Lifestyle

16 June 2020

Efektif Dipakai Selama 4 Jam, Ini Cara Aman Cuci Masker Kain

Mulai sekarang cuci masker jangan asal ya
301 Views
Efektif Dipakai Selama 4 Jam, Ini Cara Aman Cuci Masker Kain pexels.com
Sejak new normal diberlakukan, masyarakat mulai kembali pada aktivitas semula, namun yang berbeda adanya pembatasan jarak dan penggunaan masker yang bersifat wajib. 
 
Sejak CDC (Centers for Diases Control and Prevention) dan WHO mengeluarkan anjuran bahwa masker kain aman digunakan oleh orang yang sehat, maka masyarakat mulai beralih dari surgical mask atau masker N95 ke masker kain. 
 
Menurut Dokter Raisa Bromoto Asmoro yang dikutip dari akun Instagram pribadinya, masker kain hanya efektif digunakan selama 4 jam. Hal ini karena material masker kain yang dapat menyerap air, berbeda dengan masker bedah dan masker N95 yang kedap terhadap air. Jadi saat keluar rumah sebisa mungkin kamu harus menyediakan 3 masker agar sirkulasi udara yang kamu hirup juga baik. 
 
Meski digunakan berulang kali karena bisa dicuci, kamu perlu paham bagaimana cara mencuci masker kain yang benar. Tujuannya untuk memastikan bahwa masker kain yang kamu gunakan benar-benar bersih dan terbebas dari virus Covid-19 yang menempel di masker kain. Berikut beberapa cara mencuci masker kain dengan benar dan tepat.
 
 

Cara Mencuci Masker dengan Mesin Cuci

Bagi sebagian orang mencuci baju menggunakan mesin cuci adalah cara termudah untuk dilakukan. Selain lebih ringan, prosesnya jauh lebih cepat karena tidak memakan waktu yang lama.
 
Biasanya saat ingin mencuci masker kain, kamu mencucinya bersama pakaian yang lain. Meski tetap diberbolehkan, tapi kamu perlu memahami beberapa aturan yang harus dilakukan.

1. Tidak mencampur dengan pakaian yang berat

Tidak mencampur dengan pakaian yang berat Unsplash/Annie Spratt

Banyak dari kita yang mencuci masker berbarengan dengan pakaian kotor lainnya. Meski tidak sepenuhnya salah, karena akan terasa boros listrik dan air saat kamu hanya mencuci beberapa masker. Tapi sebisa mungkin pisahkan dari pakaian yang terlalu berat seperti jaket atau jeans
 
Tujuannya tentu agar deterjen atau pemutih yang kamu gunakan saat mencuci dapat terserap lebih baik oleh masker kain ketimbang pakaian lainnya. 

2. Bilas dengan air hangat

Bilas dengan air hangat www.huffingtonpost.ca

Setelah mencucinya dengan bersih, disarankan untuk membilasnya dengan air hangat atau air panas. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat menurut WHO (World Health Organization), suhu 56 derajat celcius efektif untuk membunuh virus Covid-19 yang menempel di pakaian. 
 

Mencuci Masker dengan Tangan

Mencuci masker dengan tangan juga ada aturan yang perlu kamu lakukan, bukan hanya menguceknya dengan asal. Agar kamu bisa mempraktekannya di rumah, beberapa cara ini bisa kamu terapkan.

1. Siapkan wadah yang berisi cairan deterjen atau pemutih

Siapkan wadah yang berisi cairan deterjen atau pemutih diyjoy.com

Sebelum memulai untuk mencuci, pastikan kondisi tangan kamu sudah dalam keadaan bersih. Setelah itu siapkan wadah kecil yang bisa digunakan untuk tempat mencuci masker kain.
 
Isi air ke dalam wadah dan campurkan deterjen atau cairan pemutih dengan takaran 1/3 cup. Campur air dengan cairan detergen atau pemutih hingga merata dan masukkan masker kain yang ingin kamu cuci.

2. Rendam masker kain selama 10 menit

Rendam masker kain selama 10 menit www.msn.com

Banyak dari kita yang merasa bahwa masker kain setelah direndam dengan cairan detergen atau pemutih langsung bersih dan terbebas dari bakteri. Padahal itu tidaklah benar. 
 
Kamu perlu merendam masker kain selama 10 menit. Tahap ini penting dilakukan agar bakteri yang menempel di kain bisa hilang dengan baik. Tapi jangan sampai terlalu lama karena bisa merusak serat kain dan akhirnya masker kain tidak efektif lagi untuk menangkal bakteri atau virus.

2. Bilas dengan air yang mengalir

Bilas dengan air yang mengalir www.popsugar.co.uk

Setelah direndam dan dikucek, langkah selanjutnya kamu perlu membilas masker kain dengan air yang mengalir. Air yang mengalir akan membawa kotoran yang sudah lepas dari masker kain terbawa pergi.
 
Jika ingin lebih steril, kamu bisa membilas masker kain yang sudah direndam dengan air hangat dengan suhu minimal 30 derajat celcius. Lebih baik lagi jika suhunya airnya mencapai 56 derajat celsius.

3. Siapkan handuk bersih

Siapkan handuk bersih Unsplash/Sven Mieke

Setelah semua proses selesai, kamu perlu menepuk-nepuk masker kain dengan handuk.  Pilihlah handuk dengan ukuran yang besar agar lebih mudah melakukan pembersihan sisa-sia deterjen atau cairan yang masih menempel di masker kain.

4. Jemur masker di tempat yang terpapar sinar matahari

Jemur masker di tempat yang terpapar sinar matahari parentology.com

Meski menjemur di tempat yang terpapar sinar matahari, tapi saat matahari terasa begitu terik sebisa mungkin untuk memindahkannya di tempat yang lebih teduh. Masker kain yang terlalu terpapar teriknya sinar matahari akan mengakibatkan bahannya mengeras sehingga tidak nyaman untuk digunakan kembali, bahkan membuat warnanya cepat pudar. 
Setelah semua proses mencuci masker selesai, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan benar di air yang mengalir. Hal ini untuk menjaga agar tangan kamu tetap bersih dan terhindar dari virus Covid-19. 
 
Nah, meski masker kain terlihat mudah digunakan tapi kamu perlu mencuci masker kain dengan benar seperti cara di atas. Yuk, mulai sekarang perhatikan kebersihan masker kain yang kamu gunakan, karena itu sebagai langkah awal dari pencegahan Covid-19. 
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar