Tech & Social Media

15 October 2020

Cara Edit di Aplikasi VN yang Buat Konten Masuk FYP TikTok

Ternyata aplikasi ini yang sering dipake TikTokers!
152 Views
Cara Edit di Aplikasi VN yang Buat Konten Masuk FYP TikTok apps.apple.com
Kamu bangun tidur sudah mulai cek aplikasi TikTok belum nih? Algoritma TikTok memang unik dan mampu buat kamu betah berlama-lama di sana dan akhirnya penasaran ingin buat konten yang sedang kamu lihat. 
 
Sebagai pemula, pasti kamu bertanya-tanya kenapa banyak orang bisa menghasilkan konten video dengan efek yang keren dan gerakannya pas dengan lagu yang dipilih? Ternyata rahasianya ada di aplikasi VN. 
 
VN jadi aplikasi yang populer digunakan pengguna TikTok untuk edit video. Tercatat sebanyak 429,5M views yang terkumpul dari hashtag #vn dan 2,3B views yang terkumpul dengan hashtag tiktokvn.
 
Aplikasi ini begitu populer karena mudah digunakan, bahkan bagi pemula sekelas kamu. Kamu bisa dengan mudah memahami semua fitur yang ada karena di design sangat user friendly. Saking populernya, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 160.991 juta orang di Android. 

Fitur di aplikasi VN

Selain mudah digunakan, faktor lainnya kenapa aplikasi ini berhasil mendapat rating 4.7 di App Store karena spesial efek yang bisa digunakan secara gratis. Ada 6 kategori efek yang bisa digunakan sesuai dengan keinginan kamu. 

1. Curve shifting

Curve shifting apps.apple.com

Fitur ini membantu kamu mengatur kecepatan video sesuai dengan ritme lagu dan bisa disesuaikan secara otomatis. Kamu hanya perlu memainkan kurva untuk mendapakan hasil kecepatan video yang diinginkan.
 

2. Filter adjustment

Filter adjustment apps.apple.com

VN menyajikan 9 tipe filter dengan total filter keseluruhan mencapai 50 filter. 9 filter tersebut di antaranya, Aesthetic, Create, Essence, Fog, Lune, Mood, Season, dan juga Film

3. Transition effects

Transition effects apps.apple.com

Transition effects atau efek transisi jadi fitur andalan yang paling sering digunakan dan muncul di video yang masuk fyp. 
 
Transition effects dibagi menjadi 2 kategori, Base dan Matte. Ada banyak pilihan efek transisi yang bisa kamu gunakan. Ada efek Black, White, Dissolve, Blur, Rotate, Circle, dan masih banyak lagi.

4. Reverse & Zoom

Reverse & Zoom apps.apple.com

Untuk membuat efek yang lebih smooth dan tidak monoton, fitur Reverse membuat editan video kamu terlihat layaknya profesional. Di fitur ini menyajikan efek tambahan sebanyak 27 efek. Bahkan efek zoom memiliki 6 jenis yang semuanya bisa kamu gunakan secara gratis.

Tren video hits dengan aplikasi VN

Tren video hits dengan aplikasi VN higo.id

Aplikasi VN memang memunculkan banyak tren video, namun konsepnya masih tetap sama, yaitu setiap bagian beat selalu diberikan efek kejutan seperti zoom-in zoom-out yang diulang-ulang atau efek transisi yang dibuat lebih dramatis. 
 
Biasanya dengan durasi video 15 detik ada banyak efek dan transisi yang digunakan. Meski tidak ada jumlah yang pasti, tapi setiap scene-nya dibuat lebih cepat agar efek dan transisinya yang digunakan bisa lebih banyak.
 
Chinese Street Fashion jadi lagu yang paling banyak digunakan untuk membuat konten dengan editan video yang apik di VN. Selain lagu Chinese Street Fashion, kamu juga bisa pilih judul lagu lain yang memiliki beat yang asik untuk dijadikan sebagai backsound video.
  

Tutorial edit video bagi pemula dengan VN

Tutorial edit video bagi pemula dengan VN apps.apple.com

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memikirkan konsep video yang ingin kamu buat. Setelah menentukan konsep, kamu bisa berlanjut ke cerita. Video yang memiliki cerita akan lebih menarik perhatian algoritma TikTok dan membuat konten kamu masuk fyp.
 
Selanjutnya mulailah dengan new project dan memilih video hingga foto yang ingin kamu masukan. Kemudian kamu bisa memotong bagian scene yang tidak diperlukan menggunakan fitur Trim. Jika kamu ingi mempercepat bagian video, kamu bisa maksimalkan fitur Speed dengan cara select video yang ingin ditingkatkan kecepatannya dan pilih berapa kali kecepatan video ini ingin dicepatkan. 
 
Agar video yang kamu edit terlihat aesthetic, selain kualitas video dan gambar, kamu wajib memaksimalkan fitur adjustment, transition effects, reverse & zoom. Kamu juga bisa menambahkan lagu dari TikTok.
 
Caranya, kamu perlu pilih video dengan backsound yang ingin kamu gunakan di TikTok. Lalu, buka edit VN kemudian insert music dengan cara extract from video dan sesuaikan antara lagu yang digunakan dengan video yang dipilih, kemudian save
 
Saat ingin memposting di TikTok, kamu bisa mute sound original-nya dan pilih lagu dengan judul yang sama, tujuannya agar video kamu masuk kriteria algoritma TikTok dan bisa tembus fyp
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar