Business Tips

20 February 2019

5 Strategi Pemasaran yang Mampu Menggaet Kaum Milenial

Menggaet kaum milenial itu susah-susah gampang!
292 Views
5 Strategi Pemasaran yang Mampu Menggaet Kaum Milenial Pexels/Mentatdgt
Kaum milenial memang terkenal dengan kemampuan daya belinya yang tinggi, terutama dalam kategori food & beverages hingga fashion, hal ini dibuktikan dari menjamurnya bisnis coffee shop serta toko fashion yang sangat mudah ditemui.
 
Ketertarikan kaum milenial dengan aktivitas belanja tentunya dimanfaatkan semua pelaku usaha untuk membuat strategi pemasaran yang mampu menggaet lebih banyak lagi daya beli setiap harinya. 
 
Menggaet milenial memang susah-susah gampang, khususnya dari segi strategi pemasaran. Untuk itu 5 strategi pemasaran ini bisa kamu terapkan untuk mampu menggaet kamu milenial.
 

1. Berikan pengalaman yang baru

Berikan pengalaman yang baru Unsplash/Simon Migaj

Segala hal baru memang lebih menarik bagi milenial, untuk itu sebisa mungkin buatlah pengalaman baru yang bisa milenial rasakan saat menggunakan produk atau datang ke tempat usaha milikmu dan tuangkan hal tersebut menjadi bentuk foto atau video sebagai cara pemasaran pertama.
 
Misalnya sebagai pemiliki agen tour, kamu bisa memberikan rekomendasi spot liburan lokal yang bisa dilakukan saat weekend, jadi nggak perlu nunggu punya banyak waktu kosong untuk bisa liburan. Jangan lupa sajikan dalam bentuk foto yang natural dan apa adanya untuk menarik milenial agar tertarik untuk mengikutinya.

2. Konten haruslah mobile-oriented

Konten haruslah mobile-oriented Unsplash/Rawpixel

Secara gamblang, riset yang dilakukan oleh Global Internet Use Accelerates mengungkapkan bahwa, Indonesia menempati urutan ke-5 sebagai negara yang paling lama online dengan waktu 8.3 jam dalam sehari, lho.
 
Sehingga untuk memenangkan kaum milenial buatlah konten yang mobile-oriented, karena hampir setiap hari waktu yang dihabiskan dengan smartphone sangatlah banyak. Penting untuk diperhatikan bahwa menggiring pembelian hanya lewat smartphone akan sangat lebih disukai oleh para milenial.

3. Berikan kemudahan dengan proses pembayaran

Berikan kemudahan dengan proses pembayaran Unsplash/Negative Space

Sekarang semakin banyak platform pembayaran yang semakin memudahkan dalam proses transaksi. Jika dahulu transaksi mudah hanya bisa dimiliki mereka yang memiliki tabungan di bank, nyatanya sekarang banyak platform lain yang bermunculan dan sangat memudahkan semua orang khususnya para milenial.
 
Untuk menarik perhatian para milenial, buatlah transaksi pembayaran semudah-mudahnya dan senyaman-nyamannya. Caranya bekerja samalah dengan banyak platform pembayaran yang banyak digunakan milenial.

4. Gunakan influencer

Gunakan influencer Instagram/Gitasav

Pengaruh influencer masih memiliki magnet yang kuat nih untuk menarik kaum milenial. Sebenarnya ini tidak lepas dari sifat milenial yang suka meniru banyak hal, baik masalah gaya hidup hingga fashion
 
Sebelum memilih influencer, lihatlah biografi pendidikan dan prestasi yang telah diraih bukan hanya tentang memiliki followers dan subcribers yang banyak. Tren influencer yang unggul dalam akademik tapi tetap bisa memberikan kontribusi dalam bidang lain nyatanya lebih memiliki peluang besar untuk disukai.

5. Tampilkan foto yang otentik dan bercerita

Tampilkan foto yang otentik dan bercerita Unsplash/Willian Justen de Vasconcellos

Visual menjadi hal yang paling pertama untuk menarik perhatian orang lain terutama milenial yang suka banget melakukan swafoto.  Buatlah konsep yang matang untuk menghasilkan satu jepretan foto yang bagus, lakukanlah brainstorming untuk mencari ide baru agar tampilan foto menjadi otentik dan menarik untuk dilihat. 
 
Menarik perhatian kaum milenial dari segi pemasaran kuncinya dengan selalu mau belajar hal baru. Kelima strategi di atas bisa kamu terapkan di tahun ini, tapi tidak menutup kemungkinan semakin berkembangannya tren, maka strategi yang dibuat juga akan berbeda.


terinspirasi
terhibur
suka
bangga
0 Komentar