Tech & Social Media

24 September 2020

Algoritma TikTok yang Bisa Buat Konten Masuk FYP

Bisa yuk buat konten menarik!
271 Views
Algoritma TikTok yang Bisa Buat Konten Masuk FYP Unsplash/Kon Karampelas
Sejak kemunculannya di Indonesia, TikTok sudah memiliki pengguna setia sebanyak 30,7 juta yang didominasi oleh generasi Z. Jumlah pengguna yang begitu banyak dan dipastikan akan terus bertambah, rasanya untuk bisa membuat konten masuk FYP butuh perjuangan. 
 
Perlu kamu tahu, setiap konten yang masuk FYP tandanya sudah melewati kurasi kelayakan dari algoritma TikTok. Sebagai aplikasi baru, algoritma TikTok memang tergolong misterius. Namun, bukan berarti tidak bisa dicoba. 

Formula Konten Masuk FYP TikTok

Setelah melihat beberapa konten TikTok yang masuk For Your Page di akun higospot, ada beberapa formula yang bisa diikuti untuk dicoba peruntungan bisa masuk FYP

1. Pilih lagu yang tranding

Pilih lagu yang tranding higo.id

Pasti kamu heran, belum sempat buat lagu yang lagi viral, tapi sudah ada lagu baru yang tiba-tiba banyak digunakan oleh konten yang masuk FYP? Nah, di TikTok memang pertambahan lagu yang sedang viral begitu cepat. 
 
Saat kamu ingin membuat konten, pilihlah lagu yang recommended atau di daftar playlist yang sedang viral. Untuk bisa menemukan playlist yang viral, kamu bisa ketuk ikon Sound saat ingin membuat konten TikTok dan scroll ke bawah di bagian tab Discover

2. Ikuti challenge

Ikuti challenge higo.id

Saat ke tab Discover, kamu tidak hanya menemukan lagi yang sedang viral, tapi juga kumpulan challenge yang sudah dibuat oleh para kreator.
 
Untuk mencoba peruntungan bisa masuk FYP TikTok, kamu bisa ikuti challenge yang populer. Tentu karena sedang viral dan banyak dipraktekan, kemungkinan kamu bisa masuk FYP juga kecil, sehingga cobalah kemas challenge yang sedang viral sekreatif mungkin. 
 

3. Good visual

Good visual higo.id

Kamu pasti senangkan melihat video yang good visual? Nah, algoritma TikTok juga sama. Video yang good visual membuat orang lain betah menontonnya hingga habis. 
 
Kekuatan dari good visual juga tidak berhenti sampai disitu. Misalnya, seseorang yang menyukai topik membuat minuman dan menemukan konten kamu dengan kualitas video yang bagus, mereka akan memiliki ketertarikan yang lebih besar untuk berkunjung ke profil kamu dan berlama-lama di sana untuk melihat video yang kamu buat.

4. Memiliki cerita

Memiliki cerita higo.id

Beberapa dari kamu pasti menemukan konten yang terlihat biasa saja tapi bisa masuk FYP? Itu karena algoritma TikTok tidak hanya mengkurasi dari sisi visual saja, tapi juga faktor cerita. 
 
Cerita membangun imajinasi orang untuk ikut terhanyut ke dalam video yang kamu buat. Meski memiliki durasi yang singkat, tapi video yang memiliki konten Part 1 dan Part 2 selalu berhasil mencuri perhatian di TikTok.

5. Penggunaan Hashtag

Penggunaan Hashtag higo.id

Selain menggunakan #fyp yang rasanya jadi hashtag wajib, kamu juga perlu pilih hashtag yang relevan dengan konten yang kamu buat. Sebelum menggunakan hashtag, kamu bisa melihat ada berapa banyak orang yang buat konten dan menggunakan hashtag yang ingin kamu gunakan. 
 
Pemilihan hashtag yang relevan begitu penting. Menurut Angga Anugrah Putra yang dikutip dari Katadata, konten video edukasi dengan #samasamabelajar sudah ditonton lebih dari 2 miliar orang dalam 29 hari. Artinya pemilihan hashtag yang tepat itu penting bagi algoritma TikTok. 
Algoritma TikTok memang buat kita betah berlama-lama di FYP, karena hanya menampilkan topik yang kita sukai tanpa ada topik lainnya. Hal lainnya yang perlu kamu tahu, algoritma TikTok mungkin akan berubah kedepannya, tapi dengan mencoba formula di atas, kamu bisa menjangkau lebih banyak aundien untuk melihat video yang kamu buat dan siapa tahu bisa masuk FYP.
 


terinspirasi
terhibur
suka
bangga


0 Komentar