Business Tips

26 June 2019

Cara Tepat Menarik Pelanggan Offline ke Media Sosial

Agar pelanggan setia kamu ada di mana-mana
183 Views
Cara Tepat Menarik Pelanggan Offline ke Media Sosial Unsplash/Nicolas J Leclercq
Biasanya saat janjian dengan teman atau kolega, kamu lebih sering memilih kedai kopi atau resto atas rekomendasi yang sering mereka berikan ya dan jika kamu merasa belum pernah mendengar tempat tersebut, langsung mencarinya di media sosial tanpa berniat untuk mengikutinya menjadi kebiasaan yang sering kamu lakukan sebagai calon pelanggan baru.
 
Kebiasaan calon pelanggan yang seperti ini menjadi masalah yang sering dialami pemilik kedai kopi atau resto, karena untuk menggiring semua pelanggan yang pernah berkunjung agar tetap keep in touch dan selalu update lewat media sosial akan terasa jauh lebih sulit.
 
Menarik pelanggan offline ke media sosial membutuhkan trik yang tepat untuk melakukannya. Bisa jadi selain karena faktor media sosial yang kamu miliki kurang menarik, ketidaktahuan pelanggan offline akan media sosial yang bisnismu miliki menjadi pendukung sepinya pelanggan offline kamu ada di media sosial. Sebagai pemilik bisnis, mencoba menarik pelanggan offline ke media sosial bisa kamu coba dengan menerapkan beberapa langkah berikut ini.

1. Meletakkan table tent di meja

Meletakkan table tent di meja Freepik/User7110432

Sambil menunggu pesanan datang biasanya untuk mengusir rasa bosan, pengunjung akan menghabiskan waktu dengan bermain smartphone atau melihat sekeliling kedai kopi. Waktu menunggu ini bisa dimanfaatkan oleh kamu sebagai pemilik bisnis untuk memperkenalkan media sosial yang kamu miliki lewat penempatan table tent di setiap meja. 
 
Table tent yang ada akan menarik perhatian pengunjung, karena benda tersebut berada paling dekat jaraknya untuk dilihat. Agar lebih efisien, kamu bisa membuat table tent dengan menambahkan keterangan alamat media sosial yang kamu miliki. Sehingga kemungkinan mereka untuk membuka dan follow media sosial yang kamu miliki sangat terbuka.

2. Memberikan sosialisasi kepada pelanggan

Memberikan sosialisasi kepada pelanggan Unsplash/Fraser Cottrell

Saat pelanggan memesan makanan, kamu juga bisa memanfaatkan waktu ini untuk memberikan sosialisasi kepada pelanggan agar bersedia mengikutimu di media sosial. Jadikan trik ini sebagai daily routine yang bisa pegawai kamu lakukan saat ada pengunjung datang. 
 
Semakin sering memberikan sosialisasi semakin cepat pelanggan offline-mu tertarik untuk mengikuti kegiatan kamu di media sosial dan hasilnya membuat mereka lebih sering berinteraksi dengan bisnis yang kamu jalankan.
 

3. Menampilan update promo di depan toko

Menampilan update promo di depan toko Flickr/Camila Román Demo

Strategi promosi selalu berhasil menarik banyak orang untuk tertarik berkunjung. Agar strategi promosi yang kamu tampilkan di kedai kopi atau resto memiliki dampak yang lebih besar terhadap media sosial, cobalah untuk memberikan syarat yang berhubungan dengan media sosial yang kamu miliki. Misalnya, untuk mendapat promo ini, kamu bisa follow media sosial kita dan tag foto terbaik kamu saat berkunjung ke sini.
 
Dengan menampilkan setiap update promo di kedai kopi atau resto, akan memudahkan kamu dalam menarik perhatian pelanggan offline untuk terus berhubungan di media sosial. Sehingga kamu akan merasa lebih mudah untuk membuat mereka datang kembali ke kedai kopi atau resto milikmu.

4. Berikan informasi tentang ingredients lewat wall display

Berikan informasi tentang ingredients lewat wall display Unsplash/Proxyclick Visitor Management System

Tren hidup sehat sudah mulai menarik perhatian banyak orang karena manfaat yang diberikan, sehingga kamu bisa memanfaatkan tren ini dengan memberikan informasi ingredients di setiap posting-an menu di media sosial. Cara ini akan memberikan edukasi baru kepada setiap orang yang membacanya di media sosial dan mereka akan beranggapan bahwa kamu tidak hanya ingin menjual makanan, tapi juga peduli dengan kesehatan pelanggan kamu. 
 
Agar posting-an tentang manfaat ingredients kamu dilihat oleh pelanggan yang datang ke kedai kopi atau resto, kamu bisa menempatkan wall display yang mudah dilihat oleh semua pengunjung dari berbagai sudut. 

5. Jadikan media sosial sebagai tempat memberikan diskon

Jadikan media sosial sebagai tempat memberikan diskon Unsplash/Austin Distel

Banyak cara dalam memberikan diskon untuk pelanggan setia, tapi dengan memilih media sosial sebagai wadah memberikan diskon akan lebih menarik pelanggan offline agar lebih aware dengan media sosial yang kamu miliki. Dengan begitu goal kamu untuk menarik perhatian mereka akan tercapai dan bonusnya kamu tidak perlu menggunakan ads untuk menarik lebih banyak pengunjung, sehingga ini bisa meminimalisir pengeluaran kamu dalam beriklan.
 
Seperti yang diketahui bahwa era digital sudah sangat melekat dengan kehidupan setiap orang, sehingga dengan menarik pelanggan offline untuk selalu terlibat di media sosial akan sangat menguntungkan bagi perkembangan bisnis yang kamu jalankan.
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar