Lifestyle

28 January 2020

Cara Memakai Masker yang Benar Untuk Cegah Virus Corona

Yuk, mulai gunakan dan pilih masker yang tepat!
465 Views
Cara Memakai Masker yang Benar Untuk Cegah Virus Corona Cara Memakai Masker yang Benar Untuk Cegah Virus Corona Unsplash/Tore F
Sejak kemunculannya, wabah virus corona yang menyerang Cina menyita banyak perhatian dunia. Wuhan, sebagai daerah di Cina yang menjadi pusat penyebaran virus corona mulai diisolasi untuk mendapat penangan khusus dari pemerintah Cina. 
 
Meski di Indonesia belum ada kepastian yang jelas tentang penyebaran virus corona, namun pencegahan dini dengan memproteksi diri sendiri sangat disarankan. Selain rajin mencuci tangan, penggunaan masker yang tepat penting untuk diterapkan. Untuk itu, cara penggunaan masker yang benar wajib kamu ketahui. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan.

1. Pastikan tanganmu dalam kondisi bersih

Pastikan tanganmu dalam kondisi bersih Pastikan tanganmu dalam kondisi bersih Unsplash/Curology

Bayangkan ada berapa banyak barang yang kamu sentuh dalam satu hari? Dari setiap barang yang kamu sentuh, pasti ada bakteri yang mengintai, sehingga dengan memastikan tangan kamu bersih sebelum menggunakan masker jadi langkah pertama yang harus dilakukan. 
 
Kamu bisa gunakan antiseptik untuk memastikan bahwa kondisi tangan sudah bersih. Jika merasa repot untuk sering mencuci tangan, kamu bisa memilih antiseptik gel tanpa perlu menggunakan air.

2. Pahami bagian masker yang kamu gunakan

Pahami bagian masker yang kamu gunakan Pahami bagian masker yang kamu gunakan Unsplash/Michael Amadeus

Ada beberapa jenis masker yang bisa kamu beli, tapi masker bedah jadi masker yang paling sering digunakan karena sangat mudah untuk dicari.Masker bedah aman untuk kamu gunakan karena memiliki 3 layer. Layer yang memiliki warna disebut Outer Hydropholic yang berfungsi untuk anti air dan juga darah. Middle Filter menjadi lapisan kedua yang memiliki fungsi untuk menyaring bakteri yang masuk. Sedangkan lapisan terakhir Inner Hydrophilic berfungsi sebagai penyerap air liur dan juga keringan.
 
Jika kamu melihat ada seseorang yang menggunakan masker dengan sisi luar berwarna putih, itu tandanya masker tersebut hanya memiliki 2 lapisan dan tidak memiliki lapisan anti bakteri. Jadi tidak disarankan untuk digunakan saat sedang sakit atau lingkungan yang rawan terkena virus.
 
 

3. Tekan bagian batang masker hingga menempel ke hidung

Tekan bagian batang masker hingga menempel di hidung Tekan bagian batang masker hingga menempel di hidung Freepik/Pikaroundme

Langkah ini menjadi bagian yang sering dilewatkan. Banyak dari mereka yang berpikir hanya dengan menggunakan masker sudah cukup, tanpa perlu menekan bagian batang yang berada diposisi atas.
 
Menekan bagian batang masker hingga menempel ke hidung dan menarik bagian bawah masker hingga ke dagu akan membuat kamu lebih nyaman dan menutupi bakteri atau virus tidak bisa masuk dari celah-celah yang terbuka.
 

4. Tidak menggunakan masker di bawah hidung atau dagu

Tidak menggunakan masker di bawah hidung atau dagu Tidak menggunakan masker di bawah hidung atau dagu Unsplash/Kukuh Napaki

Seto Wing dari Hong Kong University mendemonstrasikan cara menggunakan masker bedah yang tepat, salah satunya dengan tidak menggunakan masker di bawah hidung dan juga dagu. 
 
Seto Wing menambahkan, masker yang sudah digunakan harus dianggap kotor dan saat sudah melepasnya sebisa mungkin jangan disentuh kembali kemudian cuci tangan setelahnya.
 
Menerapkan cara pemakaian masker yang benar sangat penting untuk kamu terapkan di tengah merebaknya wabah virus corona yang semakin menyebar. Nah, sebagai bentuk antisipasi gunakanlah masker saat kamu keluar rumah mulai dari sekarang dan hindari berpergian ke luar negeri dahulu hingga masalah virus corona ini selesai.
 
0 Suka