mengalami kesulitan untuk mengeluarkan waktu dan biaya untuk mewaratnya. 
 
Hidup sederhana bukan berarti kamu menjadi pribadi yang pelit terhadap diri sendiri, tapi kamu belajar untuk bijaksana dalam menentukan mana kebutuhan dan mana keinginan. 
 
Meski awalnya sulit, tapi kamu akan merasakan banyak dampak positif dari gaya hidup minimalis ini. Dampak yang paling terlihat adalah cara kamu dalam mengatur keuangan akan lebih terkontrol dan yang paling menyenangkan kamu merasa hidup kamu akan lebih bermakna, karena memiliki barang baru yang sedang trend bukan menjadi sumber kebahagian kamu lagi.
0 Suka